"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 26 Januari 2020

Contoh Soal Mengubah Teks ke Bentuk Lain | Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal mengubah teks ke bentuk laind dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal mengubah teks ke bentuk laind dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal mengubah teks ke bentuk laind dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia.

Contoh Soal Mengubah Teks ke Bentuk Lain | Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020
 www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2020

Sebuah pemaparan dapat diubah menjadi bentuk lain. Mengubah pemaparan biasanya terjadi pada teks laporan. Misalnya, pemaparan data berupa paragraf diubah dalam bentuk tabel atau sebaliknya. Selain itu, pengubahan teks juga dapat terjadi pada karya sastra berupa puisi menjadi narasi atau sebaliknya. Kegiatan mengubah teks ke bentuk lain ini bertujuan memperjelas informasi dalam teks, mempermudah pemahaman pembaca, atau memperindah teks. Oleh karena itulah pengubahan teks ke bentuk lain tersebut harus sesuai dengan data dan fakta. Hal yang tidak terdapat di dalam teks harus dihindari agar teks tidak bersifat subjektif. Sementara itu, informasi inti dari teks hsrus dipaparkan dengan baik.

Contoh Soal UN 2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal mengubah teks ke bentuk lain dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami soal-soal yang diujikan. Adapun contoh soal mengubah teks ke bentuk lain dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan adalah sebagai berikut.

1.Perhatikan ilustrasi berikut!
Daftar Cara Siswa ke Sekolah
Siswa Kelas IX SMP Persada

No
Akses
Kelas IXA
Kelas IXB
1
Jalan kaki
3
2
2
Naik sepeda
4
5
3
Naik angkutan umum
5
7
4
Diantar orang tua
10
12

Laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Siswa kelas IX SMP Persada ke sekolah dengan diantar orang tuanya
B. Jumlah siswa yang ke sekolah dengan cara jalan kaki paling sedikit daripada yang lain
C. Siswa yang ke sekolah naik angkutan umum cukup banyak dan sudah bisa mandiri
D. Siswa yang naik sepeda ke sekolah kebanyakan karena tidak memiliki biaya untuk naik angkutan umum

Pembahasan:
Tabel tersebut berisi tentang cara siswa kelas IX SMP Persada ke sekolah. Laporan yang sesuai dengan tabel adalah Jumlah siswa yang ke sekolah dengan cara jalan kaki paling sedikit daripada yang lain. Hal ini sesuai dengan informasi yang terdapat pada tabel.

2. Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies hewan langka, dalam praktiknya populasi hewan yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah terintegrasi dalam proses pelestarian hewan langka tersebut.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam usaha pelestarian hewan langka antara lain sebagai berikut. Pertama, memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka. Kedua, membuat tempat penangkaran bagi hewan langka agar dapat berkembang biak, lalu melepaskannya ke alam.

Bentuk tanggapan kritis dari bacaan tersebut terdapat pada paragraf ....
A. Saya setuju bahwa pemerintah harus melarang transaksi spesies hewan langka. Populasi hewan langka semakin berkurang sehingga harus segera dilindungi. Upaya pelestarian hewan langka harus dilakukan secepatnya. Pelestarian ini menyangkut kelestarian binatang langkah agar tidak punah karena ulah tangan orang tidak bertanggung jawab.
B. Binatang langka harus dilestarikan agar generasi mendatang dapat melihat keanekaragaman hewan tersebut. Jangan biarkan hewan-hewan  langka menjadi semakin punah dengan adanya transaksi spesies hewan langka. Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menyelamatkan hewan-hewan langka tersebut.
C. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.
D. Binatang langka adalah binatang yang memiliki populasi sedikit di habitatnya. Keadaan yang menyebabkan kelangkaan hewan tersebut salah satunya disebabkan oleh ulah tangan manusia. Manusia memiliki kebiasaan buruk ingin memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Selain itu, banyak orang melakukan transaksi spesies hewan langka.

Pembahasan: 
Teks tersebut merupakan laporan mengenai hewan langka dan pelestariannya. Teks tersebut dapat diubah menjadi tanggapan kritis dengan catatan tidak mengubah makna dalam teks tersebut. Tanggapan kritis sesuai dengan teks tersebut pada pilihan jawaban A.

3. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat. Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa makanan organik dijual dengan harga lebih mahal. Oleh sebab itu, belum banyak warga masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan
B. Saya setuju masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat saji, makanan instan juga lebih murah.
C. Saya setuju dengan makanan instan karena mudah di dapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan instan
D. Saya setuju karena makanan instan lebih praktis dan cepat. Makanan instan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dalam waktu dekat

Pembahasan:
Kalimat tanggapan positif yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut di atas adalah Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

4. Bacalah teks berikut!
Selain akibat sebagian besar rumahnya yang masih terbuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman kebakaran di kawasan-kawasan kumuh juga terjadi akibat kurang mengertinya warga akan bahaya api. Sementara itu di pasar-pasar tradisional, sumber bahaya berasal dari bangunan yang umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Di samping itu, pengawasan dari pihak pemerintah dan pemeliharaan instalasi listrik masih sangat kurang.
Tanggapan yang logis terhadap masalah yang terdapat dalam kutipan berita di atas adalah ....
A. Saya sangat setuju kalau orang atau warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun
B. Rumah yang terbuat dari kayu dan tripleks sudah sepantasnya digusur saja daripada membahayakan
C. Semua warga yang rumahnya dari kayu dan tripleks supaya mengganti bahan dari semen
D. Warga yang bertempat tinggal di daerah kumuh supaya diusir keluar kota dan tidak boleh kembali

Pembahasan:
Tanggapan yang logis terhadap masalah yang terdapat dalam kutipan di atas adalah Saya sangat setuju kalau orang atau warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

5. Bacalah teks berikut!
Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan Madiun Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta, sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta api hanya diisi sekitar 60 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan penyebab kecelakaan. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, antara lain faktor sarana prasarana: rel, kereta api, dan faktor teknis lainnya.
Kritikan terhadap isi bacaan tersebut yang tepat adalah ....
A. PT Kereta Api perlu meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana
B. Masyarakat hendaknya berhati-hati apabila menggunakan jasa kereta api
C. Kita harus membantu masyarakat yang terkena musibah akibat kelalaian petugas kereta api
D. PT Kereta Api harus memberikan santunan kepada penumpang yang terkena musibah

Pembahasan:
Kritikan terhadap isi bacaan yang tepat tersebut di atas adalah PT Kereta Api perlu meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

6. Bacalah ilustrasi berikut!
Peristiwa meletusnya Gunung Merapi hari Kamis tanggal 7 November 2010, membuat Ahmad depresi. Kedua orang tua dan empat saudaranya meninggal pada waktu yang bersamaan. Harapannya untuk meraih cita-cita seakan-akan hancur.
Penulisan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Kamis, 7 November 2010 orang tuaku meninggal dunia. Begitu pula saudara-saudaraku ditimpa batuan merapi
B. Kamis, 7 November 2010 hatiku luluh lantah, sedih, dan perih karena letusan merapi telah menghapus harapanku untuk dapat meraih cita-cita
C. Kamis, 7 November 2010 aku sedih dan menangis terseduh-seduh. Orang tuaku serta saudaraku menjadi korban keganasan Merapi
D. Kamis, 7 November 2010 aku begitu sedih melihat mayat orang tuaku dan saudara-saudaraku terbujur kaku akibat amukan Merapi. Aku terpukul, bingung, diam membisu. Harapanku meraih cita-cita pupus sudah.

Pembahasan:
Penulisan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah kamis, 7 November 2010 aku begitu sedih melihat mayat orang tuaku dan saudara-saudaraku terbujur kaku akibat amukan Merapi. Aku terpukul, bingung, diam membisu. Harapanku meraih cita-cita pupus sudah. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online di Link Berikut!



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Mengubah Teks ke Bentuk Lain | Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer