Pengertian Moderator, Peserta Diskusi, Sekretaris, dan Penyaji dalam Teks Diskusi Kelas IX

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan pengertian moderator, peserta diskusi, sekretaris, dan penyaji dalam teks diskusi kelas IX revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian moderator, peserta diskusi, sekretaris, dan penyaji dalam teks diskusi kelas IX revisi.

Pengertian Moderator, Peserta Diskusi, Sekretaris, dan Penyaji dalam Teks Diskusi Kelas IX

Gambar: freepik.com

A. Pengertian Pemimpin Diskusi/Moderator

Pemimpin diskusi atau moderator yaitu orang yang bertindak sebagai pemandu diskusi. Pemimpin diskusi atau moderator haruslah fleksibel, artinya pemimpin diskusi bertugas mengatur dan mengarahkan jalannya diskusi. Pemimpin diskusi harus menjadi rekan sederajat dari peserta yang akan menyumbangkan pikiran dan pendapat.

Selain itu, pemimpin diskusi harus menjadi penengah jika terjadi perbedaan pendapat antara peserta diskusi. Oleh karena itu, pemimpin diskusi seharusnya orang yang dapat diterima oleh kelompok atau peserta diskusi. Memilih ketua diskusi tepat tentu akan membuat jalannya diskusi menjadi semakin lancar.

Moderator adalah seseorang yang bertugas untuk memoderasi (mengatur, memandu, menengahi) dan mengawasi jalannya diskusi yang menjadi tanggung jawabnya dengan tujuan utamanya adalah agar diskusi dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan topiknya serta berlangsung secara kondusif. Moderator dalam sebuah presentasi ternyata sangat penting bahkan menjadi orang kedua dalam sebuah presentasi.

Lancar tidaknya jalannya sebuah presentasi yang diikuti dengan diskusi sangat tergantung pada pengaturan seorang moderator yaitu mulai dari mengatur waktu presentasi, waktu tanya jawab, serta menarik tidaknya sebuah presentasi. Oleh karena itu antara presenter dan moderator sebisa mungkin harus menjalin komunikasi terlebih dahulu sebelum memulai jalannya diskusi guna merancang skenario presentasi. Pada saat pelaksanaan diskusi antara moderator dan presenter juga harus saling membantu. Moderator harus dapat menciptakan ide atau topik baru agar diskusi menjadi lebih hidup dan dinamis.

Walaupun demikian moderator harus tetap setia dengan pakemnya sebagai orang kedua dalam sebuah presentasi, sehingga moderator dalam hal ini tidak akan mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan presenter apalagi sampai menjatuhkan sang presenter. Perlu diingat bahwa karena namanya presentasi maka sang presenterlah aktor utamanya dan tetap menjaga agar diskusi bisa lebih fokus dan kondusif dalam berinteraksi.

Menurut wikipedia moderator adalah istilah umum dalam dunia kajian, musyawarah, dan kongres yang mengacu kepada seseorang yang bertindak sebagai penjembatan, penengah, pemandu, dan pengendali ketika sebuah acara sedang berlangsung supaya acara tersebut dapat berjalan dengan tertib. Seorang moderator dituntut untuk bisa netral terhadap silang pendapat, baik antara narasumber dan audiens maupun antar sesama narasumber. Setelah suatu topik disampaikan, moderator memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada audiens sesuai pembatasan masalah dan yang telah disediakan. Di akhir acara, moderator juga bertugas menyimpulkan hasil pembicaraan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan para ahli bahasa moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dsb); pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah.

Ada beberapa urutan langkah yang harus dilakukan moderator dalam sebuah presentasi, yakni :

  1. Pembukaan;
  2. Ucapan Selamat Datang pada Peserta;
  3. Uraian singkat latar belakang dan tujuan presentasi;
  4. Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi;
  5. Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab;
  6. Mengundang Pembicara menyajikan presentasi;
  7. Rangkuman umum inti presentasi penyaji;
  8. Mengundang audiens untuk bertanya;
  9. Ucapan terima kasih kepada penyaji dan audiens;
  10. Moderator menutup presentasi.

Adapun urutan langkah dan contoh dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Pembukaan

Tugas pertama Moderator adalah membuka jalannya presentasi, diskusi, seminar, lokakarya.

Contoh:
Selamat Pagi... Ass. Wr. Wb...
Baiklah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, marilah kita mulai acara ini dengan terlebih dahulu membaca Bismilllah ....

2. Ucapan Selamat Datang Peserta

Tugas berikut adalah mengucapkan selamat datang pada peserta. Saat ini diupayakan agar peserta mendapat kesan yang menyenangkan terhadap acara presentasi sekaligus memberi kesan bahwa Anda adalah seorang moderator yang baik (Kesan pertama begitu menggoda... selanjutnya... terserah Anda...).

Contoh:
Selamat datang bagi para peserta yang luar biasa yang hadir dalam acara Diskusi yang menarik ini dan dilaksanakan di gedung/tempat yang juga nyaman, yaitu...

3. Uraian singkat latar belakang dan tujuan presentasi

Agar peserta tertarik terhadap materi presentasi, terlebih dahulu moderator menceritakan latar belakang dan tujuan presentasi. Disini moderator harus berusaha agar topik yang disajikan itu seolah-olah merupakan hal yang penting, up to date sekaligus dekat dengan kehidupan keseharian peserta.

Contoh:
Diskusi yang menarik ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan kita pada... Oleh karena itu, diskusi kita hari ini akan bertujuan untuk...

4. Perkenalan Penyaji dan Tema Presentasi

Dalam memperkenalkan presenter, upayakan agar audiens merasa yakin dengan kualitas dan kapabilitas si pembicara, utamanya kelayakan kompetensi sehubungan dengan makalah yang hendak disajikan.

Contoh:
Untuk menyemarakkan acara diskusi, sengaja kami mengundang seorang pakar... bernama... jabatan yang pernah disAndangnya adalah... Dan hari ini Beliau telah siap berbagi ilmu dengan pengalamannya tersebut dengan makalahnya yang berjudul... Untuk memperlancar kegiatan presentasi kali ini, saya (nama moderator) akan berusaha memandu acara ini sampai selesai....

5. Penentuan waktu dan mekanisme tanya jawab

Penentuan waktu yang diatur meliputi waktu presentasi dan pengaturan sesi tanya jawab, termasuk alokasi waktu serta jumlah sesi yang akan direncanakan.

Contoh:
Agar diskusi kita berjalan dengan lancar, maka penyaji akan kita persilakan untuk menyajikan makalahnya selama... menit. Sedangkan untuk sesi tanya jawab akan kita beri waktu selama... menit, setelah Bapak... menyajikan makalahnya.

6. Mengundang Pembicara menyajikan presentasi

Contoh:
Saya persilakan pakar kita, Bapak... menyajikan makalahnya...

7. Rangkuman umum inti presentasi penyaji

Rangkuman presentasi biasanya dilakukan pada akhir kegiatan, tetapi ada manfaat khusus jika moderator menyampaikan kesimpulan setelah presenter menyajikan makalah, yakni untuk menarik agar peserta mengajukan pertanyaan, terutama jika presenternya monoton, terlalu teks book atau secara umum kurang baik dalam menampilkan makalah.

Contoh:
Demikianlah penyajian yang menarik dari Bapak/Ibu... Penyajian tadi saya yakin
akan merangsang kita untuk berfikir arti pentingnya... Jalan keluar yang ditawarkan antara lain adalah...

8. Mengundang minat audiens untuk bertanya

Lebih baik jika sesi tanya jawab dibagi dalam beberapa sesi dengan satu sesi maksimum 3 penanya.

Contoh:
Untuk memperjelas makalah yang telah disajikan, kami undang Bapak/ Ibu untuk memberikan pertanyaan. Untuk kesempatan pertama, kami akan buka termin pertama dengan 3 penanya... Mohon Bapak/Ibu menyebutkan nama dan asal instansi sebelum mulai bertanya... serta mohon agar pertanyaan yang diberikan singkat dan tepat sasaran. Kami persilakan...

9. Ucapan terimakasih kepada penyaji dan audiens

Sampaikan dengan ramah, tulus dan penuh senyum.

Contohnya:
Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/ibu... yang berkenan membagi ilmu dan pengalamannya pada acara diskusi hari ini... Rasa terima kasih juga saya sampaikan kepada para hadirin sekalian, utamanya atas partisipasi aktif selama diskusi berlangsung...

10. Moderator menutup presentasi

Menutup dengan ucapan yang bersemangat atau kalimat-kalimat yang bernada optimis atas pemecahan masalah yang telah didiskusikan.

Contohnya:
Kita tutup diskusi kita hari ini dengan ucapan semoga ilmu yang kita peroleh dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari... serta tepuk tangan untuk kita semua...

B. Pengertian Peserta Diskusi

Peserta diskusi adalah orang-orang yang hadir sebagai pendengar dalam diskusi. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mendukung kelancaran diskusi. Beberapa aspek tersebut antara lain mempelajari masalah yang akan didiskusikan (bahas), memperhatikan penjelasan dengan saksama, menanggapi masalah, ikut aktif dalam pemecahan masalah, menghormati orang lain, mematuhi peraturan diskusi, dan yang yang paling penting adalah bersikap sopan dalam diskusi.

C. Pengertian Sekretaris

Sekretaris merupakan orang yang bertugas sebagai pencatat dalam forum diskusi.

Menurut (Darmo, 2014) Secretary berasal dari kata secret yang berarti rahasia. Sesuai dengan asal katanya, sekretaris adalah orang yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia dalam melaksanakan pekerjaannya dalam arti rahasia perusahaan atau yang tidak perlu diketahui oleh orang lain atau para pegawai.

Sedangkan menurut (Dewi, 2011) Sekretaris merupakan seorang yang membantu pimpinan menyelenggarakan bagian-bagian kecil tugas pimpinan dan memiliki kedudukan yang lebih bertanggung jawab. Sekretariat merupakan satuan organisasi dimana di dalamnya, sekretaris beserta para pembantunya melakukan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok dan administrasi.

D. Pengertian Penyaji (Pemrasaran)

Penyaji atau pemrasaran adalah orang yang memberikan materi diskusi atau pembicara dalam diskusi. Penyaji tidak harus ada dalam diskusi, tetapi jika penyaji tersebut ada, dia merupakan ahli atau tokoh yang menguasai topik masalah yang akan di bahas dalam diskusi tersebut.

Sumber referensi: dinkes.ntbprov.go.id