"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 22 November 2021

Pengertian dan Contoh Kaki (Leg) Teks Berita Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi Terbaru



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kaki (leg) berita yang terdapat dalam struktur teks berita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar pengertian dan contoh kaki (leg) berita yang terdapat dalam struktur teks berita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi.

Pengertian dan Contoh Kaki (Leg) Teks Berita Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi Terbaru

Gambar: pixabay.com

1. Pengertian Kaki Berita

Kaki (leg) berita merupakan bagian penutup yang berupa simpulan atau penegasan ulang. Kaki berita adalah bagian terakhir dari struktur teks berita itu sendiri. Paragraf kaki (leg) berita biasanya hanya terdiri dari satu atau dua paragraf saja. Adapun paragraf tersebut terletak di bagian akhir teks berita. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat beberapa contoh paragraf kaki (leg) berita di bawah ini.

2. Contoh Kaki (Leg) Berita

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf kaki (leg) berita yang bisa kalian jadikan referensi sebelum membuat teks berita yang baik dan benar.

Kaki (Leg) Berita 1

Persaingan juga makin ketat, banyak klub kaya di Liga Inggris yang sudah melakukan 'revolusi' dan berujung meraih trofi. Liga Inggris memang jadi seru setiap musimnya, tidak ada lagi klub yang mendominasi. Para manajer dituntut untuk selalu memberikan yang terbaik.

Tidak ada lagi masa-masa seperti Sir Alex atau Arsene Wenger, yang dulu belasan tahun melatih klub dan menghasilkan banyak pemain akademi top. Sekarang dikit-dikit pecat. Dikit-dikit pecat. Mungkin itu pula yang bikin Setan Merah jadi susah mendapatkan (atau menemukan?) jati diri. Ujung-ujungnya, fans MU pun terus saja bertubi-tubi kena sindir macam begini: masih pada betah di dalam gua?

Kaki (Leg) Berita 2

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi bersama Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) se-DKI Jakarta di Hotel Bintang Wisata Mandiri, Senin (11/10). Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar dalam arahannya bersyukur dengan adanya kegiatan ini karena banyak ilmu yang didapatkan dalam bidang teknologi informasi di era digitalisasi saat ini.

"Saya berharap di era penuh tantangan saat ini, MUI DKI tidak kalah untuk menguasai teknologi karena Bidang Infokom ini adalah otak MUI DKI dalam bidang informasi," kata Munahar, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11). Munahar berharap Infokom memiliki ahli atau cyber army untuk melawan orang-orang yang menghantam umat Islam karena tugas utama MUI adalah amar makruf nahi mungkar.

Kaki (Leg) Berita 3

Nantinya konsentrasi aksi unjuk rasa akan dibagi di tiga wilayah yang sudah dia sebutkan di atas. Pihaknya memastikan aksi tersebut mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan virus Corona (COVID-19), dan tetap menjaga ketertiban umum.

"Tentu nanti akan diatur teknis unjuk rasanya mungkin 10 ribu di Istana, 10 ribu di Balai Kota, 10 ribu Kemnaker. Ini nggak main-main, sungguh-sungguh ini, tentu aksi ini harus mempertimbangkan protokol kesehatan, PPKM Level 1 dan juga arahan-arahan dari aparat keamanan agar tidak mengganggu ketertiban," tambahnya.

Kaki (Leg) Berita 4

"Kita minta, (Junimart) bijak ngasih opini. Kita organisasi sudah tua, 61 tahun. Kita ada di mana-mana sampai tingkat desa. Sistem organisasi mapan," ucap Ketua Bidang Polhankamnas Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN PP) Piala HS, saat dihubungi, Minggu (21/11/2021). Piala menyebut, anggota Pemuda Pancasila dari berbagai kalangan termasuk Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Nyalla Mahmud Mattalitt.

"Pimpinan penting di negara ini juga anggota kita, pengurus kita," ucapnya. "(Bamsoet) Wakil Ketua Umum, Ketua DPD itu Ketua MPW PP Jawa Timur. Jadi kasih statement jangan singgung perasaan anggota, jangan menggeneralisir (kasus bentrok di Cilegon kesalahan seluruh organisasi), jangan meresahkan," katanya.

Kaki (Leg) Berita 5

Figur yang akan mendapat gelar profesor kehormatan juga harus diajukan oleh perguruan tinggi setelah rapat senat perguruan tinggi kepada menteri dengan melampirkan karya-karya yang bersangkutan.
Sementara itu Permendikbud nomor 40 tahun 2012 Pasal 2 berbunyi: Menteri dapat menetapkan seseorang yang memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa untuk diangkat sebagai profesor/guru besar tidak tetap pada perguruan tinggi berdasarkan pertimbangan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Aturan-aturan di atas juga mengatur seorang profesor kehormatan atau guru besar tidak tetap juga tidak punya tuntutan untuk kerja penuh waktu dan tidak memiliki beban kerja dosen.
Di samping itu, tidak ada batas pensiun bagi Megawati Soekarnoputri setelah menerima gelar profesor kehormatan, dan tidak ada tunjangan.

Kaki (Leg) Berita 6

Untuk diketahui, pertemuan hangat Megawati Soekarnoputri hingga Prabowo Subianto terjadi di Istana Kepresidenan. Pertemuan hangat itu terjadi sesaat sebelum pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Berdasarkan foto yang diterima detikcom, Kamis (18/11/2021), tampak Megawati dan Prabowo duduk dalam satu ruangan. Hadir pula Ketua DPP PDIP Puan Maharani di samping Megawati.

"Pada saat saya mendampingi Ibu Megawati, saya lihat Pak Prabowo berjalan cepat menuju tempat Bu Mega. Lalu saya sampaikan ke Ibu, ada Pak Prabowo. Ibu Mega lalu menunggu, bersalam sapa dengan hangat, dan kemudian masuk ke ruangan VVIP bersama, dengan Mas Pramono Anung dan saya dampingi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan menjelaskan momen itu.

Kaki (Leg) Berita 7

Airbus mengklaim jika A400M merupakan pesawat militer paling canggih saat ini. Kehadiran A400M bakal bersaing dengan sejumlah pesawat lain seperti Lockheed Martin C-130 Hercules dan TRANSALL C-160. Airbus A400M melakukan penerbangan perdana pada 2009 lalu dan baru masuk ke tahap produksi pertama kali di tahun 2013. Hingga saat ini, pesawat sudah dipesan oleh 10 negara dengan pemesan terbanyak adalah Jerman (60 unit), Prancis (50 unit), Spanyol (27 unit), Inggris (25 unit), dan Turki (10 unit).

Kaki (Leg) Berita 8

Ciri alami PDIP adalah bekerja sama dengan partai politik yang memiliki komitmen memajukan Indonesia. Tujuannya, memperbaiki kehidupan masyarakat Tanah Air. "Tentang kerja sama parpol, itu sudah menjadi 'nature'-nya PDI Perjuangan selama kerja sama itu bagi kemajuan Indonesia Raya dan tentunya untuk perikehidupan rakyat yang lebih baik," sebut Hasto.

Untuk Pilpres 2024, PDIP memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan pemetaan. PDIP sendiri melihat situasi dan kondisi politik RI masih cukup dinamis. "Terkait kerja sama untuk pilpres, masih cukup waktu untuk melakukan konsolidasi dan pemetaan politik yang begitu dinamis," ucap Hasto.

Kaki (Leg) Berita 9

Ussy Sulistiawaty merasa sangat kehilangan Vanessa Angel. Ia percaya Tuhan menempatkan Vanessa di sisi yang baik. "Vanessa kan temannya banyak, sahabatnya banyak, jadi semuanya dekat. Kalau dibilang dekat, ya dekat, tapi memang di akhir hidupnya kalau aku lihat Vanessa itu temennya banyak banget. Jadi semua orang merasa kehilangan, karena dia memang sangat gampang dekat sama orang," pungkas Ussy.

Kaki (Leg) Berita 10

Pria yang pernah membesut Barcelona pada 2014-2017 itu yakin bahwa Xavi bakal mampu melewati situasi sulit di klub. Enrique turut memprediksi Barca asuhan Xavi bakal susah ditaklukkan lawan-lawannya. "Xavi telah melewati masa-masa buruk dan selalu pulih. Saya tahu bahwa dia sepenuhnya siap. Timnya akan sulit dikalahkan," kata Luis Enrique kepada RTVE, dikutip dari Sportskeeda.

Kaki (Leg) Berita 11

Lorenzo bisa saja gagal merengkuh juara andaikan dia disalip dua rider Repsol Honda, Marquez dan Dani Pedrosa, di Valencia. Namun, The Baby Alien enggan menyalip X-Fuera dan justru 'menghalang-halangi' Pedrosa meraih podium pertama. Sikap Marquez tersebut dianggap sebagai bagian dari strateginya untuk menjegal Rossi meraih juara dunia, sekaligus 'membantu' Lorenzo ke titel jawara. The Doctor pun amat sakit hati dengan kelakuan rivalnya itu.

Kaki (Leg) Berita 12

"Kan bisa dia beli aja pecel. Terus lu makan nasi lain, terus makan bareng. Orang gak doyan dipaksa anjir," tulis netizen lainnya. Jangan kan hubungan pacaran, hubungan yang satu langkah lagi ke pelaminan pun menjadi berantakan hanya karena makanan. Kejadian aneh tersebut terjadi di India.

Seorang calon pengantin pria membatalkan pernikahannya hanya karena keluarga calon pengantin wanita tidak menyajikan makanan kesukaannya di pesta pernikahan. Padahal kondisi saat itu, calon pengantin pria dan keluarga sudah mendatangi rumah calon pengantin wanita. Parahnya lagi, pria tersebut memilih menikah dengan wanita lain.

Kaki (Leg) Berita 13

Pada nasi pecel pincuk Madiun, misalnya, enak dinikmati dengan mendol tempe. Lalu ada juga nasi krawu Gresik yang identik dengan lauk daging dan jeroan sapi. Menyusuri Situbondo, jangan lupa cicip nasi sodu yang dilengkap kuah santan dan sayur labu. Kemudian nasi boran dari Lamongan terkenal dengan lauk otak-otak bandengnya. Tak ketinggalan nasi tempong dari Banyuwangi yang pedasnya nampol! Berikut lima nasi rames khas Jawa Timur yang layak kamu cicipi.

Kaki (Leg) Berita 14

Kemudian Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, yang juga pimpinan rapat Komisi VII mempertanyakan surat penggantian tersebut kepada forum. Seluruh forum rapat Komisi VII menyetujui perubahan tersebut. "Apakah dapat disetujui?" tanya Gobel. "Setuju," jawab forum rapat Komisi VII.
Untuk diketahui, jabatan Wakil Ketua Komisi VII awalnya diemban oleh Bambang Wuryanto. Kini Bambang Pacul dirotasi sebagai Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Herman Herry yang kini juga dirotasi menjadi anggota Komisi VII DPR RI.

Kaki (Leg) Berita 15

Rinciannya, di tahun 2017 Arsenal kalah 1-3 dan 0-4. Di Desember 2018, kalah 1-5, di Agustus 2019 kalah 1-3, di September 2020 kalah 1-3, dan terbaru kalah 0-4. Ya, Liverpool sedikitnya bikin tiga gol ke gawang Arsenal di Anfield.

Arsenal sendiri sebenarnya lagi dalam tren gemilang dan perlahan kembali ke papan atas Liga Inggris. Kekalahan dari Liverpool, bikin lajunya sedikit terhambat. Arsenal sementara berada di peringkat kelima Klasemen Liga Inggris dengan koleksi 20 poin. Sedangkan Liverpool, di tempat ketiga dengan 25 poin.

Kaki (Leg) Berita 16

Keterangan yang disampaikan Sebby Sambom tersebut disampaikan atas nama Panglima Komando Daerah Pertahanan XVI Yahukimo, Brigjen Elkius Kobak dan Komandan Operasi Kodap XVI Yahukimo Erick Bahabol.

"Panglima Komando Daerah Pertahanan XVI Yahukimo Brigadir Jenderal Elkius Kobak mengaku bertanggung jawab atas penembakan yang terjadi pukul 8 :00 WPB tanggal 20 November 2021 di Daerah suruh-Suruh yang menjadi Wilayah Perang Batalyon Yamue," kata TPNPB-OPM.

Kaki (Leg) Berita 17

Pergantian Danjen Kopassus ini tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI nomor Kep/1029/XI/2021. Surat terbit pada 17 November 2021 atau sesaat usai Jenderal Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau untuk mutasi kemarin, setiap Panglima TNI, itu sebetulnya Wanjakti ini sudah selesai September. Jadi Wanjakti itu normalnya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dan yang terakhir bulan September kemarin," jelas Andika mengawali penjelasannya soal pergantian Danjen Kopassus kepada wartawan di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/11).

Kaki (Leg) Berita 18

Saat menjual lukisan tersebut, anak-anak Carlhian tidak percaya bahwa itu adalah lukisan asli, jadi mereka menjualnya dengan harga murah sebesar US$ 30. Belakangan, nilai asli dari lukisan itu baru diketahui setelah seorang kolektor seni bernama Clifford Schorer menemukan lukisan tersebut.
"Itu adalah momen yang luar biasa ketika saya melihat Dürer," kata Schorer kepada The Art Newspaper.

Setelahnya keaslian dari lukisan itu dicek oleh Christof Metzger, kepala kurator di Museum Albertina, Wina, Austria, bersama dengan mantan kurator British Museum, Giulia Bartrum. Keduanya merupakan kurator terkemuka yang khusus mengamati karya Albrecht Dürer. Usai dicek keasliannya, Schorer memperkirakan nilai sebenarnya dari lukisan tersebut sekitar US$ 50 juta atau setara Rp 711 miliar.

Kaki (Leg) Berita 19

"Memang enggak mudah untuk menjaga mood, pikiran, motivasi dalam kondisi lelah, untuk bisa kembali 100% dengan jadwal yang begitu padat, turnamen yang sangat ketat persaingannya. Benar-benar harus fresh banget kan," ungkapnya dalam jumpa pers Indonesia Open 2021 di Bali International Convention Center, Senin (22/11/2021) siang.

"Kalau saya pribadi saya lebih memilih untuk melakukan hal-hal yang saya suka, biar enggak terlalu butek pikirannya di bulutangkis. Karena tiap hari, tiap minggu ada jadwal pertandingan yang padat, saya melakukan hal-hal yang saya suka, untuk menghilangkan rasa bosen. Nonton film, main game, itu aja sih," imbuhnya.

Kaki (Leg) Berita 20

"Ini kan padet ya pertandingannya, tapi sebelum itu kita bener-bener setop karena pandemi, dan sekarang kita dapat jadwal padat. Jadi kadang saya berpikir dinikmati, disyukuri aja, karena ini pekerjaan kita," ungkap Apriyani.

"Jadi dalam situasi karantina di Bali, itu juga mungkin karena atlet-atlet udah pada jenuh sekali, datang ke sini harus diisolasi juga, buat menjaga kita, jadi dibuat seperti ini. Kita semua harus memberikan apresiasi untuk event manager-nya, Indonesia sudah bekerja dengan bagus," timpal Greysia. "Kita sebagai atlet sebenernya juga harus menjaga mental, pikiran relaks, tapi enggak boleh terbuai. Harus tetap siaga, masih ada pertandingan, walaupun memang kadang agak sulit," tambahnya.

Sumber referensi: detik.com



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Contoh Kaki (Leg) Teks Berita Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi Terbaru

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer