"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 26 Januari 2020

Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Kata dan Kalimat | Ujian Nasional 2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Kata dan Kalimat | Ujian Nasional 2020
 www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2020

Kesalahan penggunaan kata berkaitan dengan penggunaan kata baku. Kata baku adalah kata yang sesuai dengan pedoman atau aturan ejaan kaidah bahasa Indonesia. Sumber kata baku adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sementara itu, kesalahan penggunaan kalimat berkaitan dengan keefektifan kalimat. Kalimat efektif adalah kalimat yang padu, logis, dan tepat dalam penggunaan katanya. Kalimat yang tidak efektif biasanya bersifat ambigu, berbelit-belit, serta menggunakan kata yang berlebihan atau boros. Contoh pemborosan kalimat misalnya penggunaan dua kata yang memiliki arti sama dalam satu kalimat. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan fungsi subjek dan predikat dalam kalimat sebab ini merupakan syarat minimal terbentuknya sebuah kalimat yang utuh.

Contoh Soal UNBK 2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal tentang menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soal menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan adalah sebagai berikut.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
1) Kerajinan kendang menjadi salah satu hasil karya andalan Kota Blitar. 2) Keberadaan sentral pembuatan kerajinan kendang di Desa Tanggung, Kota Blitar sudah menghasilkan ratusan hingga ribuan kendang dengan kualitas eksport. 3) Mayoritas masyarakat di Desa Tanggung berpencaharian sebagai perajin kendang. 4) Harga kendang dari desa ini cukup mahal karena kwalitasnya yang bagus. 5) Walaupun beberapa warga memiliki pekerjaan lain, mereka tetap memproduksi kendang sepulang kerja.

1. Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat 1), 2), 3) dan 5) membahas pencaharian masyarakat Desa Tanggung sebagai perajin kendang. Sementara itu, kalimat 4) tidak padu karena membahas harga kendang.

2. Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A. sentral dan eksport
B. eksport dan kwalitas
C. sentral dan kwalitas
D. mayoritas dan kwalitas

Pembahasan:
Kata yang tidak baku dalam teks tersebut adalah eksport dan kwalitas, seharusnya ekspor dan kualitas.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
1) Kupu-kupu termasuk serangga bersayap yang mengisap bunga. 2) Kupu-kupu adalah hewan hasil metamorphosis dari ulat. 3) Ulat yang sudah cukup umur akan melapisi dirinya dengan selaput-selaput untuk berubah menjadi kepompong. 4) Ulat yang telah berubah menjadi kepompong akan berdiam dengan posisi menggantung. 5) Setelah beberapa hari, kepompong pun berubah menjadi kupu-kupu dengan sayap yang indah.

3. Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A. mengisap
B. metamorphosis
C. kepompong
D. berubah

Pembahasan:
Kata yang tidak baku dalam teks tersebut adalah metamorphosis, seharusnya ditulis metamorfosis.

4. Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah ....
A. Kupu-kupu termasuk serangga bersayap yang mengisap bunga
B. Kupu-kupu adalah hewan hasil metamorphosis dari ulat
C. Ulat yang sudah cukup umur akan melapisi dirinya dengan selaput-selaput untuk berubah menjadi kepompong
D. Ulat yang telah berubah menjadi kepompong akan berdiam dengan posisi menggantung

Pembahasan:
Kalimat 2), 3), 4), dan 5) membahas kupu-kupu sebagai metamorfosis dari ulat. Sementara itu, kalimat 1) tidak padu karena membahas kupu-kupu sebagai hewan jenis serangga.

5.Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Novel Laskar Pelangi karya Andra Hirarta merupakan novel favorit pilihan pembaca.
B. Api yang membakar hutan Gunung Lawu mendekati pemukiman warga sekitar.
C. SMP Insan Cendekia membentuk panitia untuk memperingati Hari Anti Narkoba.
D. Festival Nasional Seni Pertunjukan 2015 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII.

Pembahasan
Kalimat pada pilihan jawaban D menggunakan ejaan tidak tepat karena kesalahan penggunaan huruf kapital. Perbaikan tepat ejaan pada kalimat tersebut adalah Festival Nasional Seni Pertunjukkan 2015 digelar di Gedung Pewayangan Kautaman TMII. Penulisan Gedung Pewayangan Keutaman seharusnya ditulis dengan diawali huruf kapital karena menunjukkan nama tempat.

6. Pemakaian tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Intan bertanya, "Siapakah yang akan mewakili lomba cerdas cermat se-Yogyakarta?"
B. Wawan menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya.
C. Paman  menasihati anaknya,"Bekerjalah dengan rajin di negeri orang, Nak!"
D. Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku sombong kepada siapapun.

Pembahasan:
Kalimat pada pilihan jawaban B menggunakan tanda baca tidak tepat karena kesalahan peletakan penggunaan tanda koma. Perbaikan yang tepat tanda baca pada kalimat tersebut adalah Wawan menyelesaikan pendidikannya pada Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya. Penulisan antara jurusan dan fakultas seharusnya ditulis dengan pisahkan tanda baca koma.

7. Bacalah paragraf berikut!
Keberhasilan usaha tani tidak hanya dilihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkannya dengan besarnya produksi per satuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga dapat menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memeroleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.
Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....
A. penggunaan kalimat tidak efektif
B. penggunaan kalimat tidak baku
C. penggunaan kalimat berlebihan
D. penggunaan kalimat tidak padu

Pembahasan:
Kesalahan yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah penggunaan kalimat tidak padu. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

8. Bacalah paragraf berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat di manfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat dimanfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat diusahakan dalam skala rumah tangga. Pembuatan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja dan mendapatkan tambahan penghasilan.
Kalimat tercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kalimat tersebut tidak koheren
B. kalimat tersebut tidak padu
C. kalimat tersebut tidak efektif
D. kalimat tersebut tidak baku

Pembahasan:
Kalimat yang bercetak miring tersebut di atas salah karena kalimat tersebut tidak efektif. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

9. Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya.
Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kata tersebut memiliki makna ambigu
B. kata tersebut tidak baku
C. kata tersebut tidak sesuai dengan KBBI
D. kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat

Pembahasan:
Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

10. Cermati paragraf berikut!
1) Perusahaan yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang ataupun jasa. 2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. 3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. 4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tercermin pada berbagai pelayanan yang diberikan.
Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A. 3)
B. 1)
C. 4)
D. 2)

Pembahasan:
Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah 3). Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.
11. Cermati paragraf berikut!
1) Potensi wisata bahari telah menjadi penggerak ekonomi Indonesia. 2) Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi lainnya. 3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan pertumbuhan industri  perhotelan dan rumah makan. 4) Selain itu, berkembang pula industry jasa, seperti, pemandu wisata, transportasi, dan persewaan.
Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Pembahasan:
Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut adalah nomor 3). Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah B.

12. Cermati kalimat berikut!
Hendrik harus bertalian orang yang bersangkutan jika ia ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
Perbaikan kata tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghubungi, persoalannya
B. bersambung, perbincangannya
C. berkaitan, pembahasannya
D. menghampiri, perselisihannya

Pembahasan:
Perbaikan kata tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring di atas adalah bertalian (menghubungi) dan perdebatannya (persoalannya). Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

13. Cermati kalimat berikut!
Setiap orang lain dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.
Perbaikan tepat kalimat tidak efektif tersebut adalah ....
A. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar mereka dapat beraktivitas produktif
B. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas produktif.
C. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
D. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi makanan yang cukup mengadung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.

Pembahasan:
Perbaikan tepat kalimat tidak efektif tersebut adalah setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas produktif. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!

  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online di Link Berikut!



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Kata dan Kalimat | Ujian Nasional 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer