Contoh Soal Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Jenis Teks (Ujian Nasional 2019/2020)

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi, soal, kuncu jawaban, dan pembahasan ujian nasional bahasa Indonesia kelas IX terbaru 2020. Adapun indikator soal kali ini adalah anak didik mampu menentukan perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru ujian nasional dengan indikator soal menentukan perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks. Dan semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam mengerjakan soal-soal ujian nasional yang di ujikan. 


Contoh Soal Penggunaan Bahasa dan Pola Penyajian Jenis Teks (Ujian Nasional 2019/2020)
www.searchpengertian.com

A. Materi UN 2019/2020

Penggunaan bahasa dan pola penyajian teks kadang-kadang berbeda. Beberapa jenis tekstersebut dapat dibandingkan dari segi penggunaan bahasa dan pola penyajiannya. Bahasa dalam teks laporan menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Penggunaan bahasa baku dalam teks laporan terdapat pada laporan hasil observasi dan teks berita. Akan tetapi, dalam teks laporan perjalanan dapat menggunakan bahasa baku dan bahasa tidak baku. Begitu pula jenis teks yang lain seperti teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, dan teks tanggapan kritis menggunakan bahasa baku.

Pola penyajian setiap teks dapat berbeda-beda. Sebagai contoh pola penyajian teks berita akan berbeda dengan pola penyajian teks laporan hasil pengamatan atau observasi. Pola penyajian teks berita dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan. Pola penyajian dalam teks laporan berupa pembuat laporan, objek yang diamati, waktu pengamatan, tempat pengamatan, tujuan pengamatan, dan hasil pengamatan.

B. Soal UN 2019/2020

1. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) sukses menerbangkan purwarupa pesawat pertama N219 untuk pertama kalinya dalam acara flight test di landadan pacu Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu, 16 Agustus 2017. Peristiwa serupa terjadi 22 tahun lalu saat perusahaan milik negara ini membuat pesawat N250.
Teks 2
Purwarupa pesawat pertama N219 dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) melakukan uji coba penerbangan perdana di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Rabu, 16 Agustus 2017. Uji coba penerbangan perdana pesawat tersebut dilakukan sekira pukul 09.10 WIB dan disaksikan langsung oleh kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin. Dengan terbang mengelilingi rute di kawasan Batujajar dan Waduk Saguling, Purwarupa pesawat pertama N219 diujicobakan.
Perbedaan  pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: diawali unsur siapa, diakhiri unsur apa; Teks 2: diawali unsur apa, diakhiri unsur bagaimana
B. Teks 1: diawali unsur apa, diakhiri unsur kapan; Teks 2: diawali unsur apa, diakhiri unsur apa
C. Teks 1: diawali unsur bagaimana, diakhiri unsur siapa; Teks 2: diawali unsur kapan, dan diakhiri unsur mengapa
D. Teks 1: diawali unsur di mana, diakhiri unsur mengapa; Teks 2: diawali unsur bagaimana, diakhiri unsur siapa

Jawaban: A
Kedua teks tersebut berbeda cara penyajiannya. Kedua teks tersebut termasuk teks berita. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H. Teks 1 diawali unsur berita siapa (PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) dan diahiri unsur berita apa (peristiwa serupa). Sementara itu, teks 2 diawali unsur berita apa (Purwarupa pesawat pertama N219) dan diakhiri unsur berita bagaimana (Dengan terbang mengelilingi). Jadi, perbedaan penyajian kedua teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban A.

2. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu (11/11). Dengan lontaran abu letusan hingga ketinggian 600 meter dari Kawah Tompaluan, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, meminta masyarakat sekitar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah tersebut untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.
Teks 2
Perjalan kami dari Kota Malang ke Gunungkidul diawali iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Aku sendiri heran, kenapa mesti ke Gunungkidul. itu kan jauh dari Malang. Padahal bisa aja hang out ke cafe sekitar Kota Malang, toh sama aja rasanya. Ternyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Gunungkidullah tempat kealamian masih ada. Natural dan indah. Gunungkidul merupakan kawasan karst dengan pantai-pantai indah yang masih alami.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: Efektif, Teks 2: Tidak Efektif
B. Teks 1: Baku, Teks 2: Tidak baku
C. Teks 1: Mudah dipahami. Teks 2: Berbelit-beli
D. Teks 1: Santai, Teks 2: Resmi

Jawaban: B
Bahasa dalam teks laporan menggunakan bahasa baku dan tidak baku. Teks 1 merupakan laporan pengamatan. Laporan tersebut menggunakan bahasa baku. Teks 2 merupakan laporan perjalanan. Teks tersebut menggunakan bahasa tidak baku. Perhatikan kata-kata aja, kenapa, mesti, dan toh. Jadi, jawaban yang paling tepat pada pilihan B.

3. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Pernah dengar kan wisata Gunung Bromo? Gak kebayang deh aku bakal wisata ke sana. Selama ini cuma ada di angan-anganku aja, pergi ke tempat yang tinggi dengan suhu udara dingin banget. Tempat yang katanya menjanjikan keindahan. Ya ...akhirnya aku pergi juga wisata ke sana, Gunung Bromo. Aku pergi ke sana bersama rombongan teman-teman dari Jogja.
Teks 2
Imran, Yogi, Syamsul, dan kawan-kawan pecinta alam akan pergi mengunjungi sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Merapi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka liburan sekolah. Kegiatan ini bukan hanya sekadar mengunjungi desa. Mereka akan melakukan kegiatan penyelamatan bumi. Rencananya, mereka juga akan melakukan kegiatan bersih lingkungan dan menanam pohon.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: tidak baku; Teks 2: baku
B. Teks 1: resmi; Teks 2: santai
C. Teks 1: mudah dipahami; Teks 2: berbelit-belit
D. Teks 1: efektif; Teks 2: tidak efektif

Jawaban: A
Bahasa yang digunakan pada teks 1 adalah bahasa tidak baku. Perhatikan kata gak kebayang deh, dingin banget, dan aja. Kata-kata tersebut termasuk dalam kata yang tidak baku. Sedangkan pada teks 2 menggunakan ragam bahasa baku. Jadi, jawaban yang paling tepat pertanyaan soal di atas adalah A.

4. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kasat lalu lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
Teks 2
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali mengapa
B. Teks 1: diawali siapa; Teks 2: diawali mengapa
C. Teks 1: diawali apa; Teks 2: diawali bagaimana
D. Teks 1: diawali mengapa; Teks 2: diawali bagaimana

Jawaban: B 
Kata tanya yang tepat untuk teks 1 adalah siapa. Dan kata tanya yan tepat untuk teks 2 adalah mengapa. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah B.

5. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Maman, pedagang bawang merah di Pasar Plered, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/5), mengatakan dirinya menjual bawang merah kepada konsumen hanya mengambil untuk Rp500,00 per kg. Merosotnya harga bawang di tingkat konsumen berkurang. "Jumlah pelanggan saya sekarang berkurang setengahnya sehingga bawang merah lama lakunya. Biasanya setiap hari bisa menghabiskan satu sampai tiga kuintal, tapi sekarang berkurang banyak," katanya.
Teks 2
"Harga bawang merah di Makassar turun menjadi Rp10.000,00 per kg dari sebelumnya Rp35.000,00 sampai Rp40.000,00 per kg. Hal ini dikarenakan petani sedang panen raya," kata Habib (45), petani di daerah Makassar, Senin (22/6).
Ia mengatakan bahwa dengan penurunan harga bawang merah tersebut, uang dari musim panen sekarang pupus. Harga bawang merah terus menurun.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: siapa, di mana, kapan, mengapa; Teks 2: mengapa, siapa, di mana, kapan
B. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: Mengapa, siapa, di mana, kapan
C. Teks 1: siapa, mengapa, di mana, kapan; Teks 2: di mana, siapa, kapan, mengapa
D. Teks 1: di mana, kapan, siapa, mengapa; Teks 2: di mana, mengapa, siapa, kapan

Jawaban: D
Kata tanya yang tepat untuk teks 1 adalah di mana, kapan, siapa, dan mengapa. Sedangkan  kata tanya yang tepat untuk teks 2 adalah di mana, mengapa, siapa, dan kapan. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah D.

6. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
Aku akan meninggalkan tempat itu dengan kedamaian hidup tanpa mengerjakan sesuatu pun. Aku telah mengenal kemalasan yang sesungguhnya. Dan, aku akan kembali ke rumahku yang dulu. Kebun di halaman depan tidak bisa kubayangkan lagi. Sekarang mungkin ibuku telah merombaknya.
Novel 2
Tiba-tiba seperti halilintar menggores langit, mengkilatlah suatu pikiran yang terang dan tegas dalam hati Hasan, seakan-akan sinar ilham yang terang benderang menyibakkan tabis gelap, terang sekali seakan-akan pikirannya.
Berpikirlah ia: Auah sudah tidak ada lagi. Tapi aku, Ibu Fatimah masih ada ....
Perbedaan sudut pandang kedua novel tersebut adalah ....
A. Novel 1: orang pertama pelaku utama; Novel 2: orang ketiga di luar cerita
B. Novel 1: orang pertama pelaku sampingan; Novel 2: orang ketiga dalam cerita
C. Novel 1: orang ketiga serba tahu; Novel 2: orang pertama pelaku utama
D. Novel 1: orang ketiga di luar cerita; Novel 2: orang pertama pelaku sampingan

Jawaban: A
Sudut pandang yang tepat untuk teks 1 adalah orang pertama pelaku utama. Sedangkan teks 2 sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga di luar cerita. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

7. Bacalah kedua teks berikut!
Teks Berita 1
Masyarakat Aceh kembali diliputi kepanikan Gempa berkekuatan 5,4 Skala Ricter (SR), menguncang kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Informasi yang diperoleh dari BMKG, gempa terjadi pada Sabtu, 29 Juni 2012, pukul 18.24 WIB. Gempa diperkirakan terjadi di titik koordinat 5,90 LU dan 92,690 BT. Pusat gempa terjadi di 290 km barat laut Sabang. 295 km barat laut Banda Aceh.
Teks Berita 2
Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Simeule, Provinsi Aceh. Gempa dipastikan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Berdasarkan informasi dari situs Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 00.07 WIB, Jumat, 12 Oktober 2012. Gempa berlokasi di titik koordinat 1,350 LU dan 92,120 BT dengan kedalaman 10 kilometer.
Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks berita 1, diawali kata tanya mengapa; Teks berita 2, diawali kata tanya apa
B. Teks berita 1, diawali kata tanya siapa; Teks berita 2, diawali kata tanya di mana
C. Teks berita 1 diawali kata tanya apa; Teks berita 2 diawali kata tanya bagaimana
D. Teks berita 1 diawali kata tanya siapa; Teks berita 2 diawali kata tanya mengapa

Jawaban: B
Meskipun mengandung informasi yang sama, penyajian berita setiap surat kabar berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W + 1H. Selain itu, pertanyaan yang akan diajukan yaitu berapa. Setiap kalimat berita merupaka jawaban atas satu pertanyaan. Teks berita 1 diawali unsur berita siapa (Masyarat Aceh). Sementara itu, teks berita 2 diawali unsur berita di mana (di Kabupaten Simeule). Jadi, perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah teks berita 1 diawali dengan kata tanya siapa dan teks berita 2 diawali kata tanya di mana.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020