PPT Penerapan Pola Lantai Tari Kreasi | Seni Budaya SMP Kelas IX

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran perangkat ajar powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi revisi terbaru. Semoga media pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang media pembelajaran perangkat ajar powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi.

PPT Penerapan Pola  Lantai Tari Kreasi | Seni Budaya SMP Kelas IX

Semoga media pembelajaran perangkat ajar powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar baik dalam jaringan (daring) maupun pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat menambah semangat belajar anak didik dalam mengikuti proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru baik dari rumah maupun dari sekolah.

Penjiwaan gerak tari. Penjiwaan dalam memperagakan gerak tari dapat dilakukan dengan penjiwaan melalui ekspresi muka dan ekspresi gerak. Penjiwaan ekspresi muka tarlihat pada wajah penarinya, kapan ia harus tersenyum karena gembira dan kapan ia bersedih karena kekecewaan. Ekspresi gerak dapat menambah kejelasan maksud dari gerakan itu sendiri, seperti entakan kaki, tusukan, atau pukulan tangan, dan seterusnya.

Pola lantai adalah langkah kaki penari yang dilihat oleh penonton yang diwujudkan dengan garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus adalah garis yang dilakukan oleh penari dengan bergerak maju atau mundur bisa membentuk garis vertikal, horizontal, diagonal, dan zig-zag. Garis lengkung adalah garis-garis yang dilakukan oleh penari dengan cara bergerak memutar atau setengah putaran. 

Tari berpasangan. Pola lantai dapat dibuat bervariasi dengan aneka pergantian formasi dengan menggunakan garis lurus dan garis lengkung. Ada interaksi gerak antarpenari, yakni saling mengisi dan melengkapi untuk membuat pola lantai garis lurus dan garis lengkung horizontal, diagonal, vertikal, asimetris, simetris, dan garis lengkung. Interaksi tersebut menghasilkan formasi tari variatif lainnya sehingga lebih banyak diperoleh ragam dan jenisnya. 

Desain adalah bentuk tubuh penari yang dapat dilihat dari arah hadap dan arah gerak penari. Desain bawah, ketika penari bergerak sejajar dengan lantai/bergerak sambil merebah, bergerak dengan duduk, bergerak dengan jengkeng, atau bergerak dengan sambil membungkuk rendah. Desain medium, ketika penari bergerak dengan posisi tubuh berdiri sedikit merendah atau bergerak dengan berdiri tegak lurus. Desain tinggi, ketika penari bergarak sambil jinjit/mengangkat kaki dengan tumpuan tungkai, berdiri dengan memanjat atau naik di atas benda atau benda lain.

Level jangkauan gerak penari ketika memperagakan rangkaian gerak kreasinya dengan level rendah, medium, atau tinggi. Jangkauan gerak penari kreasi perempuan lebih bervolume pendek dibandingkan laki-laki yang lebih luas. Untuk level tinggi, selain jinjit dan melompat, penari juga dapat naik di atas benda lain atau menggunakan alat lain yang diangkat tinggi dipermainkan di atas kepala.

Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak Ibu Guru mendownload media pembelajaran perangkat ajar powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi revisi di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun media pembelajaran perangkat ajar powerpoint mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran penerapan pola lantai tari kreasi revisi yang admin sediakan di bawah ini adalah secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajar seni budaya di kelas sembilan. Download selengkapnya di link berikut ini!

PPT Penerapan Pola  Lantai Tari Kreasi

DOWNLOAD SEKARANG