"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 31 Agustus 2020

Kumpulan PPT Seni Budaya SMP Kelas IX Revisi Terbaru Kurikulum 2013



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran seni budaya dalam mencari referensi tentang media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal.

Kumpulan PPT Seni Budaya SMP Kelas IX Revisi Terbaru Kurikulum 2013

Kata Pengantar

Semoga media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok tentang seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal yang diajarkan.

Kiranya media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar baik dalam jaringan ataupun pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Adapun media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal yang admin bagikan kali ini diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar anak didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dibawakan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Berikut ini admin akan menjelaskan seputar pengertian, sejarah, fungsi, kekurangan dan kelebihan microsoft powerpoint yang perlu Bapak dan Ibu Guru ketahui saat ini. Adapun  pengertian, sejarah, fungsi, kekurangan dan kelebihan microsoft powerpoint antara lain sebagai berikut.

Pengertian PowerPoint

Microsoft PowerPoint merupakan sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan baik itu pelajar, perkantoran, bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran PowerPoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template atau desain juga akan mempercantik sebuah presentasi PowerPoint.

Sejarah PowerPoint

PowerPoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu PowerPoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (Over Head Projector).

Di tahun berikutnya, muicrosoft PowerPoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh berwarna muncul dipasaran. Pada tanggal 31 Juli 1987, microsoft mengakusisi Forethought.Inc dengan PowerPoint seharga 14 juta dollar. Mengikuti microsoft windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft PowerPoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition. Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya.

Versi terbaru dari Ms. PowerPoint adalah Microsoft PowerPoint (versi 15) yang dirilis buka Januari 2015. Dalam microsoft PowerPoint 2013 ini, antar muka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan sehingga microsoft PowerPoint lebih menarik dan userfriendly. Versi ini juga menawarkan format data XML degan ekstensi. pptx yang sebelumnya merupakan data biner dengan ekstensi. ppt.

Fungsi Microsoft PowerPoint

  1. Mempermudah dalam membuat, mengatur, dan mencetak berbagai slide.
  2. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan istimewa dengan dukungan fitur audio, video, gambar, dan animasi serta template dan desain yang akan dipergunakan.
  4. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  5. Membuat penggunanya lebih percaya diri dan lebih profesional dalam membawakan hasil presentasinya.
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Microsoft PowerPoint. Adapu kelebihan dan kekurangan dari Microsoft PowerPoint tersebut adalah sebagai berikut.

Kelebihan Microsoft PowerPoint

Di bawah ini adalah 7 (tujuh) kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint. Adapun kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Membuat Slide Presentasi

Microsoft PowerPoint memudahkan seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama memakai alat bantu seperti screen projector. Dengan software tersebut, Bapak Ibu Guru bisa menyiapkan slide pembelajaran yang berkualitas.

2. Fitur Authoring Advanced

Microsoft PowerPoint menawarkan berbagai solusi untuk memproteksi dokumen dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yakni dengan fitur authorisasi. Pengguna bisa menandai, memberi kata sandi dan sampai mengenkripsi file yang telah dibuat menggunakan aplikasi tersebut.

3. Fitur Cloud Service

Saat ini, microsoft sedang gencar-gencarnya berupaya memperkenalkan produk mereka, yakni One Cloud Service. Tak mau kalah dari kompetitornya, seperti Dropbox dan Google. Microsoft pun senggaja menyematkan embedded service dari program tersebut ke Microsoft PowerPoint dengan menyediakan opsi save to one cloud dan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum pengguna menaruhnya ke local strorage.

4. Memiliki Fitur Kolaborasi

SoftwarePowerPoint mempunyai fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang bisa mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

5. Dapat Diexport ke PDF

Ketika hendak mempresentasikan materi, tentu kita memberikan selebaran atau pegangan pada para siswa atau audience supaya mereka memahami point-point yang sedang dibahas. Tapi, kadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak bisa dibuka. Dengan fitur ini, setiap audience dapat melihat dokumen yang dibagikan. Di samping itu, fitur export file ke PDF sangat berguna bila kita akan memprint slide. Apalagi format PDF telah disupport oleh berbagai form, sehingga kita bisa mencetaknya melalui form dan mesin apa saja.

6. Template Bervariasi 

Template merupakan salah satu fitur yang terdapat pada PowerPoint. Template digunakan sebagai latar belakang mempercantik tampilan presentasi. Tidak hanya satu, backround yang disediakan bervariasi. Sehingga, pengguna bebas mengkreasikan slide dan terfokus pada satu bentuk tampilan.

7. Dilengkapi Beragam Tools

Dalam aplikasi PowerPoint terdapat berbagai tools, seperti text art, image import, animation import, video import dan masih banyak lagi yang akan membuat slide terlihat menarik. Tak hanya itu, keberadaan fitur-fitur tersebut juga berguna bagi yang ingin menyisipkan suara untuk menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangkitkan emosi tertentu saat Bapak dan Ibu Guru melakukan presentasi di kelas.

Kekurangan Microsoft PowerPoint

Di bawah ini adalah 4 (empat) kekurangan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint. Adapun kekurangan-kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tergolong Program Berat 

Untuk bisa mengoperasikan PowerPoint, komputer harus memunyai spesifikasi yang baik tentunya. PC jaman dulu (jadul) dengan spesifikasi perangkat keras yang rendah akan kesulitan dalam menjalankannya, bahkan mungkin mengalami hang atau crash.

2. Harga Terlalu Mahal

Aplikasi ini memang mahal, khususnya untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil. Sebab, Microsoft memang mengeluarkannya untuk konsumen yang berasal dari kalangan pengusaha serta perusahaan besar. Tapi, dengan support dan pembaharuan software yan harus dilakukan, membuat produk mereka tetap dipakai oleh sebagian besar masyarakat.

3. Ketidakstabilan Dokumen pada Tiap Versi

Kekurangan yang satu ini kerap dijumpai pada software-software yang dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya, file yang dibuat pada versi lama, misalnya tahun 2007 tidak bisa digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya.

4. Hanya Bisa Digunakan pada Platform Microsoft

Software pengolah data presentasi itu hanya dapat dioperasikan pada platform Windows. Microsoft juga belum mengeluarkan software tersebut untuk OS lain, seperti Mac dan Linux. Sehingga, pekerjaan yang telah kita rampungkan dengan PowerPoint tidak bisa diakses memakai platform selain Windows.

Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload media pembelajaran slide powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni lukis, seni patung, seni grafis pameran karya seni rupa, ornamentasi melodis dan ritmis, musik populer, musik klasik, tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya, penerapan pola lantai tari kreasi, drama musikal, perencanaan pementasan drama musikal, pementasan drama musikal revisi yang admin bagikan kali ini di link berikut ini. Adapun media pembelajaran yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajar seni budaya di kelas sembilan. Download selengkapnya di link berikut ini!
  1. Seni lukis | Download PPT
  2. Seni patung | Download PPT
  3. Seni grafis | Download PPT
  4. Pameran karya seni rupa | Download PPT
  5. Ornamentasi melodis dan ritmis | Download PPT
  6. Musik populer | Download PPT
  7. Musik klasik | Download PPT
  8. Tari kreasi, tari kreasi dan jenis-jenisnya | Download PPT
  9. Penerapan pola lantai tari kreasi | Download PPT
  10. Drama musikal | Download PPT
  11. Perencanaan pementasan drama musikal | Download PPT
  12. Pementasan drama musikal | Download PPT
Download PPT Seni Budaya IX

DOWNLOAD SEKARANG



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan PPT Seni Budaya SMP Kelas IX Revisi Terbaru Kurikulum 2013

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer