"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 12 Oktober 2019

Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro dan Kontra (Ujian Nasional 2019/2020)



Daftar Isi [Tampil]
UNBK Bahasa Indonesia | Selamat datang di search pengertian. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal Ujian Nasional (UN) bahasa Indonesia kelas IX dengan indikator soal yang diujikan adalah siswa mampu menentukan simpulan pendapat pro dan kontra dalam sebuah teks. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar ujian nasional bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami soal menentukan simpulan pendapat pro dan kontra.

Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro dan Kontra (Ujian Nasional 2019/2020)

Berikut ini adalah ringkasan materi lengkap dengan contoh soal, kunci jawaban, dan pembahasan ujian nasional bahasa Indonesia dengan indikator soal simpulan pendapat pro dan kontra dalam sebuah teks. Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak penjelasannya di bawah ini. 

A. Ringkasan Materi

Teks tanggapan kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap suatu masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam dalam menganalisis masalah. Selain itu, ia juga harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas. Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan.

B. Contoh Soal UN 2019/2020

1. Bacalah ilustrasi berikut!
Pasar makanan luar negeri mengancam keberadaan makanan tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran makanan ala luar negeri lebih menarik. Makanan tradisional kalah bersaing dengan makanan cepat saji ala luar negeri. Makanan tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Makanan tradisional tanpa bahan pengawet. Makanan tradisional lebih sehat daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Sebaliknya, makanan cepat saji ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Makanan tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada makanan cepat saji ala luar negeri. Bahannya pun mudah diperoleh.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju mengonsumsi makanan tradisional karena dikemas menarik dan mudah didapatkan di toko-toko.
B. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena tidak perlu repot membuat sendiri.
C. Saya lebih suka mengonsumsi makanan cepat saji ala luar negeri karena kemasannya lebih menarik dan bergengsi.
D. Saya lebih suka mengonsumsi makanan tradisional karena tanpa bahan pengawet dan lebih menyehatkan.

Jawaban: D
Tanggapan positif terdapat pada pilihan jawaban D. Kalimat tanggapan positif pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan ilustrasi tersebut.

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan mereka sesuai perkembangan zaman. Menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia cenderung mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya timur. Bagi mereka berpakaian bukan untuk melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan untuk tujuan status sosial dan identitas.
Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Menurut saya, remaja Indonesia dalam berpakaian sudah melupakan budaya timur.
B. Menurut saya, remaja Indonesia saat ini suka memburu pakaian impor untuk penampilannya.
C. Menurut saya, berpakaian modern sangat cocok untuk remaja Indonesia masa kini.
D. Menurut saya, berpakaian modern merupakan salah satu bentuk pemborosan.

Jawaban: A
Tanggapan negatif berisi keprihatinan dan penolakan. Tanggapan negatif terhadap teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban A. Kalimat tanggapan pada jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan isi teks.

3. Bacalah ilustrasi berikut!
Dalam seminggu remaja bisa pergi ke mal tiga sampai empat kali. Di mal mereka hanya makan di restoran, nongkrong di kafe, dan cuci mata di pusat perbelanjaan. Para remaja terkadang mampir berbelanja walaupun barang yang dibeli tidak penting. Banyak remaja terjebak dalam kebiasaan mereka hanya mengandalkan gengsi.
Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Menurut saya, para remaja sering pergi ke mal agar dapat mengetahui perkembangan mode
B. Menurut saya, kebiasaan para remaja pergi ke mal akan mengakibatkan mereka menjadi konsumtif
C. Menurut saya, para remaja telah terjebak dalam kebiasaan sering pergi ke mal untuk keperluan tidak penting
D. Menurut saya, kebiasaan remaja sering berkunjung ke mal akan berdampak pada perilaku sehari-hari

Jawaban: C
Kalimat tanggapan pada teks di atas yang tepat adalah C. Yaitu menurut sayam para remaja telah terjebak dalam kebiasaan sering pergi ke mal untuk keperluan tidak penting.

4. Bacalah ilustrasi berikut!
Gaya hidup saat ini kebanyakan mengedepankan kecepatan dan serba instan. Gaya hidup ini memang tidak akan berdampak buruk dalam waktu dekat. Dalam jangka panjang gaya hidup ini akan berdampak buruk.
Keterbatasan informasi menyebabkan banyak orang enggan beralih ke gaya hidup organik. Selama ini masyarakat mengetahui bahwa makanan organik di jual dengan harga lebih mahal. Oleh sebab itu, belum banyak warga masyarakat menerapkan gaya hidup organik dalam kehidupan sehari-hari.
Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Saya setuju karena makanan instan lebih praktis dan cepat. Makanan instan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dalam waktu dekat
B. Saya setuju dengan makanan instan karena karena mudah di dapat. Masyarakat pun lebih menyukai makanan instan
C. Saya setuju masyarakat saat ini lebih menyukai gaya hidup serba instan. Selain lebih cepat saji, makanan instan juga lebih murah
D. Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik. Harga makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan.

Jawaban: D
Pilihan jawaban yang paling tepat tentang tanggapan positif dalam teks tersebut adalah D. Yaitu Saya setuju masyarakat mulai bergaya hidup sehat dengan makanan organik. Harga makanan organik memang lebih mahal, tetapi dampaknya sangat baik untuk kesehatan.

5. Bacalah ilustrasi berikut!
Kegiatan mudik adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Mudik dianggap sebagai kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Dengan mudik, seorang perantau dapat kembali bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun, bagi beberapa orang, mudik dianggap dapat menyebabkan beberapa kerugian, seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
Tanggapan positif dari ilustrasi tersebut adalah ....
A. Seharusnya, pemudik berhati-hati agar selamat sampai kampung halaman dan dapat bersilaturahmi dengan keluarganya
B. Seharusnya, mudik pada hari Lebaran tidak perlu dilakukan karena pada zaman modern ini sudah ada handphone untuk berkirim kabar
C. Kegiatan mudik perlu dilestarikan karena dapat menjadi agenda tahunan yang menjadi salah satu ciri khas masyarakat Indonesia
D. Seharusnya, Pemerintah dapat mengatasi kemacetan yang ditimbulkan akibat kegiatan mudik menjelang hari raya Lebaran.

Jawaban: A
Paragraf tersebut menjelaskan tentang kegiatan mudik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tanggapan positif sesuai dengan isi paragraf ditunjukkan oleh kalimat pada pilihan jawaban A. Tanggapan positif tersebut mengingatkan para pemudik untuk berhati-hati agar selamat sampai di kampung halaman.

6. Bacalah teks berikut!
Kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 Player, bisa membuat telinga kita cedera. Hal tersebut terjadi jika kita terlalu sering memakai earphone atau headphone bervolume tinggi. Bertdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga. Kemungkinan terbesar kerusakan tersebut terjadi pada usia muda.
Kalimat tanggapan negatif berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik akan lebih baik. Sambil mendengarkan musik, kita dapat melakukan pekerjaan dengan penuh semangat
B. Menurut saya, terlalu sering menggunakan headphone akan mengakibatkan seseorang menjadi tidak peduli terhadap orang lain
C. Menurut saya, menggunakan headphone untuk mendengarkan musik tidak masalah asalkan dengan volume kecil. Menggunakan headphone dapat menghibur diri
D. Menurut saya, menggunakan headphone dalam jangka panjang dapat merusak pendengaran secara permanen. Sebaiknya pemakaian headphone dihindari.

Jawaban: D
Jawaban yang paling tepat tentang kalimat tanggapan negatif adalah pilihan jawaban D. Adapun contoh kalimat tanggapan negatif adalah menurut saya, menggunakan headphone dalam jangka panjang dapat merusak pendengaran secara permanen. Sebaiknya pemakaian headphone dihindari.

7. Bacalah ilustrasi berikut!
Narkoba menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia. Peredaran narkoba di Indonesia semakin lama semakin marak. 1) Oleh karena itu, ada kebijakan dari Pemerintah memberlakukan hukuman mati bagi bandar narkoba. 2) Kebijakan tersebut mendapat pro dan kontra dari masyarakat. 3) Masyarakat yang pro dengan kebijakan tersebut berpendapat hukuman mati akan membuat jera bandar narkoba. 4) Pada lain sisi, masyarakat yang kontra terhadap kebijakan tersebut berpendapat hukuman mati merupakan hukuman yang merendahkan martabat manusia dan bertentangan dengan hak asasi manusia.
Kalimat ketidaksetujuan ditunjukkan oleh kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: D
Kalimat ketidaksetujuan ditunjukkan oleh kalimat berangka 4). Kalimat tersebut menunjukkan tanggapan kontra terhadap kebijakan hukuman mati kepada bandar narkoba.

>> Pelajari Juga Indikator Soal:
  1. Menentukan alasan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  3. Menggunakan ejaan dan tanda baca pada teks
  4. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  5. Menentukan alasan kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  6. Memperbaiki kesalahan penggunaan istilah, kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  7. Menggunakan konjungsi yang tepat dalam kalimat
  8. Menggunakan kata bentukan
  9. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata dan kalimat
  10. Mengubah teks kebentuk lain
  11. Menulis dengan ilustrasi tertentu
  12. Memvariasikan kata dan kalimat sesuai konteks
  13. Melengkapi paragraf atau bagian teks
  14. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  15. Melengkapi kalimat dengan istilah/kata
  16. Mengomentasi unsur intrinsik karya sastra
  17. Menunjukkan bukti latar dan watak
  18. Mengomentari isi teks 
  19. Menyimpulkan isi teks
  20. Menentukan ide pokok teks 
  21. Perbandingan pola pengembangan dan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  22. Simpulan sebab/akibat dalam cerpen dan fabel
  23. Simpulan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  24. Bagian cerpen/fabel dan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  25. Perbandingan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa teks
  26. Makna kata dan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  27. Keunggulan/kelemahan karya sastra dan nonsastra
  28. Ringkasan isi teks
  29. Penggunaan bahasa dan pola penyajian jenis teks
  30. Rangkuman/ringkasan isi teks
  31. Simpulan pendapat pro dan kontra
  32. Gagasan utama, kalimat utama, dan simpulan teks
  33. Menentukan bagian teks
  34. Menentukan informasi tersurat teks
  35. Menentukan makna kata/kalimat dalam teks
  >> Ayo berlatih soal online di link berikut!
>> Soal Online UN 2019/2020


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro dan Kontra (Ujian Nasional 2019/2020)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer