"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 24 Januari 2020

Contoh Soal Menunjukkan Bukti Latar dan Watak | Ujian Nasional SMP/MTs 2019/2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal menunjukkan bukti latar dan watak dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam mencari referensi tentang contoh soal menunjukkan bukti latar dan watak dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal menunjukkan bukti latar dan watak dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Contoh Soal Menunjukkan Bukti Latar dan Watak | Ujian Nasional SMP/MTs 2019/2020
 www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Latar adalah penjelasan tentang waktu, tempat, dan suasana pada sebuah cerita. Latar waktu meliputi semua keterangan tentang waktu kejadian di dalam cerita. Misalnya, pagi hari, malam hari, musim hujan, musim kemarau atau seperti, pada jam (tertentu), pada tahun (tertentu), pada zaman (tertentu). pada usia (tertentu), dan sebagainya. Latar tempat meliputi semua keterangan tentang tempat kejadian adegan. Misalnya, di kota (tertentu), di desa (tertentu), di gunung, di pantai, dan sebagainya. Sementara itu, latar suasana meliputi suasana tempat yang tercipta pada sebuah cerita. Misalnya, suasana sedih, menegangkan, kacau, dan hening.

Sementara itu, watak atau penokohan adalah cara pengarang menggambarkan atau melukiskan tokoh dalam cerita yang dituliskannya. Dalam penokohan, karakter seorang tokoh dapat dilihat melalui dialog tokoh, dialog tokoh lain, penjelasan tokoh, dan penggambaran fisik. Penggambaran latar dan watak tokoh dapat dilakukan melalui dialog atau dijelaskan dalam narasi. Dalam penggambarannya, pengarang terkadang tidak menyatakan secara langsung. Makna tersirat latar dan watak dapat diketahui dengan mencermati isi cerita dan memerhatikan setiap detail makna kata dan kalimat.

Contoh Soal UN 2019/2020

Berikut ini adalah beberapa contoh soal dengan indikator soal menunjukkan bukti latar dan watak dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
1) Bima mengambil air minum dan obat terakhir. Ia lalu memberikannya pelan-pelan kepada ibunya. 2) Air hangat itu membasahi bibir kering ibunya, masuk ke tenggorokan perut yang masih kosong belum tersentuh makanan sedari pagi. 
3) "Ibu tak perlu obat. Ibu hanya perlu istirahat, nanti juga sembuh. Kamu belajarlah sungguh-sungguh, seminggu lagi kamu akan ujian, kan?" ucap sang ibu sambil membelai rambut Bima yang berantakan dan bersimbah keringat.
4) "Tidak, Bu. Ibu harus minum obat. Kalau tak ada uang, besok Bima akan mencarinya."
5) "Jangan ... jangan ... tidak perlu. Nanti pasti ibu sembuh. Kamu belajarlah dan berjanjilah pada ibu untuk tidak mengamen lagi."
6) "Bu, Bima hanya ingin membantu ibu..."

1. Bukti Bima seorang anak yang keras kepala ditunjukkan oleh kalimat nomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 4 dan 6
D. 4 dan 5

Pembahasan:
Pada kalimat 4 dan 6, Bima membantah perkataan ibunya yang tidak mau meminum obat dan ditegaskan lagi dengan membantah nasihat ibunya untuk tidak mengamen.

2. Latar suasana cerita pada teks tersebut adalah ....
A. khidmat
B. menyedihkan
C. bersemangat
D. menyenangkan

Pembahasan:
Suasana yang digambarkan dalam teks yaitu suasana menyedihkan yang ditimbulkan oleh percakapan dan situasi yang sedang dialami Bima dan ibunya.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
Siang ini aku tak makan. Sore nanti aku akan mengantar Katya pulang. Rasa senang membuat perutku kenyang, kembung lebih tepatnya. Satu jam dua puluh menit enam detik, aku berdiri seperti orang senewen menunggunya di mulut Stasiun Notre-Dame des-Champs. Dia datang dari arah Edgar Quinet. Semakin dekat dan aku dilanda tiga macam bentuk demam. Pertama, karena ia terlalu cantik untukku. Perempuan seperti ini biasanya hanya kukenal lewat gambar-gambar almanak. Kedua, aku tak tahu bagaimana cara memperlakukan sahabat sebagai kekasih. Ketiga, karena aku harus memastikan bahwa ia tidak menderita rabun dekat, dan ia tidak salah orang.

