PPT Ornamentasi Ritmis dan Melodis dalam Kelompok Vokal | SBK Kelas IX

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok seputar mata pelajaran seni budaya.

PPT Ornamentasi Ritmis dan Melodis dalam Kelompok Vokal | SBK Kelas IX

Semoga media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar baik dalam jaringan (daring) maupun pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh Bapak dan Ibu Guru baik dari rumah maupun dari sekolah. Adapun media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal yang admin bagikan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar anak didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru.

Adapu garis besar isi dari media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal yang admin bagikan kali ini adalah ornamentasi melodis dan ritmis sangat penting dan harus diutamakan dalam aransemen sebuah lagu untuk sajian kelompok vokal. Dasar dari pengembangan ornamentasi melodis adalah paduan nada atau akor. Untuk ornamentasi ritmis, pengembangannya perlu penguasaan dan pemanfaatan unsur-unsur ritmis.

Berikut ini adalah 2 metode yang terdapat dalam ornamentasi harmonis. Adapun metode ornamentasi harmonis adalah sebagai berikut. 1. Ornamentasi akor, 2. Ornamentasi irama. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis ornamentasi akor. Adapun jenis-jenis ornamentasi akor tersebut adalah sebagai berikut. Penggantian Sementara, yaitu dilakukan dengan memanfaatkan hubungan akor II dan V dalam gerak akor (nada dassar naturel). Akor Tetangga, yaitu dilakukan dengan menambahkan satu akor yang berjarak setengah dari akor melodi asal, naik di atas maupun di bawah atau di atasnya. Akor Appogiatura, yaitu dilakukan dengan melakukan cara yang mirip dengan appogiatura pada melodi, yakni akor asal diberi akor tambahan setengah di bawah atau di atasnya. Akor Suspensi, yaitu terdiri dari dua jenis yaitu sus2 da sus 4. Pembentukannya didasarkan pada tangga nada mayor.

Ornamentasi ritmis adalah ornamentasi dengan memanfaatkan variasi unsur-unsur ritmis dalam harmoni musik Adapun unsur-unsur ornamentasi ritmis adalah tempo dan melodi. Ornamentasi dalam tempo dapat dilakukan dengan memanfaatkan perubahan-perubahan tempo lagu. Adapun istilah-istilah dalam tempo utama adalah sebagai berikut. a. largo (lambat sekali), b. lento (lebih lambat), c. adagio (lambat), d. andante (sedang), e. moderato (sedang agak cepat), f. allegro (cepat), g. vivace (lebih cepat), dan h. presto (cepat sekali)

Berikut ini adalah variasi pemakaian tanda tempo dalam ornamentasi ritmis. Adapun variasi pemakaian tanda tempo tersebut adalah sebagai berikut. Menggabungkan Dua Istilah, yaitu biasanya dilakukan untuk dua istilah yang berdekatan. Menambahkan Istilah Lain, yaitu biasanya dilakukan untuk menambahkan sifat tertentu dari sebuah lagu. Menambahkan Akhiran Tertentu, yaitu biasanya akhiran tersebut adalah etto yang berarti agak dan issimo yang berarti sangat.

Dinamika maknanya kekuatan, yaitu keras lemahnya atau kuat lembutnya nada dinyanyikan. Di dalam sebuah dinamika terdapat beberapa istilah yang perlu kalian pahami. Adapun istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut. Forte, yaitu berarti kuat dan dalam notasi musik disingkat f. Piano, yaitu berarti lembut dan dalam notasi musik disingkat p.

Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun media pembelajaran powerpoint (PPT) mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran ornamentasi ritmis dan melodis dalam kelompok vokal yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak Ibu guru yang mengajar seni budaya di kelas sembilan. Download selengkapnya di link berikut ini!

PPT Ornamentasi Ritmis dan Melodis

DOWNLOAD SEKARANG