Contoh Soal Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Istilah, Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam mencari referensi tentang contoh soal memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Contoh Soal Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Istilah, Kata, Kalimat, dan Ketidakpaduan Paragraf
 www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Perbaikan kesalahan penulisan istilah dan kata dilakukan dengan menggantinya dengan kata yang lain yang sesuai. Berkaitan dengan hal ini, kalian harus mengetahui makna kata dan fungsinya dalam konteks kalimat. Sementara itu, kesalahan penggunaan kalimat berkaitan dengan kepaduan sebuah gagasan utama di dalam teks. Perbaikan kesalahan kalimat dapat dilakukan dengan menghilangkan mengganti, atau memperbaiki kalimat yang tidak padu.

Contoh Soal UN 2019/2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bacalah teks berikut!
1) Warna biru pada langit terbentuk oleh perpaduan atmosfer dan cahaya matahari. 2) Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km. 3) Ketika cahaya matahari bertemu dengan medium lain seperti air atau cahaya maka warna-warna yang dihasilkan cahaya akan menyebar. 4) Penyebaran cahaya terjadi pada panjang gelombang warna terpendek, yaitu warna nila dan biru. 5) Namun, warna yang mudah tertangkap oleh mata manusia adalah warna biru. Sedangkan warna nila sudah terserap lapisan atas atmosfer.
Perbaikan paragraf tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Perbaikan paragraf tersebut supaya padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor 2). Kalimat 1), 3), 4), dan 5) menjelaskan tentang bagaimana warna langit bisa biru. Sementara itu, kalimat nomor 2) menjelaskan tentang atmosfer.

2. Bacalah teks berikut!
Susu adalah minuman yang sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Susu kaya akan nutrisi penting termasuk protein, kalsium, kalium, fosfor, yodium, serta vitamin B2 dan B12. Kandungan nutrisi pada susu menunjang perkembangan otak pada anak. Perkembangan otak pada anak sangat berpengaruh pada kemampuan rasionalnya. Maka dari itu, ibu hamil sangat disarankan untuk minum susu untuk perkembangan otak anak sejak dari janin.
Istilah yang tepat untuk menggantikan kata rasional pada kalimat tersebut adalah ....
A. kognitif
B. afektif
C. psikomotor
D. pengetahuan

Pembahasan:
Istilah yang tepat untuk menggantikan kata rasional pada teks tersebut adalah kognitif. Kemampuan yang berkaitan dengan otak adalah kemampuan tentang potensi intelektual pada anak yang disebut kemampuan kognitif.

3. Bacalah teks berikut!
1) Toleransi persaman gender yang dicetuskan leh R.A. Kartini menyebabkan banyak wanita yang bekerja pada zaman sekarang. 2) Kini, wanita tidak lagi hanya memiliki tugas mengurus rumah saja tapi juga bekerja sehingga dapat menghasilkan uang. 3) Wanita karier adalah sebutan untuk para wanita yang memutuskan untuk tetap memperjuangkan pekerjaannya. 4) Bagi wanita yang sudah menikah, bekerja bertujuan untuk membantu perekonomian keluarga yang merupakan tanggung jawab kepala keluarga.
Kalimat tidak padu pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah kalimat 3) karena kalimat 1), 2), dan 4) membahas tentang wanita zaman sekarang yang bekerja dan alasannya. Sementara itu, kalimat 3) menjelaskan pengertian dari wanita karier.

4. Cermati paragraf berikut!
(1) Perusahaan  merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang ataupun jasa. (2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. Sebagai sebuah organisasi, perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. (3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. (4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tercermin pada berbagai pelayan yang diberikan.
Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Pembahasan: 
Dalam kalimat nomor (3) paragraf tersebut terdapat penggunaan kata tidak baku. Kata tersebut adalah menejemen. Kata menejemen seharusnya diperbaiki menjadi manajemen. Sementara itu, kata bercetak miring lainnya sudah tepat digunakan dalam kalimat.

5. Cermati paragraf berikut!
(1) Potensi wilayah bahari telah menjadi penggerak ekonomi di Indonesia. (2) Penyebabnya adalah pariwisata telah mampu menggerakkan banyak sektor ekonomi lainnya. (3) Di sekitar tempat wisata biasanya sering selalu dibarengi dengan pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan. (4) Selain itu, berkembang pula industri jasa, seperti pemandu wisata, transportasi dan persewaan.
Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Pembahasan: 
Dalam kalimat nomor (3) paragraf tersebut terdapat penggunaan kalimat tidak efektif. Kalimat tersebut seharusnya diperbaiki menjadi Disekitar tempat wisata biasanya selalu dibarengi pertumbuhan industri perhotelan dan rumah makan.

6. Cermatilah  kalimat  berikut!
Badu harus bertalian  orang yang bersangkutan jika ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
Perbaikan kata tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. menghampiri, perselisihannya
B. berkaitan, pembahasannya
C. bersambung, perbincangannya
D. menghubungi, persoalannya

Pembahasan: 
Penggunaan kata bertalian dan perdebatannya dalam kalimat tersebut tidak tepat. Pilihan kata yang tepat untuk memperbaiki kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban D, yaitu menghubungi dan persoalannya.

7. Cermati kalimat berikut!
Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif.
Perbaikan tepat kalimat tidak efektif di atas adalah ....
A. Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
B. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar supaya dapat beraktivitas produktif
C. Setiap orang dianjurkan makan makanan yang cukup mengandung energi agar dapat beraktivitas produktif
D. Setiap orang dianjurkan mengomsumsi makan makanan yang cukup mengandung energi agar mereka dapat beraktivitas produktif

Pembahasan: 
Kalimat dalam soal tersebut tidak efektif. Ketidakefektifan tersebut karena penggunaan kata hubung agar dan supaya. Pemakaian gabungan kata hubung tersebut memiliki fungsi sama yaitu menandai ' tujuan' dan 'harapan'. Agar menjadi kalimat efektif salah satu kata hubung tersebut dihilangkan. Selain itu, pemakaian kata mengomsumsi dan makan memiliki arti sama. Oleh karena itu, salah satu kata tersebut harus dihilangkan. Jadi, perbaikan tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

8. Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya.
Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut karena ....
A.  kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat
B. kata tersebut tidak sesuai dengan KBBI
C. kata tersebut tidak baku
D. kata tersebut memiliki makna ambigu

Pembahasan: 
Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena penggunaan kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata sangsi seharusnya diganti kata sanksi. Kata sangsi memiliki arti keraguan, sedangkan sanksi memiliki arti hukuman. Jadi, alasan tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

9. Bacalah paragraf berikut!
Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat di manfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat diusahakan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja dan mendapatkan tambahan penghasilan.
Kata bercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. kalimat tersebut tidak baku
B. kalimat tersebut tidak efektif
C. kalimat tersebut tidak padu
D. kalimat tersebut tidak koheren

Pembahasan: 
Kalimat bercetak miring tersebut salah karena penggunaan kalimat tersebut tidak efektif. Kalimat tersebut seharusnya diperbaiki menjadi kalimat efektif. Perbaikan kalimat tersebut agar efektif adalah Salah satu bagian kelapa dapat dimanfaatkan adalah air kelapa.

10. Bacalah paragraf berikut!
Keberhasilan usaha tani tidak hanya dlihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkan dengan besarnya produksi persatuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.
Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....
A. penggunaan kalimat tidak efektif
B. penggunaan kalimat tidak baku
C. penggunaan kalimat berlebihan
D. penggunaan kalimat tidak baku

Pembahasan:
Paragraf tersebut memiliki kalimat tidak padu. Kalimat terakhir paragraf tersebut tidak menunjukkan kepaduan paragraf. Kalimat terakhir paragraf tidak berhubungan dengan kalimat-kalimat sebelumnya.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online di Link Berikut!