3. Bukti watak Aku sedang merasa canggung atau grogi adalah ....
A. tokoh Aku harus memastikan bahwa ia tidak menderita rabun dekat
B. tokoh Aku siang ini tidak bisa makan karena sedang demam
C. tokoh Aku berdiri seperti orang senewen menunggu seseorang
D. tokoh Aku hanya mengenal wanita cantik melalui gambar-gambar almanak.

Pembahasan:
Bukti watak tokoh Aku sedang merasa canggung atau grogi yaitu pada saat tokoh Aku berdiri seperti orang senewen menunggu seseorang. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

4. Latar tempat cerita pada teks tersebut adalah ....
A. sekolah
B. stasiun
C. rumah sakit
D. terminal

Pembahasan:
Latar tempat dalam penggalan cerita di atas adalah stasiun. Adapun bukti latarnya yaitu Satu jam dua puluh menit enam detik, aku berdiri seperti orang senewen menunggunya di mulut Stasiun Notre-Dame des-Champs. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 7.
Memang tidak pernah ada waktu yang paling indah selain pagi hari. Kala embun betina dan embun jantan masih bergumul di lembaran daun, dan matahari masih malu-malu tampil di lengkungan langit. Pagi memang indah, seindah rok panjang yang dikenakan Rina. Rok itu berwarna cokelat dengan renda warna bergradasi. Rok itu berkibaran seperti aurora borealis dibelahan Bumi utara. Kemeja Rina berwarna putih cerah, sepadan dengan sepatunya. Rambut panjangnya pun disisir rapi, tak ada sehelai anak rambut pun keluar dari jalurnya. Begitulah Rina, semua tertata, begitu pula dengan caranya bekerja. Semua harus tertib dan teratur. Nona siap 86, begitu teman-teman biasa menjulukinya sebab semua pekerjaan yang diserahkan padanya pasti selesai dengan baik dan tepat waktu.

5. Watak tokoh Rina dalam cerita tersebut adalah ....
A. pekerja keras
B. sangat bersemangat
C. genit dan manja
D. apik dan rapi

Pembahasan:
Watak tokoh Rina dalam penggalan cerita di atas adalah apik dan rapi. Itu jelas dalam bukti tekstualnya "Begitulah Rina, semua tertata, begitu pula dengan caranya bekerja. Semua harus tertib dan teratur." Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

6. Latar waktu cerita pada teks tersebut adalah ....
A. pagi hari
B. siang hari
C. malam hari
D. sore hari

Pembahasan:
Latar waktu dalam penggalan cerita di atas adalah pagi hari. Bagian dalam teks yang menyakinkan jawaban tersebut adalah 'Memang tidak pernah ada waktu yang paling indah selain pagi hari. Kala embun betina dan embun jantan masih bergumul di lembaran daun, dan matahari masih malu-malu tampil di lengkungan langit.' Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

7. Amanat yang tepat sesuai cerita tersebut adalah ....
A. kesedihan harus ditutupi dengan kebahagiaan
B. teman yang baik adalah teman yang mau membantu pekerjaan temannya
C. membiasakan diri untuk teratur akan menciptakan pola kerja yang baik
D. kita harus merawat tubuh agar disenangi orang lain

Pembahasan:
Amanat yang tepat penggalan teks di atas adalah membiasakan diri untuk teratur akan menciptakan pola kerja yang baik. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online UN 2019/2020



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menunjukkan Bukti Latar dan Watak | Ujian Nasional SMP/MTs 2019/2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer