Pengertian dan Contoh Teks Cerita Inspirasi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh  teks cerita inspirasi dilengkapi dengan contohnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu guru, dan peserta didik dalam mencari referensi pengertian dan contoh  teks cerita inspirasi dilengkapi dengan contohnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru.

A. Pengertian Teks Cerita Inspirasi

Dilihat dari segi bahasa yang digunakan dalam teks cerita inspirasi ternyata ada kemiripan dengan teks anekdot. Perbedaan yang sangat jelas antara teks cerita inspirasi dengan teks anekdot terletak pada amanat yang disampaikan kepada pembacanya. Amanat dalam teks cerita inspirasi disampaikan dengan kalimat yang menyentuh hati. Adapun amanat yang disampaikan dalam teks anekdot tentunya mengajak para pembacanya untuk tertawa atau tersenyum.

Teks cerita inspirasi ialah teks cerita yang dapat memberikan pencerahan kepada semua pembaca agar mereka mau berubah tentunya ke arah yang lebih baik. Dengan adanya teks cerita inspirasi pembacanya akan belajar dari peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

Ciri teks cerita inspirasi sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaranya yaitu, memiliki judul, cerita sistematis, bentuk ceritanya tidak terlalu panjang, isi cerita mengandung simpati, kepedulian, dan empati. Selain itu, teks cerita inspirasi juga memiliki ciri lain yaitu ide ceritanya bisa muncul dari fenomena dalam masyarakat. Cerita mampu menggah pembaca untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

B. Contoh Teks Cerita Inspirasi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks cerita inspirasi terbaru yang bisa kalian jadikan sebagai referensi utama dalam membuat teks cerita inspirasi. Adapun contoh-contoh dari teks cerita inspirasi tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Teks Cerita Inspirasi 1

Penebang Kayu

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Inspirasi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013

Gambar: pixabay.com

Pada suatu hari, dimana terdapat seorang pemuda yang sangatlah kuat sedang mencari pekerjaan, dan pemuda tersebut kemudian datang kepada seorang saudagar kayu dan meminta pekerjaan darinya, yang kemudian ia dapatkan.

Upah yang ditawarkan saudagar tersebut kepadanya sudah sesuai dengan keinginannya dan lokasi pekerjaan yang dekat dengan rumahnya juga membuatnya senang. Oleh sebab itu, pemuda tersebut sangat bertekad untuk mengerjakan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar tidak mengecewakan saudagar yang telah memberikan pekerjaannya tersebut.

Pada hari itu, sang saudagar memberikan pemuda tersebut sebuah kapak serta menunjukkan pemuda tersebut area tempat penebangannya. Pada hari pertama, pemuda tersebut berhasil menebang dan membawa batang pohon sebanyak dua puluh satu.

Melihat hasil kerjanya tersebut, sang saudagar berkata, “Wah, hebat sekali kamu pemuda, dapat membawa batang pohon sebanyak ini hanya dalams atu hari.”
Karena dipuji tersebut, sang pemuda semakin termotivasi untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih giat lagi di keesokan harinya. Namun, pada hari berikutnya sang pemuda tersebut hanya dapat membawa batang pohon sebanyak tujuh belas saja.

Dan pada hari ketiga, walaupun sang pemuda tersebut sudah berusaha lebih giat lagi, namun ia hanya dapat membawa batang pohon sebanyak sepuluh saja. Hari demi hari pun terlewati, walaupun sang pemuda telah berusaha sekeras mungkin, hasilnya tetap tidak memuaskan dan hasil batang pohonnya terus berkurang.

Dengan hasilnya yang semakin berkurang tersebut, sang pemuda kemudian mengira bahwa dirinya telah kehilangan kekuatan yang dimilikinya. Kemudian, sang pemuda tersebut menghadap ke saudagar yang menjadi bosnya dan meminta maaf mengenai hasil kerjanya yang semakin berkurang dan mengatakan dirinya juga tidak mengerti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Kemudian saudagar tersebut mengajukan pertanyaan, “Kapan terakhir kali kamu mengasah kapak yang kamu gunakan untuk menebang pohon tersebut?”. Sang pemuda kemudian menjawab, “Mengasah kapak? Saya tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Saya sangat sibuk berusaha menebang pohon yang ada.”

Berdasarkan cerita diatas, kita dapat melihat bahwa kadang kala bekerja dengan keras saja tidaklah cukup dalam mencapai sebuah kesuksesan. Kita juga harus bisa bekerja dengan cerdas dan beradaptasi dengan keadaan yang ada.

Berdasarkan cerita penebang kayu yang ada, kita dapat melihat bahwa sebenarnya pemuda tersebut memiliki potensi dalam menebang pohon dan memotong kayu. Namun, karena ia tidak memiliki sikap yang cerdas dan hanya bersandar pada usaha dengan keras saja maka hasilnya tidak maksimal.

Oleh sebab itu, untuk mencapai kesuksesan Grameds harus memiliki usaha untuk bekerja dengan keras serta sikap cerdas dalam menghadapi situasi apapun. Dengan begitu segala rintangan yang menghadang dalam kehidupan dapat dilewati dengan lebih mudah.

Sumber referensi: gramedia.com

Contoh Teks Cerita Inspirasi 2

Kisah Si Tukang Gorengan

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Inspirasi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013

Gambar: pixabay.com

Alkisah ada seorang penjual gorengan yang selalu menyisakan buntut singkng goreng yang tak terjual. Dia selalu memberikan sisa gorengan tersebut pada seorang bocah yang sering main ketempatnya mangkal.

Tanpa terasa, sudah lebih dari dua puluh tahun dia menjalani usaha itu. Namun tidak ada perubahan yang berarti ,usaha tetap begitu-begitu saja.

Suatu hari ada seorang pria yang membawa mobilmewah, lalu berhenti di depan gerobak gorengannya. Pria itu bertanya,”Ada gorengan buntut singkong ,Pak?”

Si tukang tukang gorengan lantas menjawab,”Nggak ada mas.”

“Saya kangen sama buntut singkongnya, Pak. Dulu waktu kecil, ketika ayah saya baru meninggal, tidak ada yang membiayai hidup saya. Teman-teman saya mengejek saya karena tidak bisa membeli jajan. Tapi waktu itu, Bapak selalu memberi buntut singkong goreng kepada saya, setiap saya bermain di dekat gerobak bapak.,”ujar Pria muda itu.

Tukang gorengan terperangah. “Yang saya berikan dulu kan cuma buntut singkong... Kenapa kamu masih ingat saya?”

“Bapak tidak sekedar memberikan buntut singkong goreng, tapi juga sudah memberikan kebahagiaan dan harapan buat saya. Saya mungkin tidak bisa membalas budi baik Bapak. Tapi, saya ingin memberangkatkan Bapak ke Tanah Suci. Semoga Bapak bahagia,”lanjut pria itu.

Si tukang singkong goreng itu hampir tidak percaya. Hanya sebuah kebaikan/sedekah kecil tapi mendapatkan berkah yang begitu besar!

Selalu bersyukur berbuat baik. Sekecil apapun , asal iklas dan tulus, pasti akan membuahkan kebahagian dan keberkahan.

Sumber referensi: gramedia.com

Contoh Teks Cerita Inspirasi 3

Arti Sebuah Persahabatan

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Inspirasi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013

Gambar: pixabay.com

Terdapat dua sahabat yang telah berteman sejak lama bernama Jeni dan Risa. Dimana Jeni merupakan seseorang yang pendiam dan selalu berusaha untuk memahami sifat Risa.

Dan kebalikan dari Jeni, Risa merupakan seseorang yang selalu melontarkan pendapatnya atau yang dapat disebut blak-blakan dan seringkali karena sifatnya tersebut menyakiti perasaan orang lain.

Walaupun kedua sahabat tersebut sudah berteman sejak masih dibangku sekolah dasar, Jeni seringkali dibuat sakit hati akibat perkataan yang dilontarkan oleh Risa yang membuatnya sering bertanya-tanya, apakah Risa akan merubah sifatnya tersebut dan mulai memikirkan perasaan orang lain.

Hingga pada suatu hari, Jeni mengumpulkan keberanian untuk menegur dan menasehati Risa dengan berkata, “Risa, apakah kamu tidak ada keinginan untuk merubah sifat kamu yang asal berbicara kepada semua orang? Jika ini terus berlanjut, semua orang yang ada di dekat kamu akan menjauhi dirimu, termasuk aku.”

Mendengar perkataan tersebut, Risa berkata, “Kita kan sudah bersahabat sejak kecil, dan kamu juga pasti sudah mengetahui sifatku yang seperti ini dan apapun yang aku katakan tidak memiliki maksud menyakiti hati kamu ataupun orang lain. Jika kamu memang merasa dirugikan, aku tidak masalah jika kamu ingin menjauhi diriku.”

Mendengar perkataan tersebut, Jeni pun langsung berpikir, walaupun memang kadang sifat Risa yang blak-blakan tersebut seringkali membuatnya jengkel, namun Risa juga sering berbuat hal baik kepada dirinya dan selalu ada disisinya selama ini.

Mengingat hal tersebut, Jeni berusaha untuk lebih memaklumi sifat Risa tersebut dan tidak pernah lagi meminta Risa untuk berubah, karena ia juga yakin bahwa Risa telah berusaha sekeras mungkin untuk menjadi teman yang lebih baik.

Berdasarkan cerita tentang persahabatan diatas, kita dapat memetik sebuah pesan bahwa memang menegur atau mengingatkan sahabat kita bukanlah sebuah kesalahan.

Namun, sebelum memutuskan hubungan pertemanan yang kamu jalin, pikirkanlah kembali bagaimana kalian telah melewati berbagai permasalahan dan situasi yang membuat ikatan persahabatan tersebut.

Oleh sebab itu, kita harus dapat lebih menghargai sebuah hubungan dan berusaha lebih keras untuk memperbaiki diri sendiri dan menerima segala kekurangan yang dimiliki oleh orang yang kita sayangi.

Sebagian orang menikmati hidup berlimpah dan sempurna yang mereka miliki. Orang-orang ini ibarat magnel; sangat Ipersinar, riang, dan menarik sampai-sampai mereka tak perlu memaksa atau meminta orang lain untuk “membukakan jalan” bagi mereka. Pintu-pintu selalu terbuka lebar dan mengundang mereka untuk memasukinya.

Sumber referensi: gramedia.com

Contoh Teks Cerita Inspirasi 4

Kisah Perjalanan Persahabatan Empat Sekawan

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Inspirasi Terbaru | Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013

Gambar: pixabay.com

Suatu hari, ada seekor keledai tua yang sudah dibuang oleh majikannya. Keledai itu pun berjalan seorang diri untuk menuju ke kota. Keledai memutuskan untuk menjadi pemain musik saja di kota. Setelah jalan beberapa saat, si keledai melihat seekor anjing tua pemburu yang sedang sedih berbaring di pinggir jalan.

Keledai pun bertanya, apa yang membuatmu bersedih temanku?”

“Aku sudah tua dan tak bisa berburu lagi. Majikanku memukulku setiap harinya. Hingga akhirnya aku melarikan diri dan berbaring di sini. Saat ini aku hanya berharap agar ada yang memberiku makan,” kata anjing itu murung.

Keledai pun berpikir untuk mengajak anjing ke kota, “Bagaimana kalau kau ikut aku bermain musik di kota? Kau bisa memainkan drum sementara aku memainkan kecapi.” Karena senang, anjing itu pun langsung mengangguk dan menerimanya. Akhirnya, kedua binatang itu berjalan dengan berjajar.

Tak lama kemudian, mereka bertemu dengan seekor kucing yang terduduk di pinggir jalan. Kucing itu pun juga terlihat sedih dan keledai pun bertanya padanya mengapa ia terlihat murung. “Aku sudah terlalu tua untuk menangkap tikur sehingga aku lebih suka duduk dan tidur. Tetapi, majikanku ingin menenggelamkanku. Untuk itulah aku segera kabur ke sini,” jawab kucing.

Mendengar kisah sedih si kucing, keledai pun mengajaknya ikut bermain musik di kota. Setelah sejenak berpikir akhirnya si kucing menyetujuinya. Mereka bertiga akhirnya bersama-sama berjalan lagi menuju kota.

Namun, tak lama kemudian mereka berjumpa dengan seekor ayam jantan yang sedang berkokok. Dilihatnya bahwa ayam jantan itu sedang ketakutan. Rupanya ia ingin disembelih dan dijadikan hidangan. Sama dengan sebelumnya, keledai pun mengajaknya untuk ikut bermain musik di kota. Ayam jantan yang nyaring itu bisa menjadi penyanyi. Lalu, tanpa berpikir panjang ayam itu segera mengiyakan tawaran tersebut.

Si keledai yang tadinya hanya sendirian, sekarang sudah berteman dengan tiga temannya yang senasib. Di dalam perjalanan mereka berempat saling bertukar cerita dan berkeluh kesah. Lambat laun, mereka berempat jadi sangat akrab. Hingga tak terasa hari sudah larut malam dan mereka sekarang sudah tiba di hutan. Setelah melewati hutan itu, barulah mereka bisa sampai ke kota. Namun, karena si kucing kelelahan akhirnya empat sekawan itu memutuskan untuk tidur di hutan.

Saat mencoba memejamkan mata, tiba-tiba si ayam yang bertengger di pepohonan melihat seberkas cahaya di kejauhan. Setelah diamati, rupanya cahaya itu datang dari suatu rumah. Dia langsung melaporkan apa yang dia lihat kepada teman-temannya. Mendengar hal tersebut, keempat binatang itu memutuskan untuk mendekati rumah itu. Mereka sangat berharap bisa istirahat di sana atau bahkan mendapatkan makanan.

Sesampainya mereka di rumah itu, terlebih dahulu mereka mengintip lewat jendela. Ternyata, di dalamnya ada sekelompok orang dan banyak sekali makanan. Si kucing yang sedang kelaparan, ingin sekali makan makanan itu. “Perutku sudah sangat keroncongan. Ayolah kita cepat masuk ke dalam,” pinta si kucing.

Keledai pun menjawab, “Jangan terburu-buru, kita lihat dulu bagaimana suasana di dalam. Sepertinya gerombolan itu adalah para perampok. Kalau sampai ketahuan, kita pasti akan dibunuh dan dimakan oleh mereka.”

“Kita harus mencari cara agar bisa masuk tanpa tertangkap mereka,” kata anjing.

Setelah mereka berempat berpikir, akhirnya mereka menemukan ide cemerlang. Saat keledai memberi aba-aba, anjing langsung lompat ke punggungnya. Kemudian, kucing memanjat ke punggung anjing lalu disusul ayam jantan yang terbang dan hinggap ke kepala kucing. Ketika mereka siap, keledai meringkik disusul oleh gonggongan anjing, ngeong kucing, dan kokok si ayam jantan yang sangat keras.

Para perampok yang berada di dalam rumah itu merasa ketakutan karena mendengar suara yang aneh itu. Mereka takut jika ada hewan buas yang mendekati mereka. Akhirnya, mereka segera lari keluar menuju pintu. Karena ketakutannya, mereka saling dorong satu sama lain dan berebut untuk bisa keluar dari pintu lebih dulu. Mereka terus berlari ke dalam hutan, menjauhi rumah.

Setelah suasana terlihat aman, keempat binatang tadi segera masuk menuju ke rumah. Dengan gembiranya mereka menyantap semua hidangan yang ada. Karena kekenyangan, akhirnya mereka mengantuk. Apalagi, mereka sudah berjalan sangat jauh, sehingga mereka kelelahan dan tertidur pulas. Setelah itu, mereka berempat pun memutuskan untuk tinggal di rumah itu.

Mereka menghabiskan hari demi hari dengan bahagia dan mereka memutuskan untuk tidak ke kota dan bermain musik. Ternyata, mereka merasa lebih bahagia dan nyaman hidup bersama.

Sumber referensi : quipper.com