Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks | Ujian Nasional 2019/2020

UNBK Bahasa Indonesia | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi dan contoh soal UN bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan pembahasan. Semoga materi dan contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia. Dan harapannya materi dan contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal UN yang diujikan di sekolah. Untuk lebih jelasnya silakan kalian lihat penjelasannya di bawah ini.

Contoh Soal Menentukan Makna Kata/Kalimat dalam Teks | Ujian Nasional 2019/2020

Berikut ini adalah ringkasan dan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia. Indikator soal kali ini adalah anak didik mampu menentukan makna kata/kalimat dalam teks yang diujikan. Adapun materi dan contoh soalnya adalah sebagai berikut.

A. Ringkasan Materi UNBK

Teks atau bacaan mengandung makna dan informasi. Tujuan membaca adalah menemukan makna dan informasi tersebut. Proses menemukan makna dan informasi dalam teks bergantung pada jenis bacaannya. Makna adalah arti atau pengertian yang diberikan terkait suatu bentuk kebahasaan. Makna atau arti dapat ditemukan di dalam kamus. Kamus yang lazim digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Linguitik, dan Kamus Istilah Sastra. Untuk menemukan makna kata, diperlukan proses membaca memidai.

Kata merupakan satuan bahasa terkecil yang memiliki dua unsur, yaitu unsur bentuk dan isi. Unsur bentuk adalah wujud yang dapat ditangkap pancaindra. Unsur isi atau makna adalah wujud yang dapat dipahami oleh pikiran karena dirangsang oleh unsur bentuk. Misalnya, kata mobil adalah unsur bentuk karena dapat ditangkap oleh indera penglihatan. Unsur isi atau makna kata mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih, biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Pengertian mobil dari segi bentuk dan isi tersebut yang sesuai dengan kesepakatan pemakai bahasa disebut juga makna leksikal, artinya makna kata sesuai dengan makna kamus.

Selain makna kata, kalian dapat menentukan makna kalimat dalam teks atau bacaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Makna kalimat dalam teks dapat ditentukan berdasarkan konteks dalam teks tersebut. Sebagai contoh, sebuah teks prosedur atau tanggapan deskriptif terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat satu dengan kalimat lainnya harus memiliki satu kesatuan ide. Antarkalimat tersebut harus saling berhubungan atau koherensi. Cara menemukan makna kalimat dalam teks dengan mencari kalimat yang mirip dengan kalimat tersebut. Makna kalimat tersebut masih dalam satu kesatuan ide.

B. Contoh Soal UNBK

Berikut ini adalah beberapa contoh soal ujian nasional. Indikator soal kali ini adalah anak didik mampu menentukan makna kata/kalimat dalam teks yang diujikan. Contoh soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Berikut adalah contoh soalnya.

1. Bacalah teks berikut!
Sebanyak sepuluh pelaku usaha kecil menengah di bidang kuliner menerima penghargaan dalam rangka UKM Pangan Award 2012. Penghargaan diberikan oleh wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurti, di Kantor Kementerian Perdagangan. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada hari Rabu, 3 Oktober 2012. Kesepuluh penerima penghargaan ini berhasil menyisihkan 82 peserta dari 20 provinsi di Indonesia lainnya.
Makna kata kuliner dalam teks tersebut adalah ....
A. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan
B. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan jalan-jalan
C. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan pariwisata
D. Bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan perdagangan

Jawaban: A
Kata kuliner merupakan kata baru dalam istilah bahasa Indonesia. Kata tersebut merupakan serapan dari bahasa Inggris culinary yang artinya berhubungan dengan dapur atau masakan. Istilah tersebut selain di kamus dapat kalian ditemukan di website atau internet. Arti kata tersebut menurut beberapa sumber dalam internet adalah bagian hidup yang erat kaitannya dengan kegiatan mengonsumsi makanan. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

2. Bacalah paragraf berikut!
Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yanng kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI Jakarta mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.
Makna kata simulasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. mencoba
B. menghitung
C. memeragakan 
D. mengantisipasi

Jawaban: C
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata simulasi mengandung makna memeragakan sesuatu dalam bentuk tiruan. Jadi, jawaban yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat karena tidak sesuai arti dalam kamus.

3. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Maria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Penularan penyakit ini bisa terjadi dengan sangat cepat. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.
Makna kata tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. penularan suatu penyakit 
B. penderita suatu penyakit
C. penyebaran suatu penyakit
D. perkembangan suatu penyakit

Jawaban: A
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, infeksi bermakna kemasukan bibit penyakit, ketularan penyakit, atau peradangan. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

4. Bacalah paragraf berikut!
Wakil Presiden Jusuf Kalla kecewa hasil sementara kontigen Indonesia dalam SEA Games XXIX/2017 tidak sesuai target. Hingga Selasa, 29 Agustus 2017, pukul 15.24 WIB, Kontigen Merah Putih meraih total 170 medali dengan rincian 36 emas, 60 perak, dan 74 perunggu. Hasil itu membuat Indonesia bertengger di urutan kelima dalam peringkat perolehan medali. Indonesia masih berada di bawah tuan rumah Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura. Raihan sementara itu masih dibawah target yakni 55 emas.
Makna kata yang tercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. juara
B. urutan
C. rombongan
D. kemenangan

Jawaban: C
Makna kata kontingen dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah rombongan (olahragawan, pramuka, atau pasukan militer) yang dikirim untuk bergabung dengan kelompok yang lebih besar. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

5. Bacalah paragraf berikut!
Penyerahan 7.500 sertifikat lahan kepada warga oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada Minggu, tanggal 20 Agustus 2017, menandai dimulainya reformasi agraria. Mereka yang bekerja di sektor pertanian diupayakan memiliki lahan. Agar setiap petani memiliki lahan minimal 2 ha, Indonesia harus memiliki 52 juta ha karena saat ini terdapat 26 juga keluarga petani. Lahan pertanian saat ini hanya sekira 40 juta. Reformasi agraria tidak hanya dimaksudkan untuk menjaga stok pangan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan petani.
Kalimat yang bercetak miring tersebut memiliki makna ....
A. Setiap petani harus memiliki lahan sendiri sebelum bercocok tanam
B. Orang-orang yang bekerja di sektor pertanian akan dibantu untuk memiliki lahan
C. Setiap petani yang mempunyai lahan akan dibantu Pemerintah
D. Orang-orang yang memiliki lahan pertanian akan dibantu untuk memperluas lahannya

Jawaban: B
Maksud kalimat dapat dipahami berdasarkan kunci yang terdapat dalam kalimat. Kata kunci dalam kalimat yang bercetak miring tersebut adalah pertanian dan lahan. Jadi, maksud kalimat yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban B.

6. Bacalah kutipan teks berikut!
Bagiku sendiri, Bumi boleh dibilang debut fiksi fantasi yang cukup ambisius dan menghibur. Ambisius karena faktanya Bumi adalah buku pertama dari tetralogi fantasi yang konon telah disiapkan Tere Liye.
Makna kata ambisius yang tepat pada kutipan teks ulasan tersebut adalah ....
A. suatu harapan yang ingin di dapatkan
B. berkeinginan keras mencapai sesuatu
C. usaha yang menghalalkan segala cara
D. tujuan yang harus dicapai

Jawaban: B
Makna kata ambisius yang sesuai dengan teks tersebut adalah berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu.

7. Bacalah kutipan teks berikut!
Ketika membangun atau merenovasi rumah, selain tata ruang, bentuk dapur, kamar mandi, desain kamar tidur, furnitur, dan material yang digunakan, harus diperhatikan hal kecil seperti bentuk atap atau desain keramik lantai.
Makna kata desain yang tepat pada kutipan teks prosedur tersebut adalah ....
A. proses untuk membuat dan menciptakan objek baru
B. seni motif untuk menghasilkan karya yang berbeda
C. gambaran objek untuk menciptakan seni baru
D. suatu proses seni dalam menciptakan objek yang lain

Jawaban: A
Makna kata desain yang paling tepat untuk kutipan teks tersebut adalah pada jawaban A.

8. Bacalah paragraf berikut!
Sampah saat ini menjadi salah satu permasalahan kota yang mendesak untuk ditangani. Jika tidak bijak mengelolanya, sampah dapat menimbulkan konflik baik antarwarga maupun antarpemangku kepentingan. Konflik tersebut terjadi beberapa waktu lalu. Masalah pengelolaan sampah kota menimbulkan polemik antara Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dengan DPRD Kota Bekasi terkait TPST Bantargebang.

Kalimat bercetak  miring tersebut memiliki makna ....
A. Pengelolaan sampah yang tidak bijak dapat menimbulkan konflik antarwarga dan pemangku kepentingan
B. Pengelolaan sampah dapat menimbulkan ketegangan baik ditingkat warga maupun antarpemangku kepentingan
C. Warga dan pemangku kepentingan diharapkan bersikap bijaksana dalam mengelola sampah
D. Pihak yang berkewajiban mengelola sampah yaitu warga dan pemangku kepentingan

Jawaban: A
Kata kunci dalam kalimat bercetak miring tersebut adalah tidak bijak dan konflik. Oleh karena itu, makna tepat sesuai kalimat.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020