"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 28 Januari 2020

Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca UNBK 2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal menunjukkan kesalahan pengunaan ejaan dan tanda baca dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal menunjukkan kesalahan pengunaan ejaan dan tanda baca dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh soal menunjukkan kesalahan pengunaan ejaan dan tanda baca dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia.

Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca UNBK 2020
www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Ejaan dan tanda baca harus digunakan dengan tepat. Penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat telah diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Kesalahan penggunaan ejaan dapat disebabkan oleh hal berikut.
  1. Kesalahan penulisan huruf yang mencakup kesalahan penggunaan huruf kapital, huruf bercetak miring, huruf bercetak tebal, dan sebagainya.
  2. Kesalahan penulisan kata yang mencakup kesalahan penggunaan kata dasar, kata turunan, bentuk ulang, kata majemuk, akronim, lambang bilangan, kata ganti, dan sebagainya.
  3. Kesalahan pemakaian tanda baca yang meliputi kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, titik dua, tanda tanya, tanda seru, tanda hubung, dan sebagainya.

Contoh Soal UN 2019/2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal  menunjukkan kesalahan pengunaan ejaan dan tanda baca dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bacalah teks berikut!
1) Setiap tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia merayakan hari pendidikan nasional. 2) Peringatan ini biasa diselenggarakan di sekolah-sekolah seluruh penjuru Indonesia. 3) Berbagai lomba kependidikan dilaksanakan di berbagai daerah. 4) Perlombaan pun bermacam-macam, mulai dari perlombaan yang diadakan di lingkup sekolah hingga tingkat nasional.
Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor 1). Pada kalimat 1) terdapat penulisan kapital yang tidak tepat. Penulisan hari pendidikan nasional seharusnya Hari Pendidikan Nasional.

2. Bacalah kalimat berikut!
Berikan uang itu kepadanya, Rat! Dia bahkan lebih membutuhkan daripada kamu. Perintah Ibu.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. penggunaan tanda koma (,) sebelum kata sapaan
B. tanda seru (!) setelah sapaan Rat
C. penggunaan tanda titik (.) diakhir kalimat
D. tidak menggunakan tanda petik ("...") untuk kalimat langsung

Pembahasan:
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah tidak menggunakan tanda petik ("...") karena kalimat tersebut adalah kalimat langsung.

3. Bacalah teks berikut!
1) Dahulu, Sungai Begawan Solo adalah pusat peradaban manusia. Masyarakat pada zaman dahulu lebih memilih bertempat tinggal dekat denga sungai-sungai besar. 2) Hal ini disebabkan pada daerah dekat sungai terdapat banyak sumber air bersih. 3) Selain itu, yang ada di sekitar sungai bengawan solo juga lebih subur. 4) Oleh karena itulah masyarakat dapat bercocok tanam segala macam tumbuhan di sana.
Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor 3). Pada kalimat 3) terdapat kesalahan penulisan huruf kapital unsur nama geografi yang diikuti nama diri, yaitu penulisan sungai bengawan solo seharusnya ditulis Sungai Bengawan Solo.

4. Perhatikan paragraf berikut!
1) Dua ruas jalan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ambles akibat hujan lebat sejak selasa, 27 November 2018 siang. 2) Peristiwa ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Prasetyo Budi Widodo. 3) Berada di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Kalikesur dan Desa Windujaya, Kecematan Kedungbanteng. 4) Selain itu, titik ambles berada di ruas jalan desa yang masuk wilayah Desa Windujaya.
Kalimat yang tidak tepat dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Kalimat yang tidak tepat dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka 3). Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

5. Perhatikan kalimat berikut!
Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta- Solo - Semarang - Purwekerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah. Acara peresmian peluncuran kereta api tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Peluncuran dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga KA Joglosemarkerto.
Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah ....
A. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga.
B. Joglosemarkerto dilakukan peluncuran KA dengan prosesi pemecahan kendil dam pemotongan tali rangkaian bunga.
C. Dilakukan dengan peluncuran KA Joglosemarkerto prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga
D. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga dengan prosesi

Pembahasan:
Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah  Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

6. Perhatikan paragraf berikut!
Sampah menumpuk di sepanjang jalan Karang Satria, Desa Karang Satria, Desa Karang Satria, Kecematan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Warga RT. 006 setempat, Hasanah, mengatakan penumpukan sampah sudah lama terjadi dan belum pernah diangkut. Menurutnya, keberadaan sampah-sampah tersebut menimbulkan bau tidak sedap di lingkungan tempat tinggalnya. Hasanah berharap pemerintah setempat segera mengatasi masalah penumpukan sampah tersebut. Pemerintah telah menindak tegas para pembuang sampah sembarangan.
Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. penggunaan kalimat tidak baku
B. penggunaan kalimat tidak efektif
C. penggunaan kalimat tidak padu
D. penggunaan kalimat berlebihan

Pembahasan:
Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena penggunaan kalimat tidak padu. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

7. Perhatikan paragraf berikut!
Kacang kedelai secara alami mengandung banyak asam lemak, protein, vitamin dan mineral. Nutrisi-nutrisi ini memberikan energi dan membantu menjaga tubuh agar berfungsi optimal. Salah satu manfaat susu kedelai dapat mencegah osteoporosis untuk meningkatkan daya serap kalsium. Kedelai dapat mengandung beragam mikronutrium yang potensial menjaga kesehatan mental.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut agar menjadi padu adalah ....
A. Salah satu manfaat susu kedelai berkaitan dengan asam lemak omega -3 dan omega -6 untuk kebutuhan pembuluh darah
B. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu memiliki kandungan gula yang lebih rendah untuk penurunan berat badan
C. Salah satu manfaat susu kedelai menghambat perkembangan diabetes tipe 2 yang mengandung mikronutrien
D. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu membantu mengurangi risiko terkena tekanan mental

Pembahasan:
Perbaikan kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut agar menjadi padu adalah Salah satu manfaat susu kedelai yaitu membantu mengurangi risiko terkena tekanan mental. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

8. Bacalah paragraf berikut!
Matcha dan sencha merupakan dua jenis teh hijau ocha yang cukup populer di Jepang. Matcha merupakan bubuk ocha yang dibuat dengan teknik tertentu menggunakan batu. Dahulu Matcha dikonsumsi ketika upacara minum teh. Namun, kini matcah sudah menjadi bagian hidup sehari-hari. Selain diminum dalam bentuk teh, matcha bisa ditemukan dalam es krim, kue, dan masakan lainnya. Sencha adalah varian yang paling banyak diproduksi di Jepang. Sencha memiliki rasa sepat karena mengandung banyak chatecin, tetapi orang-orang Jepang merasa mengonsumsi sencha menjadi lebih segar. Ocha dibudidayakan dengan cara menutup kawasan perkebunan teh menggunakan terpal agar tidak terkena sinar matahari.
Kalimat terakhir pada paragraf tersebut terdapat kesalahan karena penggunaan ....
A. kalimat tidak efektif
B. kalimat tidak padu
C. kalimat berlebihan
D. kalimat ambigu

Pembahasan:
Kalimat terakhir pada paragraf tersebut terdapat kesalahan karena penggunaan kalimat tidak padu. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

9. Orang-orang film Indonesia memiliki potensial membuat film. Para sineas muda di negeri ini berpeluang besar membuat film-film alternatif yang cukup fenomena.
Perbaikan kata bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah ....
A. film, potensi, fenomenal
B. perfilman, potensi, fenomenal
C. perfilman, berpotensi, fenomenal
D. perfilman, potensi, fenomena

Pembahasan:
Perbaikan kata bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah perfilman, potensi, dan fenomenal. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Cermatilah teks laporan berikut untuk soal nomor 10 dan 11!
Puluhan ribu para transmigran yang tinggal di berbagai wilayah Kalimantan Selatan berbeda-beda nasibnya. Ada yang sukses, tetapi tidak sedikit yang gagal. Di antara mereka yang gagal, ada yang tetap bersabar sambil berusaha lebih keras memperbaiki kehidupan mereka. Bagi yang tidak mau bersabar, banyak yang kembali ke Jawa walaupun mereka tidak memiliki apa-apa lagi di daerah asalnya.

10. Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat pertama teks laporan tersebut adalah ....
A. kata "berbeda-beda" seharusnya ditulis "berbeda
B. penggunaan kata "para" yang mubazir
C. kata "puluhan ribu" seharusnya di hilangkan
D. kata "tetapi" seharusnya diganti "namun"

Pembahasan:
Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat pertama teks laporan tersebut adalah penggunaan kata "para" yang mubazir. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

11. Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut adalah ....
A. kata "kembali" seharusnya diganti pulang
B.  kata "walaupun" seharusnya diganti "meskipun"
C. kata "kembali" seharusnya diganti "dikembalikan"
D. kata "asalnya" seharusnya diganti "asal mereka"

Pembahasan:
Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut adalah kata "walaupun" seharusnya diganti "meskipun". Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

12. Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Novel Laskar Pelangi karya Andra Hirata merupakan novel favorit pilihan pembaca
B. Api yang membakar hutan Gunung Lawu mendekati permukiman warga sekitar
C. SMP Insan Cendikia membentuk panitia untuk memperingati Hari Anti Narkoba
D. Festival Nasional Seni Pertunjukkan 2015 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII.

Pembahasan:
Penggunaan ejaan yang tidak tepat terdapat pada kalimat Festival Nasional Seni Pertunjukkan 2015 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

13. Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Intan bertanya, "Siapakah yang akan mewakili lomba cerdas cermat se-Yogyakarta?
B. Wawan menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya
C. Paman menasihati anaknya, "Bekerjalah dengan rajin di negeri orang, Nak!"
D. Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku sombong kepada siapapun

Pembahasan:
Pemakaian tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat Wawan menyelesaikan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

14. Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada kalimat ....
A. Novel Athirah merupakan novel biografi ibunda Wakil Presiden Jussuf Kalla
B. Dari kejauhan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu terlihat sangat indah
C. Upacara peringatan hari ABRI dipimpin oleh Mayor Surya Haryaka
D. Pameran lukisan digelar di gedung bentara budaya, Yogyakarta

Pembahasan:
Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada kalimat Pameran lukisan digelar di gedung bentara budaya, Yogyakarta. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

15. Perhatikan kalimat berikut!
Harimau sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di pulau sumatra.
Penggunaan tepat penulisan huruf kapital kalimat tersebut adalah ....
A. Harimau sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra
B. Harimau sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di Pulau sumatra
C. Harimau Sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di pulau Sumatra
D. Harimau Sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra

Pembahasan:
Penggunaan tepat penulisan huruf kapital kalimat tersebut adalah Harimau sumatra termasuk satwa langka yang hanya ditemukan di Pulau Sumatra. Jadi, pilihan jawaban yang adalah A.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!

  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks

Buka Soal Online di Link Berikut!



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menunjukkan Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca UNBK 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer