"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 16 November 2021

Pengertian dan Contoh Tubuh (Body) Teks Berita - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh tubuh (body) teks berita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian dan contoh tubuh (body) teks berita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Pengertian dan Contoh Tubuh (Body) Teks Berita - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Gambar: freepik.com

Pengertian Tubuh (Body) Teks Berita

Tubuh (body) berita adalah bagian isi uraian lengkap yang menjelaskan seluruh unsur-unsur teks berita. Adapun unsur-unsur teks berita tersebut antara lain Apa, Siapa, Di mana, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana. Unsur-unsur teks berita ini biasanya dikenal dengan istilah ADIKSIMBA.

Contoh Tubuh (Body) Teks Berita 

Berikut ini adalah kumpulan beberapa contoh paragraf bagian tubuh teks berita yang wajib kalian ketahui sebelum membuat teks berita. Adapun contoh teks berita tersebut adalah sebagai berikut:

Tubuh Berita I

Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

Tubuh Berita II

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta.

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mengabdi sebagai TNI.

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang.

Tubuh Berita III

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal.

Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Tubuh Berita IV

Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat.

Tubuh Berita V

Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah dan surat-surat tanah miliknya.

Tubuh Berita VI

Bambang menyebut, Disparekraf melakukan beberapa upaya untuk mencegah adanya kerumunan di tempat usaha pada malam tahun baru. Upaya tersebut, yakni melakukan pengawasan mandiri, pengawasan secara terpadu atau gabungan, serta pelaporan melalui warga atau media.

"Dan mystery guest,"tutur Bambang. Disparekraf DKI Jakarta tidak berencana untuk menggelar acara tahun baru, meski melalui virtual. "Dinas Pariwisata hingga saat ini tidak ada rencana menggelar acara malam tahun baru, walaupun secara virtual," kata Bambang. Dalam surat edaran terdapat empat poin edaran yang harus diperhatikan pemilik usaha pariwisata, baik berupa hotel, restoran, kafe, dan sebagainya.

Poin pertama, kegiatan operasional usaha pariwisata yang dinyatakan boleh beroperasi di masa PSBB transisi harus mematuhi ketentuan PSBB transisi. Kedua, tidak diperkenankan melakukan perayaan kegiatan Malam Tahun Baru 2020-2021, yang berpotensi menciptakan kerumunan atau keramaian pada kegiatan.

Ketiga, tim Satgas Penanganan Covid-19 Internal yang berada di hotel dan restoran diminta untuk melaksanakan tugas pengawasan. Selain itu, tempat usaha juga harus menjamin tidak terjadi kerumunan. Pemilik atau pengelola usaha juga harus mendisplinkan tamu atau pengunjung tentang protokol kesehatan Covid-19.

Tubuh Berita VII

Sesampainya di SPBU Ujung Menteng, pengemudi kemudian hilang kendali. Selain Yusuf, ada penumpang seorang perempuan di dalam mobil tersebut. Kecelakaan diduga akibat out of control. Di SPBU Ujung Menteng tidak bisa menguasai dan kendaraan oleng ke kanan menabrak median jalan lalu masuk ke jalur kanan. Fahri mengatakan akibat kejadian tersebut, penumpang inisial EN alami luka ringan. Korban kemudian langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Pajero Sport bernomor polisi B-1635-KJE menabrak separator jalan di daerah Ujung Menteng, Jakarta Timur. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, Kompol Telly Bahurte mengatakan polisi yang menerima informasi kecelakaan tersebut langsung datang ke lokasi. Menurutnya, kendaraan serta surat izin mengemudi (SIM) pengemudi kendaraan itu telah diamankan.

Tubuh Berita VIII

Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara Muslim Muchtar mengatakan, selain pemukiman warga, banjir juga merendam jalan Trans Sulawesi Masamba, yang membuat kendaraan tak dapat melintas. Muslim mengatakan, di sejumlah titik permukiman warga terendam hingga satu meter, yang membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang terjadi saat ini merupakan banjir susulan setelah sebelumnya pada tiga pekan lalau diterjang banjir setinggi dua meter yang membawa material berupa pasir bercampur kayu. Sejumlah relawan yang masih berada di lokasi pengungsian seperti PMI, ACT dan lainnya kini melakukan evakuasi terhadap warga bersama BPBD Luwu Utara.

Tubuh Berita IX

Dia mengaku, pilihan pensiun dini yang diambilnya itu sebagai langkah serius pencalonanya untuk maju dalam Pilkada Tangsel. Apalagi, dukungan kuat sejumlah partai besar juga telah dikantongi.

"Udah lega. Pengunduran diri ini agar tidak mengganggu proses pembangunan daerah, karena ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan Sekda. Selain itu, supaya fokus di lapangan," terangnya.

Dalam pengunduran dirinya menjadi ASN Pejabat Sekda Tangsel tersebut, Muhamad juga mengembalikan seluruh aset kendaraan dinas miliknya, berupa empat mobil mewah dan satu sepeda motor diantaranya, Nissan Serena B 1967 WQN, Toyota Camry B 1024 WQA, Innova Venturer B 1389 WQN dan Honda CR-V B 1019 WQH.

Tubuh Berita X

Puluhan warga bahu-membahu membersihkan ruang, perabotan, dan semua patung dewa dalam vihara tersebut. Patung-patung ini dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor.

Kemeriahan menyambut Imlek juga terasa di Semarang, Jawa Tengah. Walau demikian, warga di kota ini memiliki cara berbeda untuk menyambutnya. Mereka menggelar sebuah pasar kaget di wilayah Pecinan, Semarang yang disebut Pasar Semawis. Saat pasar dibuka, bukan hanya budaya Negeri Tionghoa yang dipertunjukkan.

Tubuh Berita XI

Selain korban jiwa, luka-luka, dan hilang, BNPB juga merilis kerugian fisik meliputi 330 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat, sedangkan puluhan kapal dikabarkan rusak ringan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pada Senin (23/12) pagi menegaskan bahwa pendataan masih dilakukan karena kemungkinan data korban dan kerusakan akan masih terus bertambah.

Tubuh Berita XII

Tanah longsor terjadi di perbukitan wilayah Kelurahan Aek Perombunan, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (4/8/2020). Ada empat orang yang tertimbun.

"Empat orang tertimpa longsoran tanah tadi pukul 16.00 WIB. Dua orang berinisial AN (14) dan JH (20) meninggal. Menurut keterangan warga, korban tertimpa saat mengambil pasir untuk bahan bangunan rumah," kata Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin.



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Contoh Tubuh (Body) Teks Berita - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer