"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 13 November 2021

Pengertian dan Contoh Teras Berita (Lead) - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh teras berita (lead) dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teras berita (lead) dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi terbaru.

Pengertian dan Contoh Teras Berita (Lead) - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Gambar: freepik.com

Pengertian Teras Berita (Lead)

Teras berita (lead) merupakan bagian kedua dalam struktur teks berita yang berisi satu paragraf pembuka yang memuat intisari berita yang paling menarik. Biasanya bagian ini berisi unsur-unsur teks berita berupa apa, kapan, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana. Unsur-unsur teks berita tersebut biasa kita kenal dengan istilah sederhana yaitu ADIKSIMBA.

Contoh Teras Berita (Lead)

Berikut ini adalah beberapa contoh kutipan teras berita (lead) dalam teks berita. Adapun contoh dari teras berita tersebut adalah sebagai berikut.

Teras Berita 1

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium di Indonesia (Gakeslab) Randy Teguh mengatakan naik pesawat harusnya cukup memakai hasil tes antigen saja. Ini ia dasarkan pada hasil penelitian para ilmuwan yang menunjukkan pesawat terbang merupakan tempat penularan virus covid-19 paling rendah. Sebab pesawat menggunakan sejumlah teknologi untuk mengantisipasi terjadinya penularan. "Beberapa evidence based dari Epidemiolog Griffith University mengatakan penularan di pesawat itu paling rendah karena di pesawat ada Hepa Filter," kata Randy dalam webinar Kadin Indonesia, Jumat (12/11).

Teras Berita 2

Jakarta, CNN Indonesia - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), meminta warga waspada karena muka air sungai mulai naik akibat hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir. "Mataram berada di daerah hulu, jadi ketika terjadi hujan di hilir maka berdampak pada naiknya debit air sungai Mataram, meskipun di Mataram tidak hujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram, Mahfuddin Noor, Jumat (12/11) seperti dikutip dari Antara. Ia mengatakan, satuan tugas terpadu penanganan bencana sudah berpatroli untuk memantau kondisi sungai-sungai yang melintasi ibu kota provinsi NTB itu, termasuk Sungai Jangkuk, Ancar, Unus, dan Kali Brenyok.

Teras Berita 3

Jakarta - Usai kecelakaan yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Tubagus Joddy yang menjadi rekan sekaligus sopir keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka, Bunda. Ia dinyatakan bersalah atas kasus kelalaian saat berkendara. Saat ini, Joddy masih dalam pemeriksaan pihak kepolisian. Pihak berwajib masih mengorek informasi lebih dalam terkait peristiwa yang menyebabkan Vanessa dan Bibi meninggal dunia di Tol Jombang KM 672 pada 4 November lalu. Dalam satu kesempatan, adik ipar Vanessa Angel sempat mengungkap soal kedekatan kakaknya dengan Joddy. Fuji, adik mendiang Bibi menceritakan asal-usul Joddy sebelum dipercaya menjadi sopir oleh sang kakak.

Teras Berita 4

Makassar, CNN Indonesia - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan beberapa daerah di Sulsel yang rawan terdampak bencana hidrometeorologi. Sementara, Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan ancaman badai La Nina yang menerpa wilayah di Indonesia. Daerah yang rawan terdampak bencana hidrometeorologi, berdasarkan pemetaan dilakukan di Kabupaten Wajo dan daerah di wilayah Luwu Raya yang menjadi perhatian serius Pemprov Sulsel. "Kita belajar dari pengalaman lalu, ada daerah yang sudah menjadi langganan, kayak Wajo, wilayah longsor seperti Luwu Raya seperti Palopo, Masamba, dan beberapa daerah selatan perlu diwaspadai dan kesiapsiagaan," kata Gubernur Sulsel, Kamis (11/11).

Teras Berita 5

Jakarta, CNN Indonesia - Turki melarang warga Suriah, Yaman, dan Irak untuk terbang dari negaranya menuju Belarus demi mencegah krisis imigran lebih jauh di Uni Eropa. Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Turki (SHGM) menyatakan bahwa mereka melarang penjualan tiket penerbangan ke Belarus kepada warga Suriah, Irak, dan Yaman, mulai hari ini, Jumat (12/11). "Terkait masalah penyeberangan perbatasan ilegal antara Uni Eropa dan Belarus, diputuskan larangan penjualan tiket dan masuk ke pesawat bagi warga Irak, Suriah, dan Yaman yang ingin pergi ke Belarus dari bandara negara kami," demikian pernyataan SHGM melalui Twitter. Sebagaimana dilansir Reuters, tak lama setelah itu, Wakil Presiden Komisi Eropa, Margaritis Schinas, langsung merilis pernyataan yang mengapresiasi keputusan Turki.

Teras Berita 6

Jakarta, CNN Indonesia - Wacana Presiden Xi Jinping memimpin tiga periode mengemuka usai Partai Komunis China (PKC) merilis resolusi, Kamis (11/11). Pengamat hubungan internasional membeberkan dampak ke Indonesia jika wacana itu terwujud. Pengamat Hubungan Internasional (HI) Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah, mengatakan bahwa di level bilateral, pola hubungan Indonesia dan China akan bertahan jika Xi terus berkuasa. "Saya pikir kalau dia bertahan, maka pola hubungan bilateral sama China bertahan. Investasi China tetap. Proyek-proyek infrastruktur China akan bertahan, kemudian belt and road initiative lanjut terus. Salah satu keuntungannya adalah proyek infrastruktur China bertahan untuk Indonesia," kata Rezasyah kepada CNNIndonesia.com, Jumat (12/11).

Teras Berita 7

Jakarta, CNN Indonesia - Setidaknya tiga orang tewas imbas ledakan yang terjadi di salah satu masjid di distrik Spin Ghar, Provinsi Nangarhar, Afghanistan, saat salat Jumat berlangsung. "Saya bisa mengonfirmasi ledakan saat salat Jumat di dalam masjid di distrik Spin Gahar. Ada yang meninggal, ada yang terluka," ujar seorang pejabat Taliban kepada AFP, Jumat (12/11). Dokter dari rumah sakit lokal mengatakan bahwa sejauh ini ada tiga orang yang tewas. "Sejauh ini ada tiga orang yang tewas, 15 terluka," ujar dokter tersebut.

Teras Berita 8

Jakarta, CNN Indonesia - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti meminta kepada Mendikbudristek Nadiem Makarim untuk mengakomodasi aspirasi umat Islam terkait polemik Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi (PPKS). "Sebaiknya Mendikbud mengakomodasi aspirasi masyarakat, khususnya umat Islam," kata Abdul kepada CNNIndonesia.com, Jumat (12/10). Abdul menegaskan Muhammadiyah masih bersikap sama tetap menolak aturan tersebut. Meski demikian, ia masih berupaya untuk melakukan komunikasi ke Nadiem agar aturan tersebut bisa direvisi.

Teras Berita 9

Jakarta, CNN Indonesia - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mengaku akan sowan ke berbagai pihak dalam beberapa bulan ke depan. Langkah sowan-sowan itu ditempuhnya demi mendapat masukan usai Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi menuai polemik di tengah masyarakat.

"Semua masukan itu, kami dalam beberapa bulan ke depan, kami pasti akan datang dan sowan ke berbagai macam pihak dan mengerti kalau mereka punya kekhawatiran," kata Nadiem dalam diskusi Merdeka Belajar episode 14 'Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual' yang berlangsung virtual, Jumat (12/11). Pihaknya juga akan berdiskusi dengan berbagai pemangku kepentingan, khususnya kalangan dosen serta mahasiswa untuk mendengarkan masukan seputar Permendikbudristek PPKS di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Teras Berita 10

Jakarta, CNN Indonesia - Sekjen Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan semua rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) satu suara dalam mendukung Permendikbud 30/2021 soal Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). "Kalau di Kementerian Agama enggak ada (yang menolak), semua sepakat, mufakat. Mana (yang menolak)? Nggak ada. Full 100 persen satu suara (mendukung Permendikbud)," ujar Nizar Ali di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (11/11), dikutip dari Antara. 

Sumber referensi: CNN Indonesia



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Contoh Teras Berita (Lead) - Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer