Pengertian Makna Tersurat Teks Lengkap dengan Contoh Soal USBN Kelas IX

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian makna tersurat teks dilengkapi dengan contoh soal terbaru dan kunci jawaban dalam USBN kelas IX. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan para peserta didik dalam mencari berbagai referensi seputar pengertian makna tersurat teks dilengkapi dengan contoh soal terbaru dan kunci jawaban dalam USBN.

Pengertian Makna Tersurat Teks Lengkap dengan Contoh Soal USBN Kelas IX

Gambar: pixabay.com

Makna tersurat teks adalah makna yang secara langsung dinyatakan atau tertulis, eksplisit, atau Nampak jelas di dalam teks. Makna tersurat merupakan makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks. Informasi tersurat dapat kalian tentukan dengan mudah karena seluruh informasi hanya merujuk pada isi teks.

Untuk mengetahui dengan cepat makna tersurat teks, kalian harus membaca teks secara mendalam agar isi teks dapat dipahami secara utuh. Contoh bentuk pertanyaan yang sering digunakan oleh pembuat soal seputar indikator soal menentukan makna tersurat teks adalah sebagai berikut.

  1. Penyataan yang sesuai dengan isi paragraf
  2. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut.
  3. Sikap yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.
  4. Kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat.
  5. Kalimat yang menyatakan persetujuan dan tidak setuju.
  6. Simpulan isi teks.
  7. Kalimat fakta dan opini dalam teks.
  8. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf.

Untuk melatih kalian dalam memahami lebih dalam seputar makna tersurat teks, berikut ini adalah beberapa contoh soal seputar makna tersurat teks yang sering muncul di ujian USBN Bahasa Indonesia kelas IX dari tahun ke tahun.

1. Hal yang paling berarti bagi orang tua adalah ketika bayinya belajar berinteraksi dengan orang terdekat atau orang lain. Saat ia beranjak menjadi batita/balita paling tidak ada lima gerakan tangan yang kalau bisa di lakukan dengan benar sudah bisa membuat orang tuanya dan orang disekelilingnya bahagia dan sangat bangga.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Orang tua yang kurang bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
B. Orang tua merasa bahagia jika bayinya dapat berinteraksi dengan orang lain melalui lima gerakan tangan
C. Lima gerakan tangan bayi akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga
D. Bayi yang berinteraksi dengan orang lain akan membuat orang tuanya merasa bahagia dan bangga

2. Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecematan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun, lingkungan masyarakat di sekitarnya mengalami kelaparan.

Ahmad Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jentera Bianglala (1986). Karya-karyanya mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.

Ahmad Tohari menikah tahun 1970 dengan Siti Syamsiyah. Istrinya bekerja sebagai guru SD. Ahmad Tohari sangat menyayangi anak-anaknya. Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Menurutnya, agama merupakan satu-satunya laku utama mewujudkan kecintaan manusia kepada Tuhan dan manusianya. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah dan dia sebagai imamnya.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. penulis novel yang berasal dari keluarga santri
B. pemimpin redaktur majalah Merdeka Jakarta
C. penulis novel yang terkenal dengan karya triloginya
D. sastrawan yang tanggap terhadap bencana kelaparan

3. Douwes Dekker dilahirkan pada tanggal 18 Oktober 1879 di Kota Pasuruan. Douwes Dekker terlahir dari keluarga berada. Douwes Dekker merupakan lulusan Gymnasium Koning Willem III School. Selepas lulus dari sekolah itu, ia diterima bekerja di perkebunan kopi di wilayah Malang, Jawa Timur. Di perkebunan itu ia melihat para pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena oleh para pengawas kebun. Tindakan semena-mena tersebut mendapat perlawanan dari Douwes Dekker. Ia sering membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena. Akibat tindakannya ini, ia cenderung dimusuhim oleh para pengawas kebun lain.

Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. kurang bergaul karena dari keluarga berada
B. membela pekerja pribumi yang diperlakukan semena-mena
C. menjalankan dengan baik pekerjaan di perkebunan kopi
D. bermusuhan dengan para pengawas kebun kopi

4. Untuk mencegah kerusakan lingkungan yang makin parah di tanah air, pemerintah diminta membentuk badan khusus yang dapat mengambil alih persoalan tersebut. Badan khusus itu harus diberi wewenang menegakkan hukum, misalnya menutup atau menghentikan sementara kegiatan perorangan atau perusahaan yang merusak lingkungan serta mengajukannya ke pengadilan.

Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam masalah lingkungan?
B. Bagaimana mencegah kerusakan lingkungan di tanah air?
C. Apa penyebab kerusakan lingkungan di tanah air selama ini?
D. Apa yang dilakukan pemerintah dalam menangani kerusakan lingkungan?

5. 1) Para ahli konservasi menemukan populasi baru orang utan di salah satu pengunungan Kalimantan Timur. 2) Lokasinya berada di tengah hutan, dekat tebing gunung kapur. 3) Mereka memperkirakan jumlah hewan yang terancam punah ini sekitar 2.000 ekor. 4) "Yang bisa kami hitung ada 219 utan," kata Erik Meijaard, ahli ekologi dari The Nature Concervasy. 5) Erik dan timnya tidak dapat menghitung semua mengingat medan yang sulit, tetapi dia menduga dilokasi itu terdapat 1.000 atau bahkan 2.000 orang utan.

Kalimat yang berisi fakta dalam teks tersebut adalah nomor ....
A. 3, 4, dan 5
B. 2, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 4
D. 1, 2, dan 5

6. 1) Ratusan batu nisan berderet di Punggungan Dughla, 4.830 meter dari permukaan laut itu memuat nama pendaki puncak gunung itu. 2) Kabut tipis menyamarkan nama-nama yang dipahat di batu itu. 3) Berada di jalur utama pendakian Gunung Everest, deretan nisan tanpa jasad itu mencekam tiap pendaki yang hendak menjajal puncak tertinggi bumi. 4) Nama-nama itu adalah mereka yang hilang atau tewas di Everest sejak gunung ini pertama kali didaki. 5) Scott Fischer salah satu nama legenda yang dipahatkan di batu nisan itu tewas bersama tujuh pendaki lain dalam tragedi Mei 1996.

Kalimat yang merupakan opini dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Sumber referensi: ilmubindo.com