"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Jumat, 11 Oktober 2019

Contoh Soal dan Pembahasan Menentukan Bagian Teks | (Ujian Nasional 2019/2020)



Daftar Isi [Tampil]
UNBK Bahasa Indonesia | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh soal menentukan bagian teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas IX terbaru. Kali ini admin akan membagikan materi, contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasan ujian nasional dengan indikator soal yang diujikan adalah menentukan bagian teks. Moga-moga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia terbaru dan lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.

Contoh Soal dan Pembahasan Menentukan Bagian Teks | (Ujian Nasional 2019/2020)

Di bawah ini adalah materi, contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasan materi ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal menentukan bagian teks. Adapun materi dan contoh soal ujian nasional dengan indikator soal menentukan bagian teks dalam ujian nasional adalah sebagai berikut.

A. Ringkasan Materi UNBK

Di dalam bahasa Indonesia kalian mengenal beberapa jenis teks. Jenis-jenis teks tersebut antara lain teks laporan, teks eksposisi, teks ulasan, teks biografi, teks prosedur, teks tanggapan, teks laporan percobaan, teks puisi, teks fabel, teks imajinasi, teks cerpen, teks obsevasi, teks prosedur, dan masih banyak lagi. Teks-teks tersebut memiliki bagian-bagian masing-masing yang menjadikan sebagai ciri khas tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

1. Teks Laporan

Teks laporan adalah bentuk pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pembaca. Oleh karena itu, teks laporan dapat disamakan dengan teks observasi. Kegiatan observasi atau pengamatan pada dasarnya merupakan kegiatan sehari-hari yang sering kalian lakukan. Observasi dilakukan senggaja, runtut, sesuai dengan aspek-aspek tertentu, dan berdasarkan tujuan dengan lengkap mengenai detail-detail objek pengamatan. Hasil observasi ditulis dalam bentuk teks observasi. Jadi, teks hasil observasi adalah teks hasil pengamatan yang ditulis secara terperinci, sistematis,dan bersifat aktual.

2. Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Ekposisi juga berarti bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

3. Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai karya sastra. Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap isi karya sastra baik buku, cerpen, novel, film, drama, maupun puisi. Analisis atau tinjauan tersebut bertujuan mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya sastra tersebut. Hasil analisis tersebut ditujukan kepada pembaca atau khalayak ramai.

4. Teks Biografi

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau data kematian dan data pekerjaan seseorang. Dalam biografi dijelaskan secara lengkap kehidupan tokoh sejak kanak-kanak sampai tua, bahkan hingga tokoh tersebut meninggal. Semua jasa, karya, dan segala aspek yang dilakukan atau dihasilkan oleh seorang tokoh juga dijelaskan.

5. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Teks cerita prosedur adalah petunjuk yang berisi langkah-langkah dengan tujuan tertentu. Teks terdiri atas dua aspek yaitu bentuk dan isi. Bentuk teks dapat diidentifikasi berdasarkan strukturnya. Dengan demikian, struktur merupakan salah satu aspek penting suatu teks, khususnya teks prosedur.

6. Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam menganalisis masalah. Selain itu, ia harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai dengan alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.

B. Contoh Soal UN 2019/2020

Berikut ini adalah beberapa contoh soal UNBK dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX. Adapun indikator soal kali ini adalah menentukan bagian teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silakan kalian lihat contoh soalnya berikut ini.

1. Bacalah bagian teks berikut!
Golongan darah manusia terbagi menjadi 4 jenis, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda berdasarkan garis keturunannya. Seorang anak yang lahir memiliki dua kemungkinan anak itu memiliki golongan darah yang sama dengan ayahnya ataupun sama dengan ibunya. Penelitian telah membuktikan bahwa golongan darah secara genetik dapat mempengaruhi karakter seseorang diwariskan oleh orang tua kepada anaknya. Golongan darah anak bisa dijadikan media untuk mengenali kepribadian dan karakternya. Meskipun tiap anak dilahirkan dengan pembawaan yang baik, namun dalam perkembangannya ia juga memerlukan lingkungan yang baik juga agar terbentuk karakter yang sesuai dengan orang tuanya harapkan.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. kelebihan dan kelemahan
D. penutup

Jawaban : A
Kutipan tersebut tergolong teks ulasan. Kutipan teks ulasan tersebut berisi gambaran umum tentang golongan darah manusia yang dapat membedakan karakter seorang anak. Paragraf yang berisi tentang gambaran umum atau deskripsi secara singkat sebuah teks disebut pendahuluan. Jadi, pilihan jawaban yang sesuai adalah pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat. Sinopsis berisi pokok-pokok isi buku. Bagian kelebihan dan kelemahan berisi segi menarik dann kekurangan buku. Bagian penutup berisi simpulan karya tersebut.

2. Bacalah teks berikut!
Novel yang disajikan dengan bahasa cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga mereka dapat ikut merasakan kebahagiaan, semangat yang tidak biasa, dan kesedihan. Selain itu, novel ini memiliki lelucon -lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi cerdas dalam mengolah kata-kata memiliki wawasan sangat luas.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. pendahuluan
B. sinopsis buku
C. kelebihan
D. penutup

Jawaban: C
Kutipan tersebut termasuk teks ulasan. Kutipan teks ulasan tersebut berisi kelebihan novel yang ditulis oleh Andrea Hirata. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban C. Pilihan jawaban A, B, dan D tidak tepat. Bagian pendahuluan berisi gambaran umum tentang buku yang diulas. Bagian sinopsis buku berisi pokok-pokok isi buku. Bagian penutup berisi simpulan karya tersebut.

3. Paragraf eksposisi berikut yang berisi tesis/opini adalah ....
A. Pada masa perkembangan anak-anak mengalami masa transisi. Saat anak berusia 10-12 tahun mereka mengalami masa remaja. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Pada masa remaja ini mereka mengalami fase mencari identitas diri. Oleh karena itu, para remaja wajib mendapatkan pendidikan karakter sehingga mereka dapat mengarahkan diri pada kegiatan-kagiatan positif.
B. Pendidikan karakter akan membentuk remaja berprestasi. Mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh menjadi manusia yang peka terhadap lingkungan sosial dalam pendidikan karakter. Mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai.
C. Pendidikan karakter yang didapatkan remaja mengajari nilai suka bekerja keras, kreatif, dan mandiri. Selain itu, melalui pendidikan karakter, remaja ingin mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Nilai-nilai tersebut dapat membentuk remaja menjadi orang berprestasi.
D. Dengan demikian, nilai-nilai positif yang didapatkan para remaja dalam pendidikan karakter atau membentuk mreka menjadi remaja unggul. Mereka pasti mampu bersaing baik di tingkat internasional. Oleh karena itu, kita harus yakin bahwa remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh menjadi remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh menjadi remaja unggul dan membanggakan keran sehat secara fisik, srabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.

Jawaban: A
Paragraf berisi tesis/opini terdapat pada pilihan jawaban A. Paragraf pada pilihan jawaban A berisi opini penulis tentang kewajiban remaja mendapatkan pendidikan karakter. Paragraf pada pilihan jawaban B dan C berisi argumentasi. Paragraf pada pilihan jawaban D berisi penegasan ulang.

4. Bacalah teks berikut!
Setiap tokoh di film "3 Srikandi" mendapatkan porsi penceritaan yang berimbang, tidak ada yang benar-benar menonjol. Tokoh Yana sebagai tokoh yang paling senior dibandingkan dua rekannya berhasil menjadi kakak yang baik untuk adik-adiknya. Sebagai tokoh yang paling muda, tokoh Lilies yang usianya baru 21 tahun. Ini sering mencuri perhatian dengan sifat kekanakan, juga logatnya yang medok. Tokoh Lilies pula yang sering membawa nuansa komedi yang mengundang tawa penonton. Penonton akan diajak menikmati latar tahun 1980-an yang ditampilkan dalam film "3 Srikandi". Detail-detail, seperti barang-barang, kendaraan, dan pakaian benar-benar dipersiapkan dengan matang sehingga menyerupai keadaan zaman itu. Pengambilan sudut pandang gambar juga sangat mendukung nuansa klasik yang dibangun dalam film ini.
Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian ....
A. Orientasi
B. Tafsiran
C. Evaluasi
D. Rangkuman

Jawaban: B
Kutipan tersebut berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Pengulas film "3 Srikandi" menyebutkan kelebihan-kelebihan film. Pernyataan tersebut termasuk ke dalam bagian evaluasi dalam struktur teks ulasan. Bagian orientasi berisi pengenalan tentang gambaran detail mengenai sebuah karya yang akan diulas, keunikan, keunggulan, dan kualitas. Bagian rangkuman berisi simpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Bagian rangkuman juga memuat komentar penulis tentang kelayakan sebuah karya.

5. Paragraf biografi berikut yang berisi orientasi adalah ....
A. Agus Noor lahir pada tanggal 26 Juni 1968 di Tegal, Jawa Tengah. Setamat SMA, ia melanjutkan pendidikan di ASTI Yogyakarta. Di kota pelajar ia mulai aktif menulis cerpen dan esai. Selain itu, ia aktif di pers mahasiswa dan teater.
B. Sebagai seorang pengarang beraliran surealis, sejak awal masa kepengarangannya, Agus Noor cenderung menggunakan bentuk dongeng sebagai sarana untuk menanggapi realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Bentuk inilah yang kemudian memberikan kesempatan kepada Agus untuk menciptakan beragam kemungkinan dalam ceritanya.
C. Memorabilia adalah kumpulan cerpen pertama Agus Noor yang terdiri atas 15 cerpen. Meskipun masih bersifat individual, cerita dalam buku kumpulan cerpen ini merupakan tanggapan atas realitas sosial yang terjadi dalam masyarakat tempat si pengarang hidup. Dengan demikian, dunia kekerasan yang hadir dalam kumpulan cerpen ini dapat ditilik sebagai tanggapan si pengarang terhadap peristiwa reformasi tahun 1998.
D. Selain cerpen, Agus Noor menulis esai. Cerpen dan esainya pernah dipublikasikan di berbagai media lokal dan nasional, seperti Republika, Kompas, Kedaulatan Rakyat, Jawa Pos, dan majalah sastra Horison. Kini Agus Noor mengelola Jurnal Cerpen bersama Hudan Hidayat, Joni Ariadinata, dan Dorothea Rosa Herliany.

Jawaban: A
Struktur teks biografi yaitu orientasi, peristiwa/masalah, dan reorientasi. Bagian orientasi berisi penjelasan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Bagian peristiwa atau masalah berisi penjabaran peristiwa atau kejadian yang pernah dialami tokoh, termasuk di dalamnya memuat masalah yang pernah dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Dalam bagian ini juga diuraikan cerita yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh. Bagian reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam teks biografi tersebut.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal dan Pembahasan Menentukan Bagian Teks | (Ujian Nasional 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer