PPT Seni Patung | Seni Budaya SMP Kelas IX (Revisi)

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung revisi terbaru menggunakan kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok seputar seni patung.

PPT Seni Patung | Seni Budaya SMP Kelas IX (Revisi)

Dan semoga media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung revisi yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar baik dalam jaringan maupun pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah. Dan harapannya, dengan adanya media pembelajaran ini dapat menambah semangat belajar anak didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Adapun garis besar isi dalam media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung revisi yang admin bagikan kali ini antara lain. Seni patung adalah karya seni rupa tiga dimensi, artinya memiliki ruang atau volume sehingga dapat dilihat dari berbagai arah. Seni patung dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yang indah. Sesuai perwujudannya, seni patung dapat dibuat dari berbagai macam bahan, alat, dan teknik. Dengan demikian, yang dimaksud dengan patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang diwujudkan dalam berbagai bentuk yang indah.

Bangsa Indonesia dalam sejarah kebudayaannya memiliki berbagai peninggalan karya seni rupa. Peninggalan atau warisan budaya ini sebagian berupa karya seni patung yang memiliki keragaman corak. Corak patung adalah gaya atau kekhasan perwujudan seni patung. Corak patung ini muncul karena pengaruh budaya yang berlaku di masyarakat. Bagi masyarakat patung suku Asmat di Papua. Bentuknya sederhana dan bahan dari alam. Sebaliknya, pada masyarakat modern, karena seni patungnya lebih beragam. Sesuai dengan kondisi zaman ini, berikut adalah yang termasuk corak seni patung modern.

Corak patung representatif adalah gaya patung yang meniru bentuk-bentuk alami, misalnya bentuk manusia. bentuk binatang, dan bentuk tumbuhan. Perwujudan patung corak ini secara fisik menyerupai bentuk aslinya, misalnya patung sapi yang benar-benar menyerupai sapi, baik anatomi maupun proporsinya. Corak patung deformatif adalah gaya patung yang perwujudan bentuknya didasarkan dari bentuk alami, namun terdapat perubahan-perubahan bentuk. Meskipun demikian, perubahan-perubahan ini tidak meninggalkan konsep dasar bentuk yang ditiru. Corak patung abstrak adalah gaya patung yang bentuknya jauh dari bentuk-bentuk alami, bahkan menuju bentuk dasar benda seperti kubus, silinder, bola, piramida, atau kerucut. Gaya patung ini dipengaruhi pemikiran konstruksi yang dipandang sebagai bentuk yang disusun dasri berbagai bahan.

Ragam karya patung adalah jenis-jenis perwujudan karya patung. Keragaman perwujudan karya patung ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu patung potret, patung badan, dan patung utuh. Patung potret adalah perwujudan karya patung yang berupa kepala sampai dengan dada. Ragam karya patung potret ini sering dibuat untuk menggambarkan potret tokoh pahlawan atau orang yang berjasa. Patung badan adalah perwujudan karya patung yang berupa badan saja, tanpa kepala dan tanpa anggota badan. Meskipun demikian, patung badan masih mencakup sedikit bagian leher, anggota badan atas, dan anggota badan bawah. Patung utuh adalah perwujudan karya patung yang berupa kepala, badan, anggota badan atas, dan anggota badan bawah. Dengan kata lain, patung utuh merupakan perwujudan karya patung secara lengkap.

Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak Ibu Guru mendownload  media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun media pembelajaran powerpoint PPT mata pelajaran seni budaya kelas sembilan materi pokok pembelajaran seni patung yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak Ibu yang mengajar seni budaya di kelas sembilan. Download selengkapnya di link berikut ini!

PPT Seni Patung Revisi

DOWNLOAD SEKARANG