Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku : Unsur Kebahasaan Teks Berita Kelas VIII

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian kata baku dan tidak baku dilengkapi dengan contohnya yang terdapat dalam unsur kebahasaan teks berita muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi terbaru menggunakan Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian kata baku dan tidak baku dilengkapi dengan contohnya yang terdapat dalam unsur kebahasaan teks berita muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi.

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku : Unsur Kebahasaan Teks Berita Kelas VIII

Gambar: freepik.com

Bahasa yang digunakan dalam teks berita harus baku atau sesuai standar bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan karena pembaca teks berita bersifat umum dan berasal dari berbagai kalangan. Untuk menjembatani pemahaman khalayak dari berbagai kalangan itu, bahasa baku mutlak digunakan.

Bahasa baku dibentuk oleh kata-kata baku. Adapun kata baku yaitu kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

A. Pengertian Kata Baku

Kata baku adalah kata yang penggunaanya sudah sesuai dengan kaidah atau pedoman bahasa Indonesia yang telah ditentukan. Pengertian lain dari kata baku adalah sebagai kata yang sudah benar dari segi aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia.

Kaidah Bahasa Indonesia ini dikenal sebagai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) atau tata bahasa baku. Kata baku umumnya sering digunakan pada kalimat yang resmi, baik itu dalam suatu tulisan maupun dalam pengungkapan kata-kata.

Biasanya, kata baku digunakan untuk penulisan ataupun pengungkapan kata-kata yang bersifat resmi baik dalam suatu tulisan atau dalam pengungkapan kata. Penggunaan kata baku ini menandakan bahwa Anda menghargai dan menghormati seseorang yang kedudukannya diatas Anda.

B. Ciri-Ciri Kata Baku

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kata baku adalah sebagai berikut.

  1. Kata baku tidak dapat berubah setiap saat
  2. Bukan merupakan bahasa percakapan sehari-hari
  3. Tidak terpengaruh bahasa asing
  4. Tidak terpengaruh bahasa daerah
  5. Memiliki minimal subjek dan predikat.
  6. Penggunaan kata baku sesuai dengan konteks di dalam kalimat
  7. Kata baku tidak mengandung arti pleonasme (lebih dari apa yang diperlukan)
  8. Kata baku mempunyai arti yang pasti tidak rancu

C. Pengertian Kata Tidak Baku

Kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering digunakan saat percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur. Untuk jenis kata yang satu ini ternyata bisa muncul karena penggunaan bahasa yang salah dan terus diulang. Beberapa orang tidak dapat membedakan yang mana kata baku atau tidak.

Bahkan, beberapa orang keliru menganggap kata yang sering dipakai olehnya merupakan kata baku yang sesuai kaidah bahasa Indonesia. Hal ini dapat menjadi kebiasaan yang buruk jika menggunakan kata-kata secara tidak tepat.

D. Ciri-Ciri Kata Tidak Baku

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kata tidak baku adalah sebagai berikut.

  1. Tidak memiliki subjek atau predikat atau keduanya.
  2. Menggunakan kata-kata, frasa atau bentuk lain yang tidak perlu.
  3. Dapat terpengaruh bahasa daerah atau bahasa asing
  4. Terpengaruh oleh perkembangan zaman
  5. Digunakan dalam pembicaraan santai sehari-hari
  6. Dapat dibuat oleh siapa saja sesuai keinginannya
  7. Ejaan yang digunakan tidak tepat atau tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
  8. Bersifat ambigu sehingga kerap terjadi salah penafsiran.
  9. Preposisi tidak digunakan dengan tepat.

E. Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

Berikut ini adalah beberapa contoh kata baku yang sering muncul di dalam teks berita yang perlu kalian ketahui. Adapun contoh kata baku tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kata baku (apotek) tidak baku (apotik)
  2. Kata baku (fitnah) tidak baku (pitnah)
  3. Kata baku (silakan) tidak baku (silahkan)
  4. Kata baku (nasihat) tidak baku (nasehat)
  5. Kata baku (anugerah) tidak baku (anugrah)
  6. Kata baku (tidak) tidak baku (enggak)
  7. Kata baku (telepon) tidak baku (telefon)
  8. Kata baku (desain) tidak baku (disain)
  9. Kata baku (bus) tidak baku (bis)
  10. Kata baku (asam) tidak baku (asem)
  11. Kata baku (asas) tidak baku (azas)
  12. Kata baku (risiko) tidak baku (resiko)
  13. Kata baku (surga) tidak baku (sorga)
  14. Kata baku (wujud) tidak baku (ujud)
  15. Kata baku (antre) tidak baku (antri)

F. Soal Latihan Kata Baku dan Tidak Baku

Tentukanlah kata baku dan tidak baku yang terdapat dalam teks berikut ini!

Mau Tau Siapa Pemain Bola dengan Gaji Tertinggi di Dunia? Bukan Messi atau Ronaldo, Lho!

Saat Carlos Tevez hengkang dari Juventus ke Boca Juniors, banyak yang nyangka ia akan mengakhirkan karirnya di klub dari tanah kelahirannya tersebut. Maklum, ia kini berusia 33 tahun, alias umur senja pesepakbola. Namun, tanpa diduga Tevez malah meninggalkan kelub Argentina tersebut demi berkarier di Liga Tiongkok.

Meski beberapa fans Boca Juniors memohon agar tak hengkang, Tevez tampaknya tetap teguh berpindah club. Saat laga melawan Colon di Stadion Alberto Jose Armando, Senen (19/12), Tevez mengucapkan perpisahan pada fans Boca Juniors.

Apa yang bikin Tevez rela berkelana jauh dari Argentina ke Tiongkok? Gaji besar mungkin menjadi jawabannya. Mantan pemain Manchester City itu bakal pindah ke klub kaya raya asal Tiongkok, Shanghai Shenhua. Sebagaimana dikutip SuperBall.id dari Dailymail, Senin (19/12), Tevez bakal dapet bayaran selangit dari Shenhua.

Pemain yang sempat berkarir di Juventus itu akan dikasih gaji sebesar 615 rebu pounds atau sekitar Rp 10 miliar per pekan. Besarnya angka tersebut menjadikan Tevez sebagai pesepakbola dengan gaji tertinggi dunia! Gaji Tevez masih lebih besar dari Oscar yang bergabung ke klub liga Tiongkok, Shanghai SIPG. Oscar, yang masih berstatus sebagai pemain Chelsea, dikabarkan akan menerima gaji sebesar 400 ribu pounds atau sekitar Rp 6 miliar per pekan saat memperkuat Shanghai per Januari 2017 ini.

Bahkan, gaji bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo juga tertinggal jauh dari Tevez. Ronaldo, yang baru menandatangani kontrak baru di Madrid pada November lalu, menerima gaji sebesar 356 ribu pounds atau sekitar Rp 6 miliar per pekan.;

Gokil yah?