"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 23 Januari 2020

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Teks | Ujian Nasional SMP/MTs 2020



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia indikator soal menyimpulkan isi teks. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal menyimpulkan isi teks. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami dan mengerjakan contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia indikator soal menyimpulkan isi teks.

Contoh Soal Menyimpulkan Isi Teks | Ujian Nasional SMP/MTs 2020
www.searchpengertian.com

Ringkasan Materi UN 2019/2020

Menyimpulkan isi teks adalah menyatukan pendapat berdasarkan hal-hal yang diuraikan di dalam teks. Simpulan teks dinyatakan berupa pendapat akhir yang berisi informasi teks secara lengkap. Kegiatan menyimpulkan isi teks dilakukan dengan merangkai seluruh informasi penting menjadi pernyataan yang singkat dan padat. Dalam hal ini, kalimat utama merupakan bagian yang harus dicermati karena mengandung informasi utama. Namun, perlu diperhatikan bahwa kalimat utama bukanlah rumusan kalimat simpulan.

Contoh Soal UN 2019/2020

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal anak didik mampu menyimpulkan isi teks yang disajikan dalam soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.
Adanya larangan merokok sambil berkendara kembali diperbincangkan. Hal ini terkait dengan adanya Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. Menindaklanjuti hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan razia. Hasilnya, ratusan pengendara roda dua terkena tilang karena berkendara sambil merokok.
Peraturan ini sangat baik. Bahkan, akan semakin baik jika diberlakukan juga pada semua pengemudi kendaraan bermotor. Hal tersebut disampaikan pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu. Aktivitas merokok memang dianggap dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Hal ini dikhawatirkan dapat menjadi penyebab bertambahnya kecelakaan di jalan. Sesuai pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009, pengendara yang melanggar ketentuan larangan merokok akan dikenakan denda Rp750.000 atau kurungan paling lama tiga bulan.

1. Mengapa merokok sambil berkendara dilarang?
A. karena larangan merokok sambil berkendara kembali diperbincangkan
B. karena Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan penindakan
C. karena aktivitas merokok dianggap mampu mengganggu konsentrasi berkendara, sehingga peluang terjadinya kecelakaan di jalan menjadi lebih besar
D. karena dikenakan dengan Rp750.000 atau kurungan paling lama tiga bulan

Pembahasan:
Merokok sambil berkendara dilarang karena aktivitas merokok dianggap mampu mengganggu konsentrasi berkendara, sehingga peluang terjadinya kecelakaan di jalan menjadi lebih besar. Hal ini dijelaskan pada paragraf kedua kalimat ketiga dan keempat.

2. Simpulan yang tepat paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor
B. Larangan merokok sambil berkendara berfokus pada kendaraan roda dua sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.
C. Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, pengendara mobil boleh berkendara sambil merokok
D. Berkendara sambil merokok diperbolehkan untuk semua pengendara, asal tidak melanggar Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Pembahasan:
Paragraf pertama menjelaskan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. Hal ini dijelaskan pada kalimat kedua sebagai kalimat utama dan dijelaskan oleh kalimat-kalimat berikutnya sebagai kalimat penjelas.

3. Simpulan paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. Aktivitas merokok yang dianggap mengganggu saat berkendara tidak akan dikenakan denda, karena pengendara yang mampu merokok pasti sudah ahli berkendara
B. Peluang terjadinya kecelakaan di jalan menjadi lebih kecil jika berkendara sambil merokok
C. Aktivitas merokok dianggap mampu mengganggu konsentrasi berkendara, sehingga peluang terjadinya kecelakaan di jalan menjadi lebih besar.
D. Pengendara yang melanggar ketentuan larangan merokok akan dikenakan denda Rp750.000 atau kurungan paling lama 3 bulan sesuai yang diatur dalam Pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009.

Pembahasan:
Simpulan yang tepat paragraf kedua teks tersebut adalah Aktivitas merokok dianggap mampu mengganggu konsentrasi berkendara, sehingga peluang terjadinya kecelakaan di jalan menjadi lebih besar. Simpulan tersebut terdapat pada kalimat keempat dan kelima paragraf kedua.

4. Perhatikan kutipan teks berikut!
Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan pandai mengolah bahasa
C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
D. Wartawan pintar memanipulasi bahasa

Pembahasan:
Simpulan yang tepat paragraf tersebut adalah Wartawan harus terampil mengolah bahasa. Simpulan tersebut terdapat pada kalimat kalimat kedua dalam paragraf tersebut. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

5. Perhatikan kutipan teks berikut!
Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilakukan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan aparat penegak hukum. Demonstrasi memang tergolong penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Aparat penegak hukum tidak boleh melakukan kekerasan
B. Buruh harus melakukan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

Pembahasan:
Simpulan paragaf tersebut yang tepat adalah Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan. Simpulan paragraf tersebut terdapat dalam kalimat kalimat terakhir dalam paragraf. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

6. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan lainnya. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Simpulan isi bacaan tersebut adalah ....
A. Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai sebagai sumber kehidupan sebagian manusia
D. Bendungan bermanfaat bagi kelangsungan hidup

Pembahasan:
Simpulan tepat paragraf tersebut adalah Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Simpulan paragraf tersebut terletak di kalimat pertama dalam paragraf tersebut. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah A.

7. Perhatikan kutipan teks berikut!
Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam acara itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin acara tersebut.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menunda wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

Pembahasan:
Simpulan yang tepat teks tersebut adalah Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN. Simpulan paragraf tersebut terletak di kalimat kesatu atau kalimat pertama dalam paragraf tersebut di atas. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

8. Cermatilah kutipan teks laporan berikut dengan saksama!
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial.
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.
C. ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan
D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.

Pembahasan:
Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan. Simpulan paragraf tersebut terdapat dalam kalimat pertama dalam paragraf. Jadi, pilihan jawaban yang tepat isi teks tersebut adalah C.

9. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut dengan saksama!
Semburan lumpur Lapindo sangat berdampak kepada dunia usaha. Para pelaku usaha di Jawa Timur terus berupaya melakukan terobosan untuk menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo itu. Usaha ini ditempuh untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan mereka.
Umumnya pelaku usaha ini merelokasi usaha mereka ke beberapa daerah seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta.
Selain agar usaha mereka tetap eksis, para pengusaha ini sekaligus bertujuan mendekatkan barang-barang hasil produksi mereka dengan para pembeli.

Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah ....
A. langkah yang dilakukan pengusaha di Jatim untuk mempertahankan usanya.
B. upaya yang dilakukan pelaku usaha di Jawa Timur dalam rangka mendekati pembeli barang-barang hasil produksi mereka.
C. upaya pengusaha di Porong dalam merelokasi usahanya ke beberapa daerah yang jauh dari pusat semburan lumpur panas
D. langkah para pengusaha di Jatim untuk menghindari dampak semburan lumpur

Pembahasan:
Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah langkah para pengusaha di Jatim untuk menghindari dampak semburan lumpur. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

10. Cermatilah teks prosedur berikut dengan saksama!
Setelah membaca sebuah cerpen yang dibagikan oleh guru di kelas, biasanya Anda diminta untuk menceritakan kembali isi cerpen secara lisan dengan menggunakan kalimat/kata-kata Anda sendiri. Bagaimana caranya?
Berikut langkah-langkahnya:
1. Cermatilah cerpen tersebut dengan saksama.
2. Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3. Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4. Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Dengan melakukan empat langkah itu maka kita bisa memahami isi cerpen.
B. Menceritakan kembali cerpen yang telah dibaca tidak sulit
C. Keempat langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup sistematis.
D. Langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup praktis

Pembahasan:
Simpulan is teks yang tepat paragraf tersebut adalah Menceritakan kembali cerpen yang telah dibaca tidak sulit. Simpulan isi teks tersebut terdapat pada kalimat pertama dalam paragraf. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

11. Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut dengan saksama!
Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesulitan menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas karena becak tidak teregistrasi. Namun, pihak terkait, seperti kepolisian dan Dishub harus segera mengatasi persoalan itu. Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengemudi becak itu sangat berbahaya, baik bagi mereka sendiri maupun pengguna jalan lain.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Para pengemudi becak harus diberi pemahaman tentang tertip berlalu lintas.
B. Jika karena tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas
C. Harus ada pembicaraan dua arah, antara organisasi atau perkumpulan pengemudi becak dan pihak-pihak terkait.
D.Pengemudi becak juga harus diperlakukan sama para pengemudi kendaraan yang lain, jangan ada anak emas dalam penertiban berlalu lintas

Pembahasan:
Simpulan isi teks tersebut adalah Jika karena tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas. Simpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama dalam paragraf. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

12. Perhatikan teks berikut!
Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak brtanggung jawab.
B. Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak penuh
C. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
D. Bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan, hutan akan habis.

Pembahasan:
Simpulan isi paragraf tersebut yang tepat adalah Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak penuh. Jadi, pilihan jawaban yang paling tepat adalah B.

Buka Soal Lainnya di Link Berikut!


  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menyimpulkan Isi Teks | Ujian Nasional SMP/MTs 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer