"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 12 Oktober 2019

Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks (Ujian Nasional 2019/2020)



Daftar Isi [Tampil]
UNBK Bahasa Indonesia | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi, soal, kunci jawaban, dan pembahasan soal Ujian Nasional dengan indikator soal gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan isi teks. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas IX yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi anak didik dalam mengerjakan soal-soal UN yang diujikan oleh sekolah. Selamat belajar dan semoga kalian sukses menghadapi Ujian Nasional tahun ini.

Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks (Ujian Nasional 2019/2020)

Di bawah ini adalah materi dan contoh soal Ujian Nasional (UN) bahasa Indonesia dengan indikator soal anak didik mampu menentukan gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks. Adapun materi dan contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

A. Ringkasan Materi

Teks merupakan wacana tertulis yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf merupakan gabungan beberapa kalimat. Kalimat-kalimat tersebut saling berhubungan. Kalimat-kalimat tersebut juga memiliki gagasan atau ide yang sama. Tidak semua gabungan kalimat dapat disebut sebagai paragraf. Gabungan kalimat yang dibuat secara acak-acakan bukanlah paragraf. Untuk dapat menjadi paragraf, kalimat-kalimat harus kalian susun sehingga menjadi padu.

Di dalam sebuah paragraf biasanya terdapat satu gagasan utama atau ide pokok.Ide pokok atau gagasan utama lazimnya terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama biasanya terdapat di awal, tengah, atau akhir paragraf. Misalnya, jika kalimat topik berada pada kalimat terakhir, maka kalimat sebelumnya merupakan kalimat penjelas. Untuk menentukan gagasan utama, kalian terlebih dahulu harus menemukan kalimat topik atau kalimat utamanya.

Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kalian harus mencari ide pokok tiap-tiap paragraf. Kemudian, kalian merangkai ide pokok tersebut. Selanjutnya, kalian meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

B. Contoh Soal UN 2019/2020

1. Bacalah paragraf berikut!
Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbiji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang sudah terbentuk sejak dalam sesi biji. Tumbuhan dikotil memiliki beberapa ciri khusus. Tumbuhan jenis ini memiliki bentuk akar tunggang. Pola tulang daun pada tanaman dikotil menyirip atau menjari. Tanaman dikotil tidak mempunyai tudung akar. Selain itu, batang pada tanaman dikotil bercabang-cabang.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Beberapa ciri khusus tanaman dikotil
B. Bentuk daun pada tanaman dikotil
C. Bentuk biji pada tanaman dikotil
D. Macam-macam tanaman dikotil

Jawaban: A
Gagasan pokok pada paragraf tersebut adalah beberapa ciri khusus tanaman dikotil. Gagasan pokok tersebut menjadi dasar pengembangan paragraf.

2. Bacalah paragraf berikut!
Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentra batik Cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Berbagai motif batik Cirebon
B. Produk batik rumahan dan pabrikan
C. Trusmi sebagai sentra batik Cirebon
D. Kegemaran orang Cina akan motif batik

Jawaban: C
Paragraf tersebut membahas Desa Trusmi yang merupakan sentra batik khas Cirebon. Masyarakat dari berbagai daerah menyukai berbagai motif batik yang berasal dari desa ini. Pernyataan tersebut terletak di awal paragraf yang juga merupakan kalimat topik atau kalimat utama. Gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat utama. 

3. Bacalah paragraf berikut!
1) Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu ikon wisata Indonesia. 2) Keindahan Pulau Lombok tiada duanya di Indonesia. 3) Sebagai salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok memiliki beragam kelebihan. 4) Keramahan masyarakat Sasak, keindahan pantai yang berpasir sangat putih, terumbu karang, dan kekayaan hayati yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Lombok. 5) Kemegahan Gunung Rinjani serta keunikan budaya Sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A
Kalimat 1) mengandung gagasan pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung gagasan pokok merupakan kalimat utama. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

4. Bacalah paragraf berikut!
Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Anggapan seperti itulah yang membuat beberapa orang menyepelekan diare. Mereka beranggapan bahwa diare merupakan hal wajar dan tidak perlu pengobatan secara khusus. Padahal, diare dapat membawa dampak yang menakutkan. Bahkan, diare juga dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, terutama pada anak-anak. Korban jiwa dapat berjatuhan jika wabah diare tidak segera ditangani. Jadi, tidak ada salahnya jika kita melakukan usaha pencegahan mulai dari sekarang.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Diare merupakan penyakit yang dapat membawa kematian
B. Penyakit diare tidak boleh dianggap sepele kerana penyakit ini dapat mematikan.
C. Banyak yang menyepelekan penyakit diare dengan membiarkan penyakit diare. 
D. Dampak yang diakibatkan penyakit diare 

Jawaban: B
Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian yang ada sebelumnya. Simpulan dapat diketahui dengan mencari kalimat utama dari paragraf tersebut. Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban B mewakili isi bacaan tersebut.

5. Bacalah paragraf berikut!
Jamur memiliki sifat menetralkan racun dan zat-zat radio aktif di dalam tanah. Jamur dapat mencegah penyakit darah tinggi, menurunkan kolesterol darah, dan menambah vitalitas. Selain itu, kandungan lentinon dan retinan dalam jamur bermanfaat untuk mencegah tumor atau kanker. Berbagai manfaat tersebut membuktikan bahwa jamur mempunyai banyak khasiat.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. cara menetralkan racun
B. teknik pengolahan jamur
C. kandungan di dalam jamur
D. berbagai khasiat jamur

Jawaban: D
Paragraf tersebut membahas berbagai khasiat jamur bagi kesehatan. Pernyataab tersebut terdapat di akhir paragraf sebagai simpulan kalimat-kalimat sebelumnya. Oleh karena itu, gagasan utama paragraf tersebut terletak di akhir paragraf.

6. Bacalah paragraf laporan berikut!
1) Salah satu ekosistem di Indonesia yang masih terjaga adalah kawasan Gunung Kidul. 2) Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. 3) Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitopplankton. 4) Fitopplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai angka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A
Kalimat 1) mengandung gagasan pokok dalam paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung gagasan pokok merupakan kalimat utama. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut.

7. Bacalah paragraf berikut!
1) Temulawak mempunyai banyak manfaat bagi manusia. 2) Temulawak mengandung katagoga. 3) Katagoga dalam temulawak membatu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu. 4) Selain untuk menjaga kesehatan hati, temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi, menurunkan lemak darah, dan mengatasi penyakit maag.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A
Kalimat utama paragraf tersebut dintunjukkan oleh kalimat angka 1). Kalimat tersebut menjadi dasar yang dikembangkan melalui kalimat penjelas.

8. Bacalah teks berikut!
Demam berdarah merupakan salah satu penyakit mematikan. Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah dapat dicegah dengan melakukan gerakan 3 M, yakni menguras, menutup, dan mengubur.
Menguras bak mandi dapat mencegah penyakit demam berdarah. Setidaknya kegiatan menguras bak mandi dilakukan paling lama satu kali dalam satu minggu. Setelah dikuras, air dalam bak mandi tersebut diganti dengan air yang baru.
Menutup tempat penampungan air juga dapat mencegah penyakit demam berdarah. Tutuplah tempat penampungan air, seperti drum, tempayan, dan ember dengan rapat. Dengan menutup tempat nyamuk tidak dapat berkembang biak di tempat itu.
Selain menguras dan menutup, cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan cara mengubur. Barang-barang yang dikubur adalah barang-barang bekas tersebut dikubur agar tidak menjadi tempat penampungan air saat musim hujan tiba.
Simpulan teks tersebut adalah ....
A. Demam berdarah dapat dicegah dengan mengubur barang-barang bekas, seperti kaleng, ban bekas, dan botol bekas.
B. Demam berdarah dapat dicegah dengan melakukan gerakan 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur.
C. Demam berdarah adalah salah satu penyakit mematikan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.
D. Demam berdarah dapat dicegah dengan cara menguras bak mandi paling tidak satu kali dalam seminggu.

Jawaban: B
Simpulan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban B. Kalimat tersebut mewakili keseluruhan isi teks.Kalimat tersebut merangkum ide pokok dari setiap paragraf dalam bacaan.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Gagasan Utama, Kalimat Utama, dan Simpulan Teks (Ujian Nasional 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer