"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 04 November 2020

Kumpulan 40+ Contoh Soal UBKD Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh soal Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh soalnya bisa kalian lihat berikut ini.

Kumpulan 40+ Contoh Soal UBKD Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban

1. Bacalah paragraf berikut!

Kelapa banyak diusahakan oleh masyarakat secara turun-temurun. Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat di manfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah secara ekonomi. Salah satu bagian dari buah kelapa yang dapat dimanfaatkan dengan diolah adalah air kelapa. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan nata de coco yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Proses pembuatannya yang sederhana dapat diusahakan dalam skala rumah tangga. Pembuatan dalam skala kecil ini dapat menyerap tenaga kerja dan mendapatkan tambahan penghasilan.

Kalimat tercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....

A. kalimat tersebut tidak koheren

B. kalimat tersebut tidak padu

C. kalimat tersebut tidak efektif

D. kalimat tersebut tidak baku

2. Bacalah paragraf berikut!

Keberhasilan usaha tani tidak hanya dilihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkannya dengan besarnya produksi per satuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga dapat menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memeroleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....

A. penggunaan kalimat tidak efektif

B. penggunaan kalimat tidak baku

C. penggunaan kalimat berlebihan

D. penggunaan kalimat tidak padu

3. Bacalah paragraf berikut!

Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya.

Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena ....

A. kata tersebut memiliki makna ambigu

B. kata tersebut tidak baku

C. kata tersebut tidak sesuai KBBI

D. kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat

4. Bacalah paragraf berikut!

Beberapa tahun ke depan, Pemkab Tabalong akan membangun tiga jembatan. Pembangunan jembatan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Ketiga jembatan itu adalah Jembatan Desa Tebing Siring Kecamatan Tanjung yang merupakan sentra perkebunan karet. Jembatan Desa Tanta kecamatan Tanta dan Jembatan Awang Padang Kecamatan Kelua yang merupakan penghasil sektor pertanian dan perkebunan. Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

A. Pemkab Tabalong akan membangun tiga jembatan

B. Pembangunan jembatan mempercepat pertumbuhan ekonomi

C. Jembatan Desa Tebing Siring merupakan lalu lintas hasil perkebunan

D. Jembatan Awang Padang Kecamatan Kelua adalah hasil pertanian

5. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Nalea tersenyum. Sebenarnya, lelaki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa ia bukan ayahnya. Dahulu ketika sedang memulung barang bekas, ia melihat seorang wanita turun dari mobil, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, lelaki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam sebuah cerita pendek di koran lama. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, terkadang lelaki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup.

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

A. menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan

B. menolong dengan ikhlas makhluk yang lemah

C. mengorbankan hidup untuk sesamanya

D. mengorbankan hidup untuk orang tua

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!

Ahmad Tohari adalah sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi novel Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jantera Bianglala (1986). Karya-karyanya banyak mendapat hadiah, salah satunya novel yang berjudul Berkisar Merah. Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995. Dalam mendidik anak-anaknya, Ahmad Tohari menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk taat beribadah. Ia juga selalu menekankan kepada anaknya agar mereka tidak menjadi beban masyarakat dan harus dermawan.

6. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....

A. Ahmad Tohari merupakan sastrawan terkenal

B. Ahmad Tohari meraih Hadiah Sastra ASEAN tahun 1995

C. karya-karya Ahmad Tohari banyak mendapatkan hadiah

D. Ahmad Tohari selalu mengajak keluarganya untuk salat berjamaah

7. Sikap tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut adalah ....

A. aktif menjadi imam dan rajin bersedekah

B. menanamkan pendidikan agama sejak dini

C. mengajak keluarganya untuk taat beribadah

D. menekankan anaknya agar menjadi beban masyarakat

8. Bacalah teks berikut!

(1) Wacana pemerintah menerapkan sistem full day school memang memunculkan kontroversi. (2) Tidak hanya di kalangan pelajar, tetapi juga di kalangan orang tua dan guru. (3) Seorang ibu 2 anak, Febrianti, mengaku kurang setuju dengan kebijakan sekolah seharian. (4) Alasannya, banyak sarana-prasarana sekolah yang tidak mendukung, seperti toilet, air bersih, serta tempat istirahat yang layak. (5) Konsep full day school ini sebenarnya bukan hal baru di dunia pendidikan Indonesia. (6) Sejak 20 tahun lalu, konsep ini diterapkan di sekolah-sekolah Islam terpadu, seperti SD, SMP, dan SMU Islam Terpadu Nurul Fikri di Depok. (7) Dengan adanya full day school, peserta didik diharapkan dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya.

Pernyataan yang merupakan argumen pendukung pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....

A. (4)

B. (5)

C. (6)

D. (7)

9. Bacalah cerpen berikut!

Selesai belajar, dia menyuruh saya pulang karena hendak pergi mencari jangkrik. Saya langsung ingin menyatakan ingin ikut, tapi dia keberatan. Ayah dan ibunya pun melarang. Saya memang sering mendengar anak-anak beramai-ramai berangkat ke sawah untuk mencari jangkrik. Jangkrik-jangkrik yang diperoleh nantinya dapat dijual atau hanya sebagai koleksi, ditempatkan di sebuah kotak, lalu sesekali digelitik dengan lidi atau sehelai ijuk agar berteriak lantang. Dari apa yang saya dengar itu, proses mencarinya sangat mengasyikan. Sayang, Ayah tidak pernah membolehkan saya. Namun, malam itu saya nekat dan sahabat saya itu akhirnya tidak kuasa menolak.

Simpulan karakter tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

A. orang yang tak tahu diri

B. orang yang ingin menang sendiri

C. orang yang memunyai kemauan yang kuat

D. orang yang tidak memunyai kemauan

10. Bacalah teks cerita pendek berikut!

Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang orang-orang tani, tapi juga bisa mempertautkan kembali lutut kuda yang retak, akibat bendi yang dihelanya terguling lantaran sarat muatan. Kedua, Banun dukun beranak yang kendalanya lebih dipercayai ketimbang bidan desa yang belum apa-apa sudah angkat tangan, lalu menyarankan pasien buntingnya bersalin di rumah sakit kabupaten. Sedemikian mumpuninya kemampuan Banun kedua ini, bidan desa merasa lebih banyak menimba pengalaman dari dukun itu ketimbang dari buku-buku semasa di akademi.

Simpulan karakter tokoh Banun dalam kutipan cerita pendek di atas adalah ....

A. Orang yang tak punya kecakapan apa-apa

B. Orang yang punya kecakapan, tetapi tak mau berbagi

C. Orang yang tidak mempunyai kecakapan tetapi mau berbagi

D. Orang dengan kecakapan yang diakui

11. Bacalah kalimat berikut!

Kebakaran yang telah menghanguskan permukiman tersebut jika mengundurkan semangat warga untuk membuat rumah-rumah mereka.

Perbaikan kata yang tidak tepat untuk mengganti kata bercetak miring adalah ....

A. memundurkan, mewujudkan

B. menyurutkan, membangun

C. membatalkan, membentuk

D. mengembalikan, membangun

12. Cermatilah paragraf berikut!

1) Salah satu cara menyediakan energi listrik alternatif yang siap untuk diterapkan secara massal pada saat ini menggunakan Sistem Energi Surya Fotovoltaik (SESF). 2) Sistem Energi Surya Fotovoltaik (SESF) disebut juga Pembangkit Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik (PLTS Fotovoltaik). 3) Sebutan SESF memanfaatkan energi matahari dan menggunakan tehnologi Fotovoltaik. 4) Dibandingkan energi listrik konvensional pada umumnya, SESF terkesan rumit, mahal,dan sulit dioperasikan.

Kalimat yang menggunakan kata tidak tepat dalam paragraf tersebut adalah kalimat berangka ....

A. 4

B. 3

C. 2

D. 1

13. Bacalah paragraf berikut!

Tubuh kita membutuhkan karbohidrat yang tepat dari makanan untuk mempertahankan fungsi normal sel dan organ serta membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Setiap kekurangan atau kelebihan jumlah vitamin dalam tubuh dapat memberikan efek samping. Vitamin memiliki fungsi yang membantu mengatur metabolisme; mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker; dan untuk memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Vitamin dapat dikategorikan dalam dua kategori yaitu vitamin yang larut lemak dan vitamin yang larut air.

Perbaikan kata karbohidrat dalam teks di atas adalah ....

A. mineral

B. protein

C. vitamin

D. kalsium

14. Bacalah teks berikut!

Sudah banyak orang sukses menggeluti bisnis konveksi. Namun, tidak semua orang tahu cara meraih kesuksesan tersebut. Peluang usaha yang satu ini memang sangat menjanjikan. Salah satu faktor utamanya adalah minimnya pesaing (kompetensi) dan modal yang relatif kecil. Selain menguntungkan, bisnis konveksi bisa mengurangi tingkat pengangguran.

Perbaikan istilah kompetensi pada teks tersebut adalah ....

A. kompeten

B. komentator

C. kompetitor

D. kompetisi

15. Bacalah paragraf berikut!

Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi mereka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukuman bersifat ringan bagi pelakunya. Penggunaan kata sangsi dalam paragraf tersebut salah karena ....

A. kata tersebut memiliki makna ambigu

B. kata tersebut tidak baku

C. kata tersebut tidak sesuai KBBI

D. kata tersebut tidak sesuai dengan konteks kalimat

Cermatilah teks laporan berikut untuk soal nomor 16 dan 17!

Puluhan ribu para transmigran yang tinggal di berbagai wilayah Kalimantan Selatan berbeda-beda nasibnya. Ada yang sukses, tetapi tidak sedikit yang gagal. Di antara mereka yang gagal, ada yang tetap bersabar sambil berusaha lebih keras memperbaiki kehidupan mereka. Bagi yang tidak mau bersabar, banyak yang kembali ke Jawa walaupun mereka tidak memiliki apa-apa lagi di daerah asalnya.

16. Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat pertama teks laporan tersebut adalah ....

A. kata "berbeda-beda" seharusnya ditulis "berbeda

B. penggunaan kata "para" yang mubazir

C. kata "puluhan ribu" seharusnya di hilangkan

D. kata "tetapi" seharusnya diganti "namun"

17. Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut adalah ....

A. kata "kembali" seharusnya diganti pulang

B. kata "walaupun" seharusnya diganti "meskipun"

C. kata "kembali" seharusnya diganti "dikembalikan"

D. kata "asalnya" seharusnya diganti "asal mereka"

18. Perhatikan kalimat rumpang berikut!

Renovasi sekolah di Kecematan Gading Cempaka sudah dilaksanakan dengan baik [....] masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah daerah.

Konjungsi yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut adalah ....

A. sebab

B. supaya

C. karena

D. sehingga

19. Bacalah kutipan teks berikut!

Semula Anton tergolong remaja yang sehat. Namun, tanpa diduga, suatu hari nyamuk Aedes aegypti menggitnya entah di mana dan kapan. [....], dia terkena penyakit demam berdarah dan harus berbaring tanpa daya di tempat tidur barhari-hari. Konjungsi tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah ....

A. sedangkan

B. oleh sebab itu

C. akibatnya

D. jadi

20. Bacalah paragraf berikut!

Keberhasilan usaha tani tidak hanya dilihat dari keberhasilan berproduksi yang ditunjukkannya dengan besarnya produksi per satuan luas. Usaha tani dikatakan berhasil jika pelaku juga dapat menjual hasil produksinya dengan harga tinggi untuk memeroleh keuntungan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik karena harga hasil pertanian dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, lembaga pemasaran merupakan badan hukum atau perorangan yang bergerak dalam jasa pemasaran.

Paragraf tersebut terdapat kesalahan karena ....

A. penggunaan kalimat tidak efektif

B. penggunaan kalimat tidak baku

C. penggunaan kalimat berlebihan

D. penggunaan kalimat tidak padu

21. Bacalah penggalan fabel berikut!

Hiduplah seekor Rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berjalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. "Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?"

Makna kata mutiara pada teks tersebut adalah ....

A. permata

B. kristal

C. batu

D. perhiasan

22. Bacalah kutipan teks berikut!

Selama ini, masyarakat mengenal sosok Rossa Roslaina Handayani alias Rossa sebagai penyanyi. Namun, siapa sangka ibunda dari Rizky Langit Ramadhan ini juga jago berbisnis. Rossa memilih berinvestasi pada bidang properti. Ia menekuni bisnis jual-beli rumah sejak 2002. Guna melipatgandakan asetnya, Rossa membli rumah di pasar sekunder untuk investasi. Lalu, penyanyi bersuara sopran ini akan menjualnya kembali.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....

A. Rossa sekarang beralih profesi menjadi penjual rumah

B. Selain jago menyanyi, Rossa juga jago berbisnis

C. Rossa mempunyai suara yang merdu

D. Rossa seorang penyanyi yang mempunyai anak tunggal

23. Bacalah kutipan teks laporan berikut!

Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi jumlah panas yang ditampung laut saat musim panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas adalah ....

A. Es berperan mengurangi panas yang ditampung laut musim panas.

B. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung.

C. Kehilangan es merupakan masalah kronis Arktik

D. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari.

24. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Nalea tersenyum. Sebenarnya, lelaki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa ia bukan ayahnya. Dahulu ketika sedang memulung barang bekas, ia melihat seorang wanita turun dari mobil, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, lelaki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam sebuah cerita pendek di koran lama. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, terkadang lelaki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

A. menolong dengan ikhlas orang yang membutuhkan

B. menolong dengan ikhlas makhluk yang lemah

C. mengorbankan hidup untuk sesamanya

D. mengorbankan hidup untuk orang tua

25. Bacalah fabel berikut!

Elin adalah sosok yang sangat baik, suka menolong, dan ramah. Ia tidak sungkan untuk membantu setiap hewan yang ingin meminta bantuan kepadanya. Namun, takdir kehidupan tidak sesuai dengan kebaikannya. Salah satu kaki Elin tidak sempurna seperti kelinci pada umumnya. Dulu,saat dia teramat kecil, ia pernah tertangkap oleh pemburu. Elin sempat melarikan diri saat pemburu tersebut pergi meninggalkannya sebentar untuk mengambil sesuatu dan Elin memanfaatkan waktu itu untuk melarikan diri. Walaupun, kakinya yang satu bercucuran darah, dia lari ke tempat yang aman dengan sekuat tenaganya.

Makna kata ramah pada teks tersebut adalah ....

A. baik hati dan menarik budi bahasanya

B. manis tutur katanya

C. suka menolong

D. suka bercanda

26. Cermatilah penggalan teks fabel berikut!

Tidak jarang pula Anjing itu mengigit tumit dari orang yang temuinya. Karena biasaan itu, majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika Anjing ini akan mendekat. Si Anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan senggaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu berlari ke setiap penjuru dann menunjukkan lonceng tersebut kepada setiap orang yang lewat.

Makna kata penanda dalam teks fabel di atas adalah ....

A. lambang

B. ciri

C. bukti

D. bahaya

27. Bacalah cerpen berikut!

Dan lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin galau dan arus balik dapat dipastikan akan tetap ruwet. Aku sendiri punya persoalan buntu, yang tak bisa dipecahkan.

Makna kata galau dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

A. bingung

B. takut

C. kacau

D. malu

28. Bacalah kutipan teks berikut!

Ketika membangun atau merenovasi rumah, selain tata ruang, bentuk dapur, kamar mandi, desain kamar tidur, furnitur, dan material yang digunakan, harus diperhatikan hal kecil seperti bentuk atap atau desain keramik lantai.

Makna kata desain yang tepat pada kutipan teks prosedur tersebut adalah ....

A. proses untuk membuat dan menciptakan objek baru

B. seni motif untuk menghasilkan karya yang berbeda

C. gambaran objek untuk menciptakan seni baru

D. suatu proses seni dalam menciptakan objek yang lain

29. Bacalah kutipan teks berikut!

Bagiku sendiri, Bumi boleh dibilang debut fiksi fantasi yang cukup ambisius dan menghibur. Ambisius karena faktanya Bumi adalah buku pertama dari tetralogi fantasi yang konon telah disiapkan Tere Liye. Makna kata ambisius yang tepat pada kutipan teks ulasan tersebut adalah ....

A. suatu harapan yang ingin di dapatkan

B. berkeinginan keras mencapai sesuatu

C. usaha yang menghalalkan segala cara

D. tujuan yang harus dicapai

30. Bacalah paragraf berikut!

Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI Jakarta mempelajari berdasarkan hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Makna kata simulasi dalam paragraf tersebut adalah ....

A. mencoba

B. menghitung

C. memeragakan

D. mengantisipasi

31. Perhatikan kutipan teks berikut!

Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....

A. Wartawan memang menguasai bahasa

B. Wartawan pandai mengolah bahasa

C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa

D. Wartawan pintar memanipulasi bahasa

32. Bacalah kutipan fabel berikut!

Sang Meurah baru menyadari maksud baik burung itu, "Dan, aku berusaha membunuhmu. Maafkan aku, kawan. Aku salah mengerti! Aku naik darah sewaktu melihatmu mengambil air minumku yang kukumpulkan dengan susah payah." Meurah dengan hati-hati membungkus tubuh Cempala Kuneng dengan saputangan. Burung itu kemudian dimasukkannya ke dalam tas buruannya. Setelah itu, Meurah segera naik ke kudanya dan bergegas pulang ke istana dengan hati yang sedih.

Makna ungkapan naik darah dalam kutipan fabel tersebut adalah ....

A. menyesal

B. takut

C. marah

D. kecewa

33. Perhatikan teks berikut!

Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....

A. Kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak brtanggung jawab.

B. Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak penuh

C. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.

D. Bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan, hutan akan habis.

34. Cermatilah kutipan teks laporan berikut dengan saksama!

Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....

A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur

B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial

C. ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan

D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik

35. Bacalah paragraf berikut!

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup di putar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....

A. Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi

B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan

C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi

D. Cara melestarikan lingkungan yang baik

36. Bacalah paragraf berikut!

Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau-bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Ide pokok kutipan teks laporan tersebut adalah ....

A. Makanan burung merpati adalah biji-bijian

B. Burung merpati memiliki beragam jenis warna

C. Burung merpati memiliki sensor di hidungnya

D. Burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh

37. Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut!

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

A. Saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan

B. Pesawat kepresidenan memiliki biaya operasional yang sangat tinggi.

C. Pesawat kepresidenan adalah fasilitas negara yang mewah yang hanya dinikmati para pejabat.

D. Saat ini bukan waktu yang tepat memiliki pesawat kepresidenan karena rakyat belum terentaskan dari kemiskinan.

38. Bacalah paragraf berikut!

1) Pembangunan sarana dan prasarana di bidang perikanan sangat dibutuhkan nelayan. 2) Salah satunya dengan membangun pelabuhan perikanan atau tempat pendaratan ikan. 3) Pelabuhan perikanan merupakan pusat pengembangan masyarakat nelayan. 4) Selain itu, pelabuhan perikanan menjadi tempat pertumbuhan ekonomi perikanan, pengembangan agrobisnis, dan agroindustri perikanan bagi nelayan.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. 1)

B. 2)

C. 3)

D. 4)

39. Bacalah paragraf berikut!

Elang Lilik Martawijawa dan Mohamad Yadi Nurjayadi menulis buku berjudul "Bisnis Jarum Tiram di Rumah Sendiri". Buku ini memberi penjelasan kepada pembaca tentang peluang agrobisnis jamur tiram. Di dalamnya diuraikan tahapan-tahapan awal dimulai dari pembuatan biakan murni hingga akhir budi daya secara runut. Sselain itu, buku ini memberikan beberapa resep cara mengolah tanaman berbahan jamur tiram dan lokasi alamat para petani di daerah Pulau Jawa.

Alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam paragraf tersebut adalah ....

A. penggunaan tanda titik pada akhir pernyataan dalam kalimat

B. penggunaan tanda koma setelah konjungsi selain itu

C. penggunaan tanda petik pada penulisan judul buku

D. penggunaan tanda hubung pada kata ulang

40. Bacalah teks berikut!

Persepsi keliru yang berkembang dimasyarakat mengenai individu dengan spektrun autisme atau orang awan biasanya menyebutnya sebagai anak autis, membawa dampak buruk bagi anak autis juga keluarga, terutama orang tuanya. Pemulihan anak autis menjadi terkendala banyak orang yang tidak mengerti dan menerima keberadaan anak autis ini.

Sinonim kata persepsi pada teks tersebut adalah ....

A. rujukan

B. tanggapan

C. pertimbangan

D. acuan



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 40+ Contoh Soal UBKD Bahasa Indonesia Kelas IX Dilengkapi Kunci Jawaban

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer