Pengertian Dialog Interaktif Dilengkapi Contoh Soal dalam Teks Diskusi Revisi Terbaru

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dialog interaktif dilengkapi dengan contoh soal terbaru dalam teks diskusi muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian dialog interaktif dilengkapi dengan contoh soal terbaru dalam teks diskusi muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru.

Pengertian Dialog Interaktif Dilengkapi Contoh Soal dalam Teks Diskusi Revisi Terbaru

Gambar: freepik.com

A. Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif adalah percakapan yang melibatkan pemirsa atau pendengar dengan narasumber atau pembicara. Narasumber dalam dialog interaktif bisa lebih dari satu. Adanya beberapa narasumber ini bertujuan menjaga keseimbangan informasi yang disajikan. Pemirsa atau pendengar berperan untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.

B. Ciri-Ciri Dialog Interaktif

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari dialog interaktif.

  • Ada percakapan yang melibatkan pendengar dan penanya.
  • Biasanya dialog interaktif ditayangkan langsung lewat televisi dan radio.
  • Melibatkan banyak orang, tidak dilakukan secara sendiri tapi banyak pelaku yang terlibat dari dialog tersebut baik langsung atau tidak langsung.
  • Ada tanya jawab antara pewawancara dengan narasumber.
  • Dialog dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung.

C. Tujuan Dialog Interaktif

Seperti halnya jenis dialog yang lain, dialog interaktif juga memiliki tujuan. Adapun tujuan dari dialog yaitu untuk mendapatkan dan menemukan solusi maupun informasi yang terbaik yang didapat dari narasumber yang tepat dan bisa dipercaya sehingga bisa menjadi sebuah terobosan atau solusi untuk mengatasi masalah yang ada. Selain itu, dialog interaktif juga memiliki fungsi sebagai wadah untuk membahas sebuah masalah dengan tujuan mendapatkan jalan keluar atau solusi dari masalah yang dibahas.

D. Contoh Teks Dialog Interaktif

Berikut ini adalah contoh teks dialog interaktif bertema kesehatan yang dikutip dari murid.co.id. Adapun contoh teks dialog interaktif tersebut adalah sebagai berikut.

Dialog Interakif tentang Kesehatan

Acara Tv : Indonesia Morning Show
Pembahasan : penyebab peyakit ginjal pada anak
Narasumber : dr. Cahyani

Pembawa Acara : Bagaimana penyakit ginjal pada usia berapa umumnya?

dr. Cahyani : Saat dikatakan anak pada usia 0 sampai dengan 18 tahun, dan penyakit ginjal pada anak dapat menyerang diumur 0 sampai dengan 18 tahun.

Pembaca Acara : Kemungkinannya berapa besar?

dr. Cahyani : Kemungkinannya sebernarnya jarang, anak berkemungkinan terkena penyakit ginjal perbandingannya sekitar 7 : 11.000.000 anak terkena penyakit ginjal kronik. Namun ada juga penyakit ginjal yang sifatnya akut artinya setelah beberapa saat setelah dia diobati. Jadi tidak menjadi kronik. Pemicunya yaitu penyakit kelainan bawaan misalnya karena ginjalnya kecil, pada masa anak ia terkena penyakit atau infeksi tertentu, dan yang ketiga diturunkan dari orang tua.

Pembaca Acara : Jadi dalam kasus ini, kebanyakan anak yang terkena  penyakit ginjal karena faktor bawaan. Jadi berbeda dengan dewasa yag bisa terkena penyakit finjal karena faktor life style. Untuk anak-anak sendiri selain faktor bawaan, apa yang menyebabkan pennyakit ginjal ini dok?

dr. Cahyani : Memang kebanyakan penyakit ginjal pada anak disebabkan karena faktor bawaan, namun yang faktor kedua yang menyebabkan penyakit ginjal ini misalnya sinddrom neufrotik.

