"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 12 Oktober 2019

Contoh Soal Rangkuman/Ringkasan Isi Teks (Ujian Nasional 2019/2020)



Daftar Isi [Tampil]
UNBK Bahasa Indonesia | Selamat datang di search pengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan ujian nasional bahasa Indonesia kelas IX terbaru. Adapun indikator soal kali ini adalah anak didik mampu menentukan rangkuman atau ringkasan isi teks. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru ujian nasional bahasa Indonesia. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami soal-soal rangkuman dan ringkasan isi teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia.

Contoh Soal Rangkuman/Ringkasan Isi Teks (Ujian Nasional 2019/2020)

Di bawah ini adalah ringkasan dan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal anak didik mampu menentukan rangkuman dan ringkasan isi teks. Adapun contoh soal indikator tersebut adalah sebagai berikut.

A. Materi Soal UN 2019/2020

Rangkuman merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang bacaan asli. Langkah-langkah membuat rangkuman antara lain sebagai berikut. 1) Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, dan sudut pandangnya. 2) Mencatat gagasan utama tiap-tiap paragraf dalam bacaan. 3) Menyusun ringkasan dengan menyusun gagasan utama bacaan menjadi satu paragraf. 4) Membaca paragraf ringkasan dan memperbaiki jika terdapat kesalahan. Atau arti lain dari rangkuman adalah hasil dari memperpendek atau meringkas bacaan. Oleh karena itu, untuk bisa membuat rangkuman dapat dilakukan dengan menyusun kembali ide pokok-ide pokok yang ada dalam bacaan menjadi satu kesatuan yang utuh.

B. Contoh Soal UN 2019/2020

1. Bacalah bacaan berikut!
Daun suji memiliki banyak manfaat. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna untuk makanan. Selain itu, daun suji sering digunakan sebagai obat tradisional.
Daun suji dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun suji mengandung flavonid dan tanin yang bersifat antibakteri. Jadi, bakteri yang menyebabkan sakit perut bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun suji.
Selain sebagai obat sakit perut, daun suji digunakan untuk mengobati batuk berdarah. Lima belas lembar daun suji ditumbuk sampai halus, lalu ditambahkan setengah gelas air. Kemudian, diperas untuk diambil sarinya.
Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah ....
A. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Selain sebagai pewarna makanan, daun suji digunakan untuk mengobati sakit perut. Kandungan flavonid dan tanin ada daun suji berfungsi membunuh bakteri penyebab sakit perut
B. Daun suji dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun suji mengandung flavonid dan tanin sebagai anti bakteri. Kandungan flavonid dan tanin tersebut akan membunuh bakteri yang menyebabkan sakit perut
C. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Daun suji juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut. Selain mengobati sakit perut, daun suji digunakan untuk mengobati batuk berdarah.
D.Daun suji mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Daun suji biasa digunakan sebagai pewarna makanan. Selain itu, daun suji biasa digunakan untuk mengobati sakit perut.

Jawaban: C
Ringkasan yang tepat bacaan tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban C memuat ide pokok dari setiap paragraf dalam bacaan tersebut.
2. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Upaya pemeliharaan kesehatan tidak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Dari sekian banyak penyakit terkini, sumbernya tiada lain adalah gaya hidup yang keliru. Jika menjalankan hidup yang sehat dan benar, penyakit akan jauh dari kita. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat dilakukan dengan cara makan yang bergizi, berolahraga dengan takaran yang pas, stop merokok dan kurangi alkohol, serta mental batin yang tenang.
Rangkuman bacaan tersebut adalah ....
A. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit
B. Upaya pemeliharaan kesehatan sangat penting bagi orang Indonesia.
C. Jika ingin sehat, jauhi merokok serta mental batin yang tenang.
D. Berbagai penyakit yang menyerang seseorang dikarena pola makan yang keliru.

Jawaban: A
Rangkuman merupakan intisari uraian yang dipaparkan. Rangkuman disebut juga ringkasan. Rangkuman disajikan singkat dari karangan asli, dengan tetap memerhatikan urutan isi. Bacaan tersebut membahas upaya pemeliharaan kesehatan dengan gaya hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit. Pilihan jawaban yang benar adalah A. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat karena ringkasan bacaan tidak mewakili keseluruhan isi.

3. Bacalah teks berikut!
Diabetes militus merupakan kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik kenaikan kadar glukosa darah yang terjadi kelainan sekresi insulin, kelainan kerja insulin atau kedua-duanya. Gejala penderita penyakit ini antara lain sering buang air kecil, mata kabur, lemah badan, serta mudah haus dan lapar. Komplikasi Diabetes militus adalah penyakit jantung, stroke, buta, gagal ginjal, kerusakan syaraf, dan luka kaki yang sulit disembuhkan.
Diabetes militus tidak dapat disembuhkan. Namun, penderitanya tetap dapat melakukan aktivitas seperti orang normal jika dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.
Rangkuman bacaan yang tepat adalah ....
A. Penderita Diabetes harus mengontrol makanannya supaya kesehatannya stabil
B. Komplikasi Diabetes militus antara lain penyakit jantung dan kerusakan syaraf.
C. Diabetes militus merupakan penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan
D. Penderita Diabetes dapat beraktivitas normal jika mengontrol kadar gula dengan baik

Jawaban: C
Rangkuman dapat dilakukan dengan mengabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf yang ada pada bacaan. Berdasarkan bacaan tersebut, rangkuman yang tepat adalah sesuai dengan jawaban C. Kalimat tersebut mewakili keseluruhan uraian yang ditampilkan dalam bacaan. Pilihan jawaban A, B, dan D hanya menyampaikan potongan-potongan bacaan.

4. Perhatikan wacana berikut!
Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih akibat gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk itu disebut ekspektoran.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. Penyakit batuk yang dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.
B. Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dengan obat yang dibeli di pasar bebas.
C. Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, dan kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran
D. Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, dan kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat tradisional yang dibuat di pasaran bebas.

Jawaban: C
Rangkuman wacana yang terdiri atas dua paragraf dapat dibuat dengan menggabungkan ide pokok kedua paragraf tersebut.

5. Perhatikan bacaan berikut!
Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. Pengaturan yang mewajibkan hal itu berlaku mulai Agustus 2010.
Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Padahal kelangsungan hidup mereka bergantung pada rumah sakit.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. Kewajiban melepaskan nama internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien
B. Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional wajib melepaskan embel-embel tersebut
C. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien rumah sakit berlabel internasional
D. Pelapasan kata internasional pada sejumlah rumah sakit penting karena kelangsungan hidup pasien ada pada rumah sakit.

Jawaban: A
Rangkuman dapat ditentukan dari penggabungan masing-masing ide pokok paragraf yang akan dirangkum. Ide pokok paragraf pertama adalah kewajiban melepaskan nama internasional pada rumah sakit, sedangkan ide pokok paragraf kedua adalah tujuan pelepasan nama tersebut untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.

6. Bacalah bacaan berikut ini!
Penyakit campak jerman ini merupakan infeksi akut yang mengganggu  kesehatan pada bayi, tetapi tidak terlalu parah. Munculnya penyakit campak jerman disebabkan oleh virus rubella. Virus ini bisa menular melalui kontak cairan dari hidung dan tenggorokan, seperti bersin. Penderita penyakit rubella ini biasanya mengalami gejala-gejala yang tampak sebelum terjadinya penyakit. Gejala-gejala yang dirasakan penderita antara lain demam, sakit kepala, nafsu makan menurun, hidung tersumbat, iritasi ringan yang terjadi di bagian mata, terjadi pembengkakan kelenjar limfa di bagian telinga dan mata, persendian terasa nyeri, dan ruam kemerahan di sekitar wajah lalu menyebar ke seluruh tubuh yang berlangsung sekira 1-3 hari.
Pencegahan yang paling efektif supaya terhindar dari penyakit campak jerman adalah melakukan vaksinasi. Selain dengan vaksin, penyakit campak jerman dapat dicegah dengan melakukan cara-cara berikut. Pertama, selalu menghindari kontak dengan penderita penyakit campak jerman. Kedua, memberi ruangan khusus untuk penderita penyakit campak jerman. Ketiga, selalu menjaga kebersihan diri, misalnya mencuci tangan setelah melakukan pekerjaan dan setiap hendak makan.
Ringkasan yang tepat bacaan tersebut  adalah ....
A. Penyakit campak jerman termasuk penyakit langka yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa yang tidak memiliki kekebalan tubuh.
B. Penyakit campak jerman disebabkan oleh virus rubella dengan ciri-ciri penderita mengalami gejala-gejala yang tampak dan dapat dicegah dengan vaksinasi.
C. Virus campak dan rubella dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi sejak dini kepada bayi secara rutin setiap bulan di posyandu atau puskesmas.
D. Virus campak dan rubella dapat berisiko menimbulkan penyakit tertentu pada bayi atau anak-anak yang divaksinasi dalam keadaan sakit.

Jawaban: B
Paragraf tersebut menjelaskan penyebab penyakit campak jerman, gejala, dan cara mencegahnya. Penyakit campak jerman disebabkan oleh virus rubella. Gejala yang dirasakan mulai dari demam hingga ruam kemerahan di seluruh tubuh. Cara menceganya dapat dilakukan dengan vaksinasi. Jadi, ringkasan bacaan tersebut terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A, C, dan D tidak mewakili isi bacaan.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Rangkuman/Ringkasan Isi Teks (Ujian Nasional 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer