"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 23 Januari 2020

Contoh Soal Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa dalam cerpen dan fabel Ujian Nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa dalam cerpen dan fabel. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa dalam cerpen dan fabel. 

Contoh Soal Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel
www.searchpengertian.com

Materi Ujian Nasional 2019/2020

Alur merupakan bagian dari unsur intrinsik suatu karya sastra. Alur merupakan pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab-akibat. Akan tetapi, pola pengembangan cerita suatu cerita cerpen atau fabel tidaklah seragam. Alur dapat dikategorikan dalam dua kategori, yaitu kronologis dan tak kronologis. Alur berkategori kronologis adalah alur lurus dan maju. Alur berkategori tak kronologis adalah sorot balik (mundur).

Alur atau plot dibedakan ke dalam beberapa tahap. Secara umum tahapan alur dibagi dalam bagian-bagian berikut.
1. Tahap penyituasian 
Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan para tokoh serta menata adegan dan hubungan antartokoh. Tahap ini merupakan tahap pembukaan cerita, pemberian informasi awal.
2. Tahap pemunculan konflik 
Masalah dalam tahap ini mulai dimunculkan konflik. Jadi, tahap ini merupakan tahap awal munculnya konflik. Konflik tersebut akan berkembang atau dikembangkan menjadi konflik pada tahap berikutnya.
3. Tahap peningkatan konflik 
Konflik yang telah dimunculkan pada tahap sebelumnya semakin berkembang dan dikembangkan kadar intensitasnya. Peristiwa dramatik yang menjadi inti cerita makin mencekam dan menegangkan.
4. Tahap klimaks
Konflik yang dialami para tokoh cerita mencapai titik intensitas puncak. Klimaks sebuah cerita akan dialami tokoh utama yang berperan sebagai pelaku dan penderita terjadinya konflik utama.
5. Tahap penyelesaian
Konflik yang telah mencapai klimaks diberi penyelesaian, ketegangan dikendorkan. Kemudian, cerita diakhiri.

Bahasa dalam cerpen dan fabel berbeda. Cerpen biasanya menggunakan bahasa pop sesuai tuntutan zaman. Sementara itu, bahasa yang digunakan dalam fabel menggunakan bahasa Melayu dan bahasa Indonesia.

Contoh Soal Ujian Nasional 2019/2020

Berikut ini adalah beberapa contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa dalam cerpen dan fabel dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Bacalah kedua teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2.
Teks 1
Pagi-pagi sekali, samar-samar sahutan ayam yang membangunkanku. Kala mentari masih malu-malu menampakkan dirinya. Kurasakan angin dingin membelaiku. Aku melirik ke jendela kamar yang sepertinya terbuka. Aku mengangkat tubuhku, dan bangun dari kasur. Dengan langkah gontai kuseret perlahan membuka daun pintu itu. Aku berjalan menuju ke kamar mandi. Membersihkan diri dan mengambil air wudu.
Teks 2
Sudah berapa lamakah aku meninggalkan kampung halaman? Aku sudah pangling. Namun, pertama kali aku menginjakkan kaki kembali, tampak di hadapanku sebuah kampung yang asing. Beberapa yang kukenali dulu adalah semak dan belukar yang hening kini telah disulap menjadi metropolis yang serba gemerlap, benderang, dan bising. Tak ada lagi lahan kosong seperti dulu. Di tengah deru kendaraan lengkingan para pencari rotan, serta siulan-siulan para bocah terngiang kembali di benakku. Kini, tak ada lagi hutan. Tak ada lagi rawa. Tak ada lagi pohon-pohon yang dulu kerap kami panjat. Tak ada lagi setiap rumah yang mengolah gula merah. Kini, seakan aku mengais-ngais sisa kenangan yang dulu pernah bersemayam pada masa kanakku. Semua seperti pupus dan berlalu.

1. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
A. teks 1: mendeskripsikan lokasi, teks 2: mendeskripsikan garis besar cerita
B. teks 1: mendeskripsikan garis besar cerita, teks 2: mendeskripsikan lokasi
C. teks 1: mendeskripsikan lokasi, teks 2: pemunculan masalah
D. teks 1: pemunculan masalah, teks 2: mendeskripsikan lokasi

Pembahasan:
Pola pengembangan bahasa dalam teks 1 mendeskripsikan lokasi, sedangkan pada teks 2 menggunakan pemuncunlan masalah. Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah C.

2. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1: kalimat perbandingan, teks 2: kalimat bermajas
B. teks 1: kalimat bermajas, teks 2: kalimat kajian
C. teks 1: kalimat tidak efektif, teks 2: kalimat bermajas
D. teks 1: kalimat bermajas, teks 2: kalimat perbandingan

Pembahasan:
Pola penggunaan bahasa dalam teks 1 menggunakan kalimat bermajas, sedangkan teks 2 menggunakan kalimat perbandingan. Oleh sebab itu, jawaban yang benar adalah D.

3. Cermati kedua teks berikut!
Teks 1
Teknologi bisa membuat proses belajar mengajar jadi lebih interaktif. Tidak lagi terlalu fokus pada guru, tetapi lebih terpusat pada anak. Meski begitu, peran guru dalam penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar tetap penting. Mereka harus memastikan agar anak didik mampu memanfaatkan teknologi secara sehat dan tepat. Dengan begitu, anak didik pun bisa leluasa mendapat akses ilmu pengetahuan.
Teks 2
Kini, usaha kecil menengah sudah menjadi salah satu persaingan bisnis kecil-kecilan di masyarakat. Banyak bisnis usaha kecil yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar. Oleh karena itu, para wirausahawan harus melakukan berbagai macam strategi agar usahanya tersebut tidak tersisih dan gulung tikar.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1: kata tidak baku, teks 2: kata baku
B. teks 1: kalimat tunggal, teks 2: kalimat majemuk
C. teks 1: bahasa resmi, teks 2: bahasa sehari-hari
D. teks 1: istilah asing, teks 2: menggunakan ungkapan

Pembahasan:
Penggunaan bahasa dalam teks adalah bagaimana pengarang menyajikan karyanya dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Perbedaan penggunaan bahasa pada teks tersebut adalah teks 1 menggunakan bahasa resmi. Pada teks 2 menggunakan bahasa sehari-hari. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

4. Cermati kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan 1
"Kalian pikir ayahmu ini apaan? Setiap saat kalian ngomel perkara kantor Jalan Juanda. Sudah berkali-kali aku tegaskan, aku tak tahu-menahu dengan kantor Jalan Juanda yang merongrong batok kelapa kalian. Apa urusanku dengan kantor yang tak pernah kukenal itu!
Kutipan 2
Kami memantau kamar Nari terus-menerus sepanjang waktu. Segala upaya merayu Nari supaya mau keluar kamarnya, kami lakukan sepanjang hari. Namun, Nari bergeming. Nari agaknya telah berubah jadi karang yang buta dan tuli-bisu. Kami hanya mendengar suara sandal yang berjalan dari kamar mandi. Suara air yang mengguyur. Suara lembaran buku yang dibolak-balik. Serta suara sisir yang digunakan. Atau suara batuknya.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
A. teks 1: aksi tokoh, teks 2: lokasi cerita
B. teks 1: masalah yang harus diselesaikan, teks 2: garis besar cerita
C. teks 1: lokasi cerita, teks 2: aksi tokoh
D. teks 1: garis besar cerita, teks 2: masalah yang harus disampaikan

Pembahasan:
Membandingkan pola penyajian dimaksudkan untuk menentukan persamaan atau perbedaan. Pola penyajian mengikuti pola alur keduanya, yaitu bagian permulaan, konflik, dan bagian akhir. Pada teks 1 pola penyajian menggunakan garis besar cerita, sedangkan pada teks 2 dikembangkan berdasarkan masalah yang harus disampaikan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

5. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu (11/11). Dengan lontaran abu letusan hingga ketinggian 600 meter dari Kawah Tompaluan, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, meminta masyarakat sekitar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah tersebut untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.
Teks 2
Perjalan kami dari Kota Malang ke Gunungkidul diawali iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Aku sendiri heran, kenapa mesti ke Gunungkidul. itu kan jauh dari Malang. Padahal bisa aja hang out ke cafe sekitar Kota Malang, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Gunungkidullah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Gunungkidul merupakan kawasan karst dengan pantai-pantai indah yang masih alami.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: Efektif, Teks 2: Tidak Efektif
B. Teks 1: Baku, Teks 2: Tidak baku
C. Teks 1: Mudah dipahami. Teks 2: Berbelit-beli
D. Teks 1: Santai, Teks 2: Resmi

Pembahasan:
Penggunaan bahasa dalam teks adalah bagaimana pengarang menyajikan karyanya dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Penggunaan bahasa pada teks 1 menggunakan kata baku. Sedangkan teks 2 menggunakan kata tidak baku. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

6. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Pernah dengar kan wisata Gunung Bromo? Gak kebayang deh aku bakal wisata ke sana. Selama ini cuma ada di angan-anganku aja, pergi ke tempat yang tinggi dengan suhu udara dingin banget. Tempat yang katanya menjanjikan keindahan. Ya ...akhirnya aku pergi juga wisata ke sana, Gunung Bromo. Aku pergi ke sana bersama rombongan teman-teman dari Jogja.
Teks 2
Imran, Yogi, Syamsul, dan kawan-kawan pecinta alam akan pergi mengunjungi sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Merapi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka liburan sekolah. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengunjungi desa. Mereka akan melakukan kegiatan penyelamatan bumi. Rencananya, mereka juga akan melakukan kegiatan bersih lingkungan dan menanam pohon.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: tidak baku; Teks 2: baku
B. Teks 1: resmi; Teks 2: santai
C. Teks 1: mudah dipahami; Teks 2: berbelit-belit
D. Teks 1: efektif; Teks 2: tidak efektif

Pembahasan:
Penggunaan bahasa dalam teks adalah bagaimana pengarang menyajikan karyanya dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Perbedaan kedua teks tersebut adalah teks 1 menggunakan bahasa tidak baku. Sedangkan teks 2 menggunakan bahasa baku. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

7. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kasat lalu lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks 2
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali mengapa
B. Teks 1: diawali siapa; Teks 2: diawali mengapa
C. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali bagaimana
D. Teks 1: diawali mengapa; Teks 2: diawali bagaimana

Pembahasan:
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah teks 1 diawali siapa dan teks 2 diawali mengapa. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

8. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Maman, pedagang bawang merah di Pasar Plered, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/5), mengatakan dirinya menjual bawang merah kepada konsumen hanya mengambil untuk Rp500,00 per kg. Merosotnya harga bawang di tingkat konsumen berkurang. "Jumlah pelanggan saya sekarang berkurang setengahnya sehingga bawang merah lama lakunya. Biasanya setiap hari bisa menghabiskan satu sampai tiga kuintal, tapi sekarang berkurang banyak," katanya.
Teks 2
"Harga bawang merah di Makassar turun menjadi Rp10.000,00 per kg dari sebelumnya Rp35.000,00 sampai Rp40.000,00 per kg. Hal ini dikarenakan petani sedang panen raya," kata Habib (45), petani di daerah Makassar, Senin (22/6).
Ia mengatakan bahwa dengan penurunan harga bawang merah tersebut, uang dari musim panen sekarang pupus. Harga bawang merah terus menurun.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: siapa, di mana, kapan, mengapa; Teks 2: mengapa, siapa, di mana, kapan
B. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: Mengapa, siapa, di mana, kapan
C. Teks 1: siapa, mengapa, di mana, kapan; Teks 2: di mana, siapa, kapan, mengapa
D. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: di mana, mengapa, siapa, kapan

Pembahasan:
Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks tersebut adalah teks 1 menggunakan kata tanya di mana, kapan, siapa, dan mengapa. Sedangkan teks 2 menggunakan kata tanya di mana, mengapa, siapa, dan kapan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

9. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
Aku akan meninggalkan tempat itu dengan kedamaian hidup tanpa mengerjakan sesuatu pun. Aku telah mengenal kemalasan yang sesungguhnya. Dan, aku akan kembali ke rumahku yang dulu. Kebun di halaman depan tidak bisa kubayangkan lagi. Sekarang mungkin ibuku telah merombaknya.
Novel 2
Tiba-tiba seperti halilintar menggores langit, mengkilatlah suatu pikiran yang terang dan tegas dalam hati Hasan, seakan-akan sinar ilham yang terang benderang menyibakkan tabis gelap, terang sekali seakan-akan pikirannya.
Berpikirlah ia: Auah sudah tidak ada lagi. Tapi aku, Ibu Fatimah masih ada ....

Perbedaan sudut pandang kedua novel tersebut adalah ....
A. Novel 1: orang pertama pelaku utama; Novel 2: orang ketiga di luar cerita
B. Novel 1: orang pertama pelaku sampingan; Novel 2: orang ketiga dalam cerita
C. Novel 1: orang ketiga serba tahu; Novel 2: orang pertama pelaku utama
D. Novel 1: orang ketiga di luar cerita; Novel 2: orang pertama pelaku sampingan

Pembahasan:
Perbedaan sudut pandang kedua novel tersebut adalah  novel 1 menggunakan orang pertama pelaku utama. Dan novel 2 menggunakan orang ketiga di luar cerita. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah A.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!

  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

 Buka Soal Online di Link Berikut! 



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer