"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Kamis, 08 Oktober 2020

Kewajiban Menuntut Ilmu | Agama Islam SMP Kelas VII (Revisi K13)



Daftar Isi [Tampil]

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi agama Islam kelas VII materi pokok pembelajaran kewajiban menuntut ilmu revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang materi agama Islam kelas VII materi pokok pembelajaran kewajiban menuntut ilmu revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi agama Islam kelas VII materi pokok pembelajaran kewajiban menuntut ilmu revisi yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

Kewajiban Menuntut Ilmu | Agama Islam SMP Kelas VII (Revisi K13)

A. QS. Al-Mujadalah ayat 11


Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan:"Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Mujadalah:11) 

B. QS. Ar-Rahman ayat 33


Artinya:

"Hai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.." (Q.S. Ar-Rahman : 33)

C. Hadits tentang Menuntut Ilmu


Artinya:

Anas bin Malik r.a. berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap muslim" (H. R. Ibnu Majah)

D. Keutamaan Menuntut Ilmu


Artinya:

"Anas bin Malik r.a. berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa pergi untuk menuntut ilmu, maka dia berjuang di jalan Allah swt sampai pulang" (H.R. Tirmidzi)

E. Balasan bagi Orang yang Berilmu


Artinya:

"Katsir bin Qais berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan dari jalan-jalan surga" (H.R. Abu Dawud)

F. Kandungan Q.S. Al-Mujadalah ayat 11

  1. Menuntut memerintahkan manusia untuk menuntut ilmu.
  2. Allah berjanji akan mengangkut derajat manusia dengan 3 syarat yaitu: beriman, berilmu, dan beramal saleh.

G. Kandungan Q.S. Ar-Rahman ayat 33

  1. Allah swt. memberi keleluasaan kepada golongan jin dan manusia agar mereka mau dan mampu bergerak maju dan berkarya.
  2. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan syarat bagi terwujudnya kemudah-kemudahan hidup di dunia.
  3. Allah swt. telah menganugerahkan akal kepada manusia, yang tidak diberikan kepada makhluk lain sehingga umat manusia mampu berpikir kritis dan logis.

H. Kandungan Hadits Menuntut Ilmu

  1. Umat Islam diwajibkan untuk menuntut ilmu.
  2. Orang yang menuntut ilmu dinilai sebagai perjuangan oleh Allah swt.
  3. Orang yang menuntut ilmu harus mempunyai niat yang tulus mengharap ridha Allah swt.
  4. Allah akan memberikan kemudahan bagi orang yang mencari ilmu untuk memasuki surga-Nya.

Memiliki perilaku yang mencerminkan isi kandungan Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Q.S. Ar-Rahman ayat 33, dan Hadits tentang Menuntut Ilmu
  1. Rajin membaca pada waktu luang.
  2. Bertanya kepada orang yang lebih tahu, apabila kita mengalami kesulitan.
  3. Rajin berlatih.
  4. Berani berpikir kreatif.
  5. Salah satu kunci mengusai ilmu pengetahuan adalah dicatat atau ditulis.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kewajiban Menuntut Ilmu | Agama Islam SMP Kelas VII (Revisi K13)

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer