Contoh Soal Menulis dengan Ilustrasi Tertentu | Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2020. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia.

Contoh Soal Menulis dengan Ilustrasi Tertentu | Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020
www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2020

Menulis berdasarkan ilustrasi dilakukan dengan mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan. Jadi, teks yang dihasilkan bukanlah hasil imajinasi. Teks yang ditulis tentunya harus sesuai dengan ilustrasi yang diberikan. Ilustrasi tersebut dapat berupa fakta atau pemaparan data. Sebelum menulis, kalian harus dapat memahami terlebih dahulu maksud yang terkandung di dalam ilustrasi. Tidak semua data dalam ilustrasi ditulis lengkap. Namun, teks yang ditulis harus mencerminkan data dan fakta.

Contoh Soal UNBK 2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal ujian nasional dengan indikator soal yang diujikan adalah menulis denga ilustrasi tertentu dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bacalah ilustrasi berikut!
Judul buku : Upacara
Pengarang : Korrie Layun Rampan
Penerbit : Grasindo
Keunggulan : Menyajikan penjelasan tentang upaca adat secara mendetail dan menarik. Penjelasan mendetail mengenai nama-nama ritual dan prosesnya membuat orang penasaran.
Kelemahan : Penggunaan bahasa daerah yang tidak disertai penjelasan membuat pembaca bertanya-tanya dan kadang tidak memahami kalimat yang dimaksud.

Teks yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Buku novel Upacara karya Korrei Layun Rampan menceritakan tentang upacara adat yang lengkap dengan nama-nama ritual dan prosesnya. Namun, penggunaan bahasa daerah yang tidak disertai penjelasan membuat pembaca menjadi bingung.
B. Penerbit Grasindo menerbitkan buku yang menceritakan tentang upacara adat lengkap dengan nama-nama ritual dan prosesnya. Selain itu, disertakan pula bahasa-bahasa adat yang digunakan sesuai upacara yang diceritakan.
C. Novel Upacara diterbitkan oleh Grasindo untuk menjelaskan salah satu upacara adat daerah yang ada di Indonesia. Namun, penggunaan bahasa daerah yang tidak disertai penjelasan membuat pembaca menjadi bingung.
D. Korrie Layun Rampan menerbitkan novel Upacara yang menceritakan secara terperinci sebuah upacara adat yang dilakukan di suatu daerah, lengkap dengan bahasa daerah yang menarik.

Pembahasan:
Ilustrasi tersebut berisi identitas buku beserta keunggulan dan kelemahan buku. Teks yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah teks yang memuat informasi penting sesuai dengan data tersebut, yaitu berupa judul, pengarang, kelebihan, dan kekurangan.

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Yoga memenangi seleksi lomba pidato dua bahasa di sekolah. Dia akan dikirim untuk mewakili sekolah dalam lomba pidato dua bahasa di tingkat kota/kabupaten. Bila Yoga memenangi lomba tersebut,dia akan dikirim lagi untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi dan nasional dalam rangka memperingati Hari Bahasa.

Teks yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Dalam memperingati Hari Bahasa, akan diadakan lomba pidato dua bahasa tingkat nasional. Untuk mengikuti lomba tersebut, peserta harus memenangi lomba tingkat provinsi dan kota/kabupaten. Yoga memenangi seleksi lomba pidato dua bahasa di sekolahnya sehingga dia akan maju di lomba tingkat kota/kabupaten.
B. Lomba pidato dua bahasa diselenggarakan di tingkat nasional. Yoga adalah salah satu perwakilan sekolah yang memenangi seleksi lomba pidato di sekolahnya. Maka dia akan langsung maju di lomba tingkat nasional.
C. Yoga akan mengikuti lomba pidato dua bahasa tingkat nasional, karena dia telah memenangi seleksi pidato sua bahasa di sekolahnya. Selain tingkat nasional, Yoga juga akan mengikuti lomba pidato dua bahasa di tingkat kota/kabupaten dan provinsi.
D. Lomba pidato dua bahasa tingkat provinsi dan nasional akan diikuti Yoga secara bersamaan. Karena dia telah memenangkan seleksi peserta lomba pidato di sekolahnya

Pembahasan:
Teks yang tepat untuk ilustrasi pada soal di atas adalah Dalam memperingati Hari Bahasa, akan diadakan lomba pidato dua bahasa tingkat nasional. Untuk mengikuti lomba tersebut, peserta harus memenangi lomba tingkat provinsi dan kota/kabupaten. Yoga memenangi seleksi lomba pidato dua bahasa di sekolahnya sehingga dia akan maju di lomba tingkat kota/kabupaten. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

3. Bacalah teks berikut!
Judul buku : Edensor
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Keunggulan : Cerita sangat inspiratif, menarik, dan tidak membosankan. Memotivasi pembaca untuk bekerja keras dan meraih cita-cita.
Kelemahan : Adanya kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami.
Teks yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Cerita yang inspiratif dari buku terbitan Bentang Pustaka ini dapat membuat pembaca tertarik dengan isi buku. Namun, ada kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami di dalam buku ini
B. Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata sangat menarik dan inspiratif karena kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami. Namun karena cerita tidak membosankan pembaca menjadi termotivasi.
C. Cerita dalam buku Edensor sangat inspiratif, menarik, dan tidak membosankan. Buku karya Andrea Hirata ini juga memotivasi pembaca untuk bekerja keras dalam meraih cita-cita. Namun, ada kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami di dalam buku ini.
D. Membaca buku karya Andrea Hirata serasa ikut tenggelam dalam alur cerita yang menginspirasi. Walau ada kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami, pembaca masih bisa menikmati cerita dengan baik

Pembahasan:
Teks yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah Cerita dalam buku Edensor sangat inspiratif, menarik, dan tidak membosankan. Buku karya Andrea Hirata ini juga memotivasi pembaca untuk bekerja keras dalam meraih cita-cita. Namun, ada kalimat dan ungkapan asing yang sulit dipahami di dalam buku ini. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah C.

4. Bacalah identitas buku berikut!
Judul : Bertanam jagung Unggul
Penulis : Ir. Purwono, M.S & Rudi Hartono, S.P.
Jenis : nonfiksi
Penerbit : Agro Media
Cetakan Tahun : Cetakan I Tahun 2012
Jumlah halaman : 67 halaman
Ukuran buku : 16 x 20 cm
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A. Ir.  Purwono, M.S. lahir di Surabaya, 12 Mei 1967.  Ia seorang penyuluh pertanian di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Berkat kemampuan dan keuletannya mempelajari varietas jagung unggul, ia dikenal sebagai ahli tanaman jagung. Bersama rekannya sesama penyuluh, Rudi Hartono, S.P. ia berkolaborasi menerbitkan buku yang berjudul Bertanam Jagung Unggul ini.
B. Menurut saya buku Bertanam Jagung Unggul ini memiliki kelebihan pada petunjuk-petunjuk praktis yang memudahkan pembaca, khususnya mahasiswa dalam mempelajari cara bertanam jagung. Bahasa sederhana dan ringkas memudahkan juga para petani jagung untuk menerapkan berbagai teknik bertanam jagung unggul.
C. Menurut saya kekurangan dalam buku ini dalam menyediakan gambar-gambar pendukung. Terkadang ada petunjuk yang sulit dipraktikkan karena ketiadaan gambar pendukung. Gambar-gambar sangat penting dalam jenis buku seperti ini.
D. Penemuan jagung varietas unggul ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para petani jagung. Dengan sedikit biaya perawatan, keuntungan besar siap diraih. Melalui metode dan teknik praktis dalam buku ini siapa pun dapat mencoba bertanam jagung jenis unggul ini.

Pembahasan: 
Keunggulan buku merupakan kelebihan buku yang diresensi. Paragraf yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A merupakan keterangan tentang pengarang. Pilihan jawaban C merupakan kelemahan buku. Pilihan jawaban D merupakan sinopsis buku.

5. Bacalah identitas buku berikut!
Judul : Dahsyatnya Hypnopparenting
Editor : Yoan Destarina
Jenis  : Nonfiksi
Penerbit : Penebar Plus+
Cetakan Tahun : Cetakan I Tahun 2010
Jumlah Halaman : 120 halaman
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A. Kesuksesan berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seorang dibentuk karakternya. Namun dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak yang nakal, dan masih banyak lagi. Hypnoperenting adalah salah satu solusi bagi para orang tua yang menemui kesulitan tersebut.
B. Orang tua menjadi pelaku penting dalam Hypnoparenting ini. Dalam praktiknya, hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang bersifat positif, sebagai contoh, "kamu pintar dan rajin. Kamu senang belajar dan selalu mengerjakan tugas dengan baik."
C. Ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga, buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D. Banyak desain gambar animasi terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditunjukkan untuk dibaca orang tua. Selain itu, terdapat banyak istilah bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.

Pembahasan: 
Kelemahan buku terdapat pada pilihan jawaban D. Perhatikan kata kunci kekurangan dalam pargraf tersebut. Pilihan jawaban A merupakan pendahuluan. Pilihan jawaban B merupakan sinopsis. Pilihan jawaban C merupakan keterbacaan atau kecocokan pembacanya.

6. Cermatilah teks laporan berikut!
1) Ekosistem di Indonesia, yang masih terjaga salah satunya adalah, kawasan Gunung Kidul. 2) Di daeraj itu sungai di bawah tanah, airnya melimpah. 3) Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar, dan fitoplankton. 4) Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. 5) Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran.
Kelemahan teks laporan di atas adalah penggunaan tanda baca koma pada kalimat nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 2 ) dan 3)
C. 3) dan 3)
D. 4) dan 5)

Pembahasan:
Tanda koma digunakan antara lain jika terdapat rincian lebih dari dua dan memisahkan anak kalimat dengan induk kalimatnya. Tidak terdapat dua hal tersebut pada kalimat nomor 1 dan 2.

7. Cermatilah teks ulasan berikut!
1) Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang senggaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. 2) Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa. 3) Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata seperti misalnya Beijing dan Tiongkok yang sangat indah sekali. 4) Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. 5) Yang pasti hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing.
Ketidakefektifan teks ulasan di atas terdapat pada nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

Pembahasan: 
Ada penggunaaan kata yang berlebihan sehingga tidak efektif, yaitu seperti misalnya, sangat indah sekali.

8. Cermatilah teks prosedur berikut!
Tas Cantik dari Kerdus
Untuk memanfaatkan kerdus bekas menjadi barang yang bermanfaat, berikut adalah alat dan bahan serta beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Siapkanlah alat-alat dan bahan-bahan berikut.
1. Kerdus bekas
2. Tali rafia
3. Plastik transparan putih
4. Kertas kado
5. Jarum kasur
6. Lem
7. Gunting
8. Tali untuk pegangan tas
Setelah itu, ikutilah langkahp-langkah pembuatan tas cantik berikut.
Pertama, gunting kerdus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk persegi panjang. Ke dua, setelah digunting, bungkus sekeliling dinding kerdus bagian luar dengan kertas kado sampai rapi. Ke tiga, lalu bungkus kembali dengan menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan lama. Ke empat, jahit semua sisi kerdus dengan menggunakan tali rafia dan jarum kasur. Ke lima, setelah semua sisi dijahit masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara dijahit juga. Ke enam, beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali. Ke tujuh, jadilah tas cantik dari kerdur bekas.

Kelemahan teks prosedur tersebut adalah ....
A. penggunaan langkah-langkah
B. penggunaan ejaan salah
C. tidak adanya judul
D. tidak adanya tujuan

Pembahasan:
Ada penggunaan ejaan yang salah misalnya kerdus yang benar kardus, ke dua, ke tiga, ke empat, dan seterusnya penulisannya dirangkai.

9. Bacalah ilustrasi berikut!
Ibu guru memberikan tugas membawa peralatan melukis. Abdul dan teman-teman sekelasnya akan diberi tugas untuk melukis sekolah. Siswa yang tidak membawa akan diberi hukuman dan tambahan tugas. Pembelajaran akan dilakukan di luar kelas.
Teks yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Abdul dan teman-teman kelasnya diberi tugas bu guru untuk membawa peralatan melukis. Mereka akan diberi tugas untuk melukis sekolah. Pembelajaran melukis akan dilakukan di luar kelas. Siswa yang tidak membawa peratan melukis akan mendapatkan hukuman dan tugas tambahan.
B. Ibu guru memberi tugas kepada Abdul dan teman-teman sekelasnya untuk membawa peralatan melukis. Anak yang tidak membawa akan mendapat tugas tambahan dari ibu guru. Mereka akan diberi tugas untuk melukis lingkungan sekolah.
C. Lingkungan sekolah akan dijadikan objek melukis untuk Abdul dan teman-teman sekelasnya. Ibu guru sudah memberi tugas untuk membawa peralatan melukis. Pembelajaran melukis tersebut akan dilaksanakan di luar kelas.
D. Pembelajaran di luar kelas memang sangat menyenangkan. Abdul dan teman-teman sekelasnya akan diberi tugas untuk melukis lingkungan sekolah. Siswa yang tidak membawa peralatan melukis harus menjalani hukuman yang berat.

Pembahasan:
Teks yang sesuai dengan ilustrasi tersebut di atas adalah Abdul dan teman-teman kelasnya diberi tugas bu guru untuk membawa peralatan melukis. Mereka akan diberi tugas untuk melukis sekolah. Pembelajaran melukis akan dilakukan di luar kelas. Siswa yang tidak membawa peratan melukis akan mendapatkan hukuman dan tugas tambahan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online di Link Berikut!