"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 23 Januari 2020

Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks | Ujian Nasional 2019/2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal menentukan ide pokok teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal menentukan ide pokok teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal menentukan ide pokok teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. 

Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks | Ujian Nasional 2019/2020
www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Ide pokok merupakan topik utama atau inti pembahasan dalam sebuah teks. Ide pokok inilah yang kemudian dikembangkan menjadi kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf yang memiliki kalimat utama di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sementara itu, paragraf yang memiliki kalimat utama berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Sebuah paragraf yang baik memiliki satu ide pokok. Ide pokok disebut juga gagasan utama, pikiran utama, atau pikiran pokok.

Contoh Soal UN 2019/2020

Berikut ini adalah beberapa contoh soal Ujian Nasional dengan indikator soal menentukan ide pokok teks. Adapun beberapa contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Cabai merupakan bumbu yang membuat masakan menjadi pedas. Namun, ternyata manfaat cabai tidak hanya sebagai bumbu. Cabai mengandung capsaicin yang di percaya oleh sekelompok ilmuwan, dapat menjadi obat kanker paru-paru. Berdasarkan bukti, capsaicin mampu menghentikan penyebaran melanoma, prostat, dan kanker saluran empedu. Namun, disamping khasiatnya, ternyata capsaicin juga memiliki dampak negatif seperti menyebabkan kemerahan pada kulit, mual, muntah, kram perut, dan diare.
Riset mengenai cabai ini berangkat dari hasil observasi mengenai kasus kanker paru-paru di beberapa negara. Ternyata, negara yang memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan pedas, seperti Thailand dan India cenderung memiliki kasus kanker paru-paru yang rendah.

1. Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut adalah ....
A. cabai mampu membuat masakan menjadi pedas
B. kandungan capsaicin dalam cabai dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, mual, muntah, kram perut, dan diare
C. cabai dapat digunakan untuk membuat masakan menjadi pedas dan tahan penyakit
D. cabai mengandung capsaicin yang mampu mengobati paru-paru

Pembahasan:
Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah cabai mengandung capsaicin yang mampu mengobati paru-paru. Ide pokok paragraf tersebut berada pada kalimat ketiga dan dijelaskan lagi oleh kalimat penjelas selanjutnya.

2. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. cabai merupakan bumbu yang membuat masakan menjadi pedas
B. cabai mengandung capsaicin yang dipercaya oleh sekelompok ilmuwan, dapat menjadi obat kanker paru-paru
C. namun, ternyata manfaat cabai tidak hanya sebagai bumbu
D. namun, disamping khasiatnya, ternyata capsaicin juga memiliki dampak negatif seperti menyebabkan kemerahan pada kulit, mual, muntah, kram perut, dan diare.

Pembahasan:
Kalimat utama paragraf teks tersebut adalah cabai mengandung capsaicin yang dipercaya oleh sekelompok ilmuwan, dapat menjadi obat kanker paru-paru. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau inti dari teks yang kemudian dijelaskan oleh kalimat penjelas.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
1) Berdasarkan data ScienceMag, jumlah produksi sampah plastik global sejak 1950 hingga 2015 cenderung menunjukkan peningkatan. 2) Pada 1950, produksi sampah dunia ada di angka 2 juta ton per tahun. 3) Sementara 65 tahun setelah itu, pada 2015, produksi sampah ada di angka 381 juta ton per tahun. 4) Angka ini meningkat lebih dari 190 kali lipat, dengan rata-rata peningkatan sebesar 5,8 ton per tahun.
Menurut Asoasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Sebanyak 3,2 juta ton dari sampah tersebut merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Sayangnya, sebagian besar sampah membutuhkan waktu lama untuk terurai dan akhirnya justru berujung di lautan. Sampah yang mencemari lautan dilansir dari berbagai sumber.

3. Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat utama paragraf teks tersebut adalah berdasarkan data ScienceMag, jumlah produksi sampah plastik global sejak 1950 hingga 2015 cenderung menunjukkan peningkatan. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau inti teks yang kemudian dijelaskan oleh kalimat penjelas.

4. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. sampah di Indonesia didominasi dengan sampah plastik
B. sampah plastik di Indonesia berasal dari berbagai sumber yang tidak jelas
C. sebagian sampah plastik di Indonesia dibuang ke laut
D. sebagian besar sampah plastik di Indonesia sengaja dibuang ke laut

Pembahasan:
Ide pokok teks tersebut adalah sebagian sampah plastik di Indonesia dibuang ke laut. Ide pokok tersebut terletak pada paragraf kedua kalimat pertama. Dan kemudian di jelaskan lagi oleh kalimat penjelas selanjutnya.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6.
1) Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing sebagai ciri-ciri budaya atau kearifan lokal. 2) Makanan khas biasanya hanya bisa ditemui di kota asalnya. 3) Namun, pada zaman sekarang sudah banyak pedagang makanan yang berjualan makanan khas kota lain di tempatnya. 4) Akan tetapi, kurang afdal rasanya bila belum merasakan makanan yang benar-benar berasal dari daerah itu sendiri.
5) Salah satu makanan khas  yang paling digemari banyak orang adalah masakan Jawa, yakni pecel. 6) Pecel adalah makanan sederhana yang terdiri dari sayur-sayuran rebus dan diberi sambal kacang. 7) Lebih enak bila menyantapnya dengan tempe dan tahu goreng beserta rempeyek. 8) Makanan khas ini banyak di jual dipinggir-pinggir jalan. 9) Bahkan, sudah banyak restoran ternama yang juga menyediakan makanan khas ini dalam menu andalan mereka.

5.  Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat utama paragraf tersebut adalah setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing sebagai ciri-ciri budaya atau kearifan lokal. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok atau inti teks yang kemudian di jelaskan lagi oleh kalimat penjelas selanjutnya.

6. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. pecel adalah salah satu makanan khas Jawa yang terdiri dari sayur-sayuran rebus dan sambal kacang yang banyak digemari orang
B. pecel adalah makanan khas Jawa yang dijual dipinggir-pinggir jalan, bahkan sampai restoran ternama
C. makanan khas pecel digemari banyak orang karena rasanya yang lezat dan harganya murah
D. makanan khas pecel adalah salah satu kearifan lokal yang berasal dari Jawa dan enak

Pembahasan:
Ide  pokok paragraf tersebut adalah pecel adalah salah satu makanan khas Jawa yang terdiri dari sayur-sayuran rebus dan sambal kacang yang banyak digemari orang. Ide pokok paragraf tersebut adalah terletak di paragraf kedua kalimat kedua. Dan kemudian dijelaskan lagi oleh kalimat penjelas selanjutnya.

7. Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup di putar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi
B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D. Cara melestarikan lingkungan yang baik

Pembahasan:
Ide pokok paragraf tersebut adalah Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi. Ide pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat pertama dalam paragraf. Dan kemudian dijelaskan lagi oleh kalimat penjelas selanjutnya.

8. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika diproduksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya
B. Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi
C. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail
D. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material

Pembahasan:
Ide pokok paragraf tersebut adalah Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Ide pokok paragraf tersebut terletak di kalimat pertama yang kemudian dijelaskan oleh kalimat penjelas selanjutnya.

9. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau-bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Ide pokok kutipan teks laporan tersebut adalah ....
A. Makanan burung merpati adalah biji-bijian
B. Burung merpati memiliki beragam jenis warna
C. Burung merpati memiliki sensor di hidungnya
D. Burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh

Pembahasan:
Ide pokok paragraf tersebut adalah Burung merpati memiliki beragam jenis warna. Ide pokok paragraf tersebut terletak di kalimat pertama dalam paragraf yang kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat penjelas selanjutnya.

10. Cermatilah kutipan teks laporan berikut
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran terdiri atas tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pengunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Taman Nasional Baluran terdiri atas beberapa tipe. 
B. Taman Nasional Baluran terletak di Pulau Jawa.
C. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan di pulau Jawa
D. Taman Nasional Baluran merupakan jenis hutan mangrove yang berada di Pulau Jawa.

Pembahasan:
Ide pokok paragraf tersebut adalah Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan di pulau Jawa. Ide pokok paragraf tersebut terletak di kalimat pertama dalam paragraf dan dijelaskan oleh kalimat penjelas selanjutnya.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!

  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online 



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks | Ujian Nasional 2019/2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer