Contoh Soal Melengkapi Kalimat dengan Istilah/Kata | Ujian Nasional SMP/MTs 2020

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal melengkapi kalimat dengan istilah/kata dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2020. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal melengkapi kalimat dengan istilah/kata dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal melengkapi kalimat dengan istilah/kata dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia.

Contoh Soal Melengkapi Kalimat dengan Istilah/Kata | Ujian Nasional SMP/MTs 2020
www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Melengkapi kalimat dengan istilah artinya menambahkan istilah pada kalimat yang rumpang sehingga menjadi kalimat yang lengkap. Istilah sendiri memiliki arti kata atau gabungan kata yang menjelaskan makna dalam bidang tertentu. Untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang dengan istilah, kita perlu mencermati kata-kata sebelum dan sesudahnya. Selanjutnya, pilihlah istilah atau kata yang paling sesuai dengan memperhatikan makna utuh kalimat.

Contoh Soal UN 2019/2020

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tentang melengkapi kalimat dengan istilah/kata dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2020. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bacalah kalimat berikut!
Peralihan kepemimpinan di berbagai daerah selalu menimbulkan [...] yang meresahkan masyarakat awam yang tidak paham tentang politik.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. radikalisme
B. rasisisme
C. radikalistis
D. rasisme

Pembahasan:
Teks tersebut membahas tentang pergantian pemimpin yang berkaitan dengan politik sehingga istilah yang tepat adalah radikalisme. Arti radikalisme sesuai KBBI adalah sikap ekstrem dalam aliran politik.

2. Bacalah teks berikut!
Karena banyak jalan rusak pada musim hujan, pemerintah akan [...] beberapa jalan raya antarkota serentak pada bulan depan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. mereparasi
B. mengonstruksi
C. memproduksi
D. merekonstruksi

Pembahasan:
Teks tersebut membahas tentang jalan-jalan yang rusak karena musim hujan sehingga istilah yang tepat adalah merekonstruksi. Merekonstruksi artinya melakukan pengembalian seperti semula.

3. Bacalah kalimat berikut!
Penelitian Ranti menggunakan [...] yang begitu rumit, sehingga dia harus lebih teliti.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. instruksi
B. instrumen
C. inflasi
D. influenza

Pembahasan:
Teks tersebut membahas penelitian sehingga istilah yang tepat adalah instrumen. Instrumen artinya alat atau sarana yang digunakan untuk melakukan penelitian.

4. Cermati paragraf berikut!
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengemukakan bahwa Indonesia sedang mengembangkan transportasi listrik. Diharapkan tahun depan penggunaan transportasi ini makin meningkat. Selain baik untuk lingkungan, transportasi ini memberi nilai tambah [...] yang bisa mencapai 10 hingga 15 kali lipat.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. devisa
B. inflasi
C. evaluasi
D. ekonomi

Pembahasan:
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ekonomi. Istilah ekonomi sesuai dengan konteks kalimat. Devisa memiliki arti alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri. Inflasi memiliki arti kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar menyebabkan naiknya harga barang-barang. Evaluasi memiliki arti penilaian. Ekonomi memiliki arti pemanfaatan uang, tenang, waktu yang berharga; urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara); tata kehidupan perekonomian (suatu negara). Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

5. Cermati peragraf berikut!
Biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang dikembangkan di Indonesia. Pembangkit biomassa ini menggunakan bahan bakar dari energi terbarukan, seperti cangkang sawit,  sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu, serbuk kayu, dan limbah pertanian lain. Pengembangan energi biomassa diharapkan bisa menekan penggunaan bahan bakar [...] untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan listrik yang masih dominan.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. fosil
B. angin
C. surya
D. air

Pembahasan:
Kata fosil tepat untuk melengkapi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut. Kata fosil sesuai dengan konteks kalimat. Sementara itu, kata angin, surya, dan air merupakan energi alternatif lain yang juga dikembangkan di Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

6. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris adalah pemilik [...] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu lakukan dengan cara yang [...]. Misalnya dengan membuat urutan secara [...]. Jenis dan kelompok obat dikelompokkan sesuai abjad. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan.
Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

Pembahasan: 
Agar membentuk paragraf padu, bagian-bagian rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang tepat adalah apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak tepat untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

7. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan [...] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, hingga [...]. Globalisasi mendidik kita untuk mencapai tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung [...].
Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis

Pembahasan: 
Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak tepat penulisannya. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

8. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas berbagai suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat [...]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan rutin [...] di desa kami. Sikap [...] merupakan kebiasaan warga yang selalu terpelihara di desa kami.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

Pembahasan:
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan tolong-menolong. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Jadi, jawaban benar terdapat pada pilihan jawaban A.

9. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja [...]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak aspek, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menyebabkan munculnya istilah permainan modern.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif terhadap perkembangan anak
D. oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan orang tua dalam menyikapi masalah tersebut.

Pembahasan: 
Kalimat pengisi bagian rumpang dapat ditentukan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut harus  diisi dengan kalimat tepat agar paragraf tersebut padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga memberikan hiburan ketika manusia ingin bersantai. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.

10.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dalam program pemulihan ... ini, aneka tumbuhan diberi kesempatan bernapas lega. Begitu juga binatang untuk dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik." Dalam program ini juga dilakukan pembersihan sampah terutama sampah plastik," ujar dia.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ....
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik

Pembahasan:
Dalam keempat pilihan jawaban kata yang paling tepat adalah ekosistem karena arti kata ekosistem adalah keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai satu satuan ekologi di alam. Arti tersebut sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online UN 2019/2020