Pembaca Acara : Apa itu sindrom neufrotik dok?

dr. Cahyani : Sindrom nefrotik merupakan penyebab penyakit ginjal ketika ginjal tersebut mengalami gangguan penyaringan. Sehingga protein yang seharusnya kita makan dari susu, dari makanan yang mengandug protein lainnya itu terbuang bersama urine. Atau kita kenal sebagai protein bocor. Lalu bisa juga karena penyakit lupus. Banyak orang yang sudah mengetahui tentang penakit lupus. Atau penyakit tentang gangguan imunitas atau gangguan daya tahan tubuh.

Pembaca Acara : Apa akibat dari seseorang anak yang mengalami penyakit ginjal, apakah nanti akan berdampak pada pertumbuhan atau lainnya?

dr. Cahyani : Pada pasien anak jika ia mengalami penyakit ginjal kronik akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan. Jadi biasanya orang tua ada yang membawa kedokter ketika ia merasa anak ini dibandingkan dengan teman-teman seusianya atau dibaningkan dengan kakak-kakanknya dulu, anak ini ternyata terlihat lebih pendek atau lebih kecil. Dan itu nyata. Misalnya anak usia 12 tahun yang tingginya seperti anak kelas 2 SD.

Pembaca Acara : Untuk gejala-gejalanya sendiri itu seperti apa dok? 

dr. Cahyani : Jadi, tanda yang harus dicurigai itu ada 3, yang pertama adalah kelainan berkemih atau kelainan berkencing ini ditandai dengan nyeri ketika berkemih atau tidak bisa mengendalikan ketika ingin berkemih yang ditandai dengan mengompol, yang kedua adalah kelainan pertumbuhan dan yang ketiga adalah kegemukan.

E. Contoh Soal Dialog Interaktif

Berikut ini adalah beberapa contoh soal pilihan ganda seputar teks dialog interaktif. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sifat manusia yang kurang baik seperti pemarah, penghasut, iri dengki dan tabiat negatif lainnya akan menjadi kotoran batin. Jika tidak ada upaya perbaikan, effek yang bakal ditimbulkan akan menjadi sangat berbahaya. Fisik kita sangat dipengaruhi oleh batin kita. Tubuh yang terserang penyakit batiniah pada akhirnya akan mengimbas pada penyakit lahiriah.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Sifat negatif manusia dapat menjadi kotoran batin
B. Penyakit lahiriah selalu berimbas pada penyakit batiniah.
C. Iri dan dengki merupakan sifat yang perlu diabaikan.
D. Pemarah dan penghasut merupakan penyakit lahiriah.

2. (1) Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan tersebut kesan pertama yang terasa adalah bersih, teratur, dan menyenangkan. (2) Pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya serba baik. (3). Buku-bukunya relatif lengkap dan terawat rapi. (4) Semua ini menjadi alasan, mengapa perpustakaan sekolah itu dinobatkan sebagai perpustakaan teladan tingkat nasional.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. (1) Karena sekolah kami ditunjuk mewakili kabupaten dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi, kami berkunjung ke SMP Citra untuk melakukan studi banding. (2) Meskipun diputuskan secara mendadak, kegiatan di sekolah pemenang adiwiyata tingkat nasional itu tetap berjalan lancar. (3) Sekolah itu mempunyai lingkungan yang nyaman dan asri serta pepohonan rindang. (3) Selain itu, sekolah yang terletak di luar kota itu memiliki luas tanah yang mencukupi sehingga ada ruang untuk menciptakan hutan sekolah yang terdiri atas berbagai jenis tanaman.

Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Kalimat yang menggunakan bahasa yang santun dalam diskusi, kecuali ....
A. Saya harap diskusi ini jangan diteruskan, sudah percuma dan tidak akan menghasilkan simpulan yang bermutu.
B. Maaf, jika bisa diskusi ini juga mencari solusi yang tidak menimbulkan risiko apa-apa.
C. Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan oleh Saudara penyaji, saya ingin bertanya mengenai
D. Saya menyarankan agar pembahasan mengarah pada persoalan

5. Di bawah ini yang termasuk pihak-pihak yang terlibat dalam diskusi, kecuali ....
A. dana
B. penyaji
C. moderator
D. peserta

6. Pernyataan berikut yang merupakan bagian simpulan/saran adalah ....
A. Bank sampah dapat menjadi solusi permasalahan perkotaan. Pelaksanaannya hendaknya tetap memperhatikan lingkungan sekitar karena tidak semua lingkungan dapat menerapkan sistem pengelolaan bank sampah. Program ini harus di dukung semua pihak agar berjalan lancar.
B. Salah satu persoalan yang sering muncul di daerah perkotaan adalah sampah. Sebagian besar smapah yang dihasilkan di perkotaan adalah sampah nonorganik. Sampah nonorganik yang tidak dikelola dengan tepat akan menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari.
C. Masyarakat tertarik dengan bank sampah karena beberapa manfaatnya. masyarakat dapat menukar sampah nonorganik dengan uang. Uang tersebut untuk ditabung di bank sampah. Selain itu, masyarakat dapat membuat kerajinan tangan dari sampah nonorganik.
D. Pelaksanaan program sampah di kampung Sidorahayu belum berjalan mulus. Penyetornya kebanyakan anak-anak. masyarakat dibujuk agar bersedia menyetorkan sampah nonorganik ke bank sampah yang ada di Kampung Sidorahayu.

7. Di bawah ini tugas moderator, kecuali ....
A. mengatur jalannya diskusi
B. menyimpulkan hasil diskusi
C. membuka diskusi
D. mengumpulkan materi diskusi

8. Di bawah ini yang merupakan kalimat fakta adalah ....
A. Pada akhirnya nanti kita semua harus berhati–hati serta waspada pada covid-19 tanpa melihat batas usia.
B. Kita tidak akan terkena covid-19 jika kita semua mematuhi protokol kesehatan yang selama ini digaungkan oleh pemerintah demi memutus rantai penyebaran dan penularan covid-19.
C. Apabila kita kuat bukan berarti kita tidak harus takut, namun takutlah jika kita menularkannya kepada orang–orang yang rentan pada covid-19.
D. Menurut data yang telah dihimpun WHO sebanyak 8 dari 10 orang meninggal disebabkan virus ini yang berada pada pasien 65 tahun ke atas. Sehingga bisa kita simpulkan jika covid-19 sangat berbahaya khususnya pada usia lanjut.

9. Kalimat simpulan yang baik dalam diskusi adalah ....
A. peserta silahkan menyimpulkan sendiri apa hasil diskusi kita pada hari ini
B. Kami akan membaca beberapa simpulan sebelum diskusi ini kita akhiri
C. Hendaknya kalian paham bahwa ini adalah simpulan diskusi.
D. Saya yakin peserta diskusi menyetujui simpulan diskusi ini

10. Pernyataan berikut yang termasuk argumen mendukung (pro) adalah ....
A. Kehadiran gadget dapat mengurangi sosialisasi anak-anak dengan teman-teman di sekitarnya sehingga menjadi penyebab kenapa anak terlambat berbicara.
B. Mereka berasumsi jika gadget dapat membuat anak-anak bisa menjadi lebih pintar sebab berbagai aplikasi yang dapat menunjang belajar anak ada di dalam gadget.
C. Mereka yang menganggap jika anak-anak belum butuh untuk mempunyai gadget dengan alasan jika gadget bisa memberikan dampak buruk untuk tumbuh kembang mental si anak.
D. Kehadiran dari gadget ini juga membuat anak-anak seolah tenggelam dengan dunianya dan tidak memperdulikan orang lain yang berada didekatnya.

11. Yang tidak termasuk manfaat diskusi di bawah ini ....
A. mengembangkan kemampuan berpikir
B. memperlihatkan kemampuan hebat dalam berdiskusi
C. menambah wawasan
D. melatih kemampuan berbicara

12. Kalimat tepat untuk menyanggah pendapat dengan bahasa yang santun adalah ....
A. Hasil analisis saudara tidak dapat dipertanggungjawabkan karena faktanya tidak sesui dengn kenyataan.
B. Pendapat Anda mungkin benar, tetapi ada beberapa alasan dan bukti yang perlu Anda teliti lagi.
C. Pendapat ini tidak masuk akal dan aneh sehingga Anda tidak perlu melakukan analisis lagi.
D. Fakta yang Anda sampaikan tidak benar. Jadi, buat apa saya menyetujui analisis Anda ?

13. Argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan diskusi.Setelah menyampaikan masalah, penulis dapat menyampaikan pendapat dari satu sudut pandang pendukung disertai alasan-alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.

Pernyataan di atas merupakan pengertian dari ....
A. Isu
B. Simpulan
C. Argumen pro
D. Argumen kontra

14. Kalimat persetujuan yang paling tepat pada pernyataan berikut adalah ....
A. Saya sependapat dengan Anda karena internet memiliki ruang tidak terbatas
B. Pendapat Anda sedikit berlebihan dan tidak masuk akal
C. Saya setuju dengan pendapat Anda karena saya cocok dengan Anda
D. Internet merupakan sarana lebih banyak berdampak buruk bagi perkembangan anak.

15. Bagian ini berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukung, Pada tahap ini penulis memaparkan pendapat disertai alasan dan bukti dari sudut pandang tidak setuju. Pernyataan tersebut termasuk ....
A. Argumen kontra
B. Simpulan
C. Isu
D. Argumen pro

16. Di bawah ini yang termasuk kalimat dengan kata keterangan modalitas adalah ....
A. Mematuhi protokol kesehatan dengan baik dapat membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran dan penularan virus corona.
B. Semoga liburan panjang akhir tahun ini, seru dan menyenangkan.
C. Kami tentu mendukungmu dalam ajang pencarian bakat itu.
D. Meningkatnya kasus penyebaran dan penularan covid-19 disebabkan masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

17. Ada relasi kuasa antara pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua. Tidak dapat dipungkiri, orang tua dihadapkan dengan pilihan efektifitas pembelajaran atau keselamatan nyama siswa. Padahal keduanya dapat berjalan beriringan. Kemendikbud harusnya merumuskan kurikulum PJJ yang tidak menjadi beban mental siswa, selama Covid-19 masih ada.

Pernyataan di atas termasuk struktur teks diskusi bagian ....
A. Argumen kontra
B. Simpulan
C. Isu
D. Argumen pro

18. Remaja saat ini tumbuh di zaman internet. Tetapi apakah hal ini akan berdampak ketika mereka dewasa nanti? Lewat jejaring sosial, orang dapat saling berkomunikasi walaupun jaraknya jauh. Mereka dapat memberikan data privasi, nomor telepon, alamat, bahkan data keluarga serta hal lain yang seharusnya tidak diekspos. Siapa saja langsung dapat berkenalan meskipun tanpa mengetahui latar belakangnya. Celakanya lagi, berbagai pemahaman dapat dengan mudah masuk ke remaja bila tidak ada pengawasan yang ketat di kehidupan remaja tersebut.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Jejaring sosial bagi remaja
B. Remaja tumbuh di zaman internet.
C. Pengawasan yang ketat di kehidupan remaja saat ini.
D. Dampak berkomunikasi jarak jauh.

19. Corona merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang di sebabkan oleh virus Corona, yang dapat membuat korbannya merasa sakit di tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala dan parahnya bisa membuat korbannya meninggal dunia. Virus ini sangat mudah menular dari satu korban ke korban yang lain.

Kutipan teks diskusi di atas merupakan struktur teks bagian ....
A. Argumen kontra
B. Simpulan
C. Isu
D. Argumen pro

20. Yang bukan termasuk tugas peserta ialah ....
A. memperkenalkan diri
B. mengikuti tata tertib diskusi
C. menjaga kelancaran diskusi
D. mengajukan pertanyaan

Sumber referensi: penerbitbukudeepublish.com