"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 02 September 2020

Kumpulan 25+ Contoh Soal Sosiologi SMA Kelas 10 Dilengkapi Pembahasan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal sosiologi kelas 10 (sepuluh) dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan terbaru. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru serta peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal sosiologi kelas 10 (sepuluh) dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Kumpulan 25+ Contoh Soal Sosiologi SMA Kelas 10 Dilengkapi Pembahasan

1. Hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari ....
A. tindakan sosial
B. proses sosial
C. sosialisasi
D. interaksi sosial
E. keteraturan sosial

Jawaban: D
Pernyataan pada soal adalah definisi interaksi sosial. Menurut Setiadi dan Kolip, interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis baik antarindividu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok secara timbal balik yang diwujudkan dalam bentuk tindakan.

2. Syarat terbentuknya interaksi sosial adalah ....
A. aksi dan reaksi
B. kontak dan komunikasi
C. individu dengan kelompok
D. status dan peran
E. norma dan nilai sosial

Jawaban: B
Terjadinya interaksi sosial apabila ada dua syarat terpenuhi, yaitu adanya kontak dan komunikasi. Kontak sosial terjadi apabila ada dua individu atau saling berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi terjadi apabila individu memberikan tafsiran pada perilaku orang lain yang terwujud dalam pembicaraan, gerakan dan perasaan yang akan disampaikan.

3. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Sita mengantarkan barang pesanan pelanggannya dengan menggunakan motor
2) Ketua OSIS beserta pengurus OSIS sedang rapat membahas tema pensi sekolah
3) Diah dengan dosesn pembimbing bertukar pendapat terkait karya ilmiah
4) Dwi menulis opini tentang kebijakan pendidikan di Indonesia
5) Guru sosiologi sedang mengajar di kelas dengan metode diskusi kelompok
Pernyataan yang menunjukkan adanya interaksi sosial adalah ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4))
E. 2), 3), dan 5)

Jawaban: E
Syarat terjadinya interaksi sosial ada dua, yaitu adanya kontak dan komunikasi. Kontak berarti saling berhubungan secara timbal balik. Komunikasi berarti pemberian tafsiran pada perilaku orang lain. Situasi yang menunjukkan adanya interaksi sosial yang ditunjukkan oleh angka 2), 3), dan 5). Adapun situasi pada angka 1) dan 4) tidak tepat karena hanya aktivitas individu tanpa melibatkan orang lain.

4. Berikut ini adalah contoh interaksi sosial antarindividu, kecuali ....
A. Yuli dan Pipit saling melambaikan tangan
B. Dila menelpon Sita untuk mengajaknya bertemu
C. Tim olimpiade sosiologi SMA Nusantara melawan Tim olimpiade SMA Nusa Bangsa di Babak final
D. Santi belajar memasak dengan Ibu di dapur
E. Ahmad meminta bantuan kakak untuk mengerjakan tugas sekolah

Jawaban: C
Intaraksi sosial antarindividu merupakan hubungan timbal balik yang terjadi pada dua orang saja (individu dengan individu) dan tidak lebih. Pilihan A, B, D, dan E menunjukkan adanya interaksi sosial antarindividu karena terjadi pada dua orang saja. Sedangkan pilihan C merupakan interaksi sosial yang terjadi antara kelompok dengan kelompok.

5. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) Terdapat tujuan yang akan dicapai
2) Terdapat komunikasi menggunakan simbol-simbol dan lambang
3) Adanya status dan peran
4) Terdapat dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini dan masa depan
5) Dilaksanakan melalui sistem tertentu
Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Loomis adalah ....
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 2), 3), dan 5)

Jawaban: B
Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Loomis adalah sebagai berikut: 1) Terdapat komunikasi menggunakan simbol-simbol atau lambang. 2) Jumlah pelaku dua orang atau lebih. 3) Terdapat tujuan yang akan dicapai. 4) Terdapat dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini, dan masa depan. 

6. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi interaksi sosial, kecuali ....
A. sugesti
B. empati
C. toleransi
D. identifikasi
E. motivasi

Jawaban: C
Faktor-faktor yang memengaruhi interaksi sosial yaitu imitasi yang berarti meniru perilaku atau sikap orang lain. Identifikasi merupakan kecenderungan untuk menjadi sama (identik) dengan pihak lain. Motivasi adalah dorongan untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Sugesti merupakan proses menerima pandangan dan pendapat dari orang lain tanpa berpikir ulang. Simpati adalah proses individu tertarik dengan pihak lain. Empati adalah merasakan apa yang orang lain rasakan sehingga individu dapat melakukan dan memberikan sesuatu kepada pihak tersebut. Adapun toleransi merupakan bentuk daro akomodasi bukan faktor yang memengaruhi interaksi sosial.

7. Menurut Gillin dan Gillin bentuk-bentuk interaksi sosial adalah ....
A. kerja sama dan akomodasi
B. asosiatif dan opsi
C. akomodasi dan disosiatif
D. asosiatif dan disosiatif
E. oposisi dan kerja sama

Jawaban: D
Bentuk-bentuk interaksi sosial menurut Gillin dan Gillin yaitu 1) proses asosiatif mengarah pada persatuan dan dapat meningkatkan solidaritas sosial dan terdiri dari akulturasi, asimilasi, amalgamasi, kerja sama, dan akomodasi. 2) Proses disosiatif dapat menyebabkan perpecahan, yang terdiri dari persaingan atau kompetisi, pertentangan, dan kontraversi.

8. Proses sosial sebagai upaya untuk menyelesaikan konflik atau pertentangan, disebut dengan ....
A. asimilasi
B. kompetensi
C. akomodasi
D. kerja sama
E. akulturasi

Jawaban: C
Pernyataan pada soal merupakan npengertian dari akomodasi. Tujuan akomodasi untuk mengurangi dan menyelesaikan konflik atau pertentangan antarindividu, individu dengan individu atau antarkelompok. Tujuan akomodasi yang lain adalah untuk mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu atau secara temporer.

9. Akomodasi adalah proses sosial untuk mengurangi pertentangan atau konflik yang terjadi dalam masyarakat. Berikut yang bukan merupakan bentuk-bentuk akomodasi adalah ....
A. coertion dan comppromise
B. assimilation dan competition
C. conciliation dan arbitration
D. mediation dan compromise
E. adjudication dan stalemate

Jawaban: B
Bentuk-bentuk akomodasi sebagai berikut, a) Kompromi (compromise), b) mediasi (medication), c) Toleransi (toleration), d) Stalemate, e) Koersi (Coertion), f) Ajudikasi (Adjudication), g) Arbitrase (arbitration), dan h) Konsiliasi (Conciliation). Adapun Assimilition dan competition bukan merupakan bentuk akomodasi.

10. Ina sangat senang dengan gaya mengajar guru matematikannya yakni Ibu Elva yang setiap penjelasannya sangat mudah dipahami. Ina ingin memiliki impian menjadi guru, dan sering meniru gaya mengajar gurunya tersebut. Pada ilustrasi tersebut, faktor yang memengaruhi interaksi sosial adalah ....
A. motivasi
B. simpati
C. sugesti
D. imitasi
E. empati

Jawaban: D
Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa adanya faktor yang memengaruhi interaksi sosial yaitu imitasi. Imitasi merupakan proses peniruan sikap dan tindakan orang lain. Ina memiliki cita-cita menjadi guru dan senang dengan gaya mengajar Ibu Elva selaku guru matematikanya. Ina akan mengaplikasikan gaya belajar tersebut saat menjadi guru nanti. Maka pada saat ini Ina sedang melakukan proses imitasi yaitu meniru gaya mengajar Ibu Elva.

11. Seorang remaja menyumbangkan sebagian besar tabungannya untuk menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak bencana gempa di Lombok. Tindakan remaja tersebut merupakan intraksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor ....
A. empati
B. motivasi
C. simpati
D. imitasi
E. sugesti

Jawaban: A
Ilustrasi pada soal menunjukkan adanya faktor yang memengaruhi interaksi sosial yakni empati. Hal ini dikarenakan remaja tersebut dengan suka rela menyumbangkan sebagian besar tabungannya untuk korban bencana alam. Empati merupakan kemampuan merasakan keadaan orang lain sehingga memberikan bantuan yakni berupa barang atau jasa.

12. Bentuk akomodasi yang prosesnya dilakukan melalui pengadilan disebut ....
A. koersi
B. arbitrase
C. konsiliasi
D. ajudikasi
E. meditasi

Jawaban: D
Suatu usaha menyelesaikan konflik atau sengketa melalui pengadilan disebut dengan ajudikasi. Koersi adalah bentuk akomodasi yang prosesnya dilakukan oleh karena adanya paksaan. Arbitrase adalah penyelesaian sengketa dengan bantuan pihak ketiga yang dipilih oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Konsiliasi adalah usaha untuk mempertemukan pihak-pihak yang  berselisih untuk mencapai kesepakatan melalui lembaga sosial. Mediasi adalah penyelesaian konflik secara damai dengan mengundang pihak ketiga yang netral.

13. Menjelang pemilihan presiden, sejumlah parti politik melakukan kerjasama dengan tujuan untuk memenangkan pemilu. Ditinjau dari bentuk interaksinya, termasuk dalam proses sosial ....
A. koalisi
B. bargaining
C. kooptasi
D. persaingan
E. koersi

Jawaban: A
Ilustrasi pada soal menujukkan kerja sama antara beberapa partai politik dengan tujuan memenangkan pemilu disebut dengan koalisi. Koalisi merupakan kerja sama dua organisasi politik atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama dengan bergabung menjadi satu. Bargaining atau tawar menawar adalah bentuk perjanjian mengenai pertukaran barang atau jasa antara dua pihak atau lebih. Kooptasi adalah bentuk kerja sama yang dilakukan dengan cara menyepakati pimpinan yang ditunjuk mengendalikan jalannya organisasi. Persaingan merupakan bentuk dari proses sosial disosiatif. Koersi merupakan bentuk dari proses asosiatif.

14. Lisa sedang menanyakan kabar Amel yang sedang melakukan studi di luar kota. Mereka berbincang-bincang melalui sambungan telepon. Ilustrasi tersebut menunjukkan telah terjadi ....
A. komunikasi antara dua orang
B. komunikasi yang bersifat akrab
C. kontak sosial sekunder dan tidak langsung
D. kontak sosial sekunder dan langsung
E. kontak sosial primer

Jawaban: D
Ilustrasi yang terdapat pada soal merupakan sebuah interaksi sosial antarindividu yang saling melakukan kontak sosial sekunder yang bersifat langsung. Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak dan komunikasi. Kontak sosial terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah kontak sosial sekunder langsung yang berarti berhubungan melalui prantara (alat komunikasi) secara langsung.

15. Hubungan timbal balik yang terjadi secara langsung disebut dengan ....
A. kontak sosial primer
B. kontak sosial negatif
C. kontak sosial positif
D. kontak sosial sekunder langsung
E. komunikasi 

Jawaban: A
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang bersifat dinamis baik antarindividu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial memiliki dua syarat yaitu kontak dan komunikasi. Kontak sosial terbagi menjadi beberapa jenis, ditinjau dari sifatnya ada kontak sosial primer dan sekunder. Kontak sosial primer terjadi jika adanya hubungan langsung bertemu dan berhadapan muka, misalnya saling berjabat tangan. Kontak sosial sekunder memerlukan suatu perantara.

16. Perhatikan ciri-ciri di bawah ini!
1) Hasil interaksi anggota masyarakat
2) Terbentuk melalui proses belajar
3) Memiliki pengaruh positif sekaligus negatif
4) Hasil kesepakatan bersama
5) Memiliki sanksi
Ciri-ciri dari nilai sosial ditunjukkan oleh angka ....
A. 1), 2) dan 4)
B. 1), 2), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3) dan 5)
E. 1), 2), dan 3)

Jawaban: E
Ciri-ciri nilai sosial sebagai berikut. 1) Hasil interaksi anggota masyarakat. 2) Berbeda pengaruhnya pada masyarakat. 3) Terbentuk melalui proses belajar. 4) memiliki pengaruh positif dan negatif. 5) Berisi anggapan masyarakat secara umum. 6) keberadaan nilai saling berkaitan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat ditujukkan oleh angka 1), 2), dan 3). Adapun pilihan 4) dan 5) adalah ciri dari norma sosial.

17. Berikut merupakan jenis-jenis norma berdasarkan daya ikatnya adalah ....
A. mores dan norma agama
B. usage dan folkways
C. norma kesopanan dan laws
D. customs dan norma kesusilaan
E. norma hukum dan norma kesopanan

Jawaban: B
Jenis-jenis norma berdasarkan daya ikatnya adalah sebagai berikut. 1) Tata kelakuan (mores) adalah sekumpulan petunjuk tentang anjuran dan larangan dalam kehidupan masyarakat. 2) Cara (usage) merupakan suatu bentuk perilaku yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 3) Kebiasaan (folkways) adalah perilaku yang dilakukan secara sadar dan berulang-ulang. 4) Hukum (laws) adalah sekumpulan aturan tertulis yang berisi perintah, larangan, dan ketentuan. Adat (customs) adalah aturan tidak tertulis yang terintegrasi secara kuat.

18. Ridwan selalu memerhatikan rambu lalu lintas ketika sedang mengendarai motor, meski sedang tidak ada pemantauan dari polisi. Ridwan selalu berkendara dengan menggunakan helm dan berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah. Unsur yang memegaruhi keteraturan tersebut adalah ....
A. order
B. tertib
C. keajekan
D. pola
E. cara

Jawaban: B
Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa individu tersebut bertindak sesesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Bagus sebagai pengguna jalan patuh dan taat kepada aturan lalu lintas yang berlaku, agar dapat berkendara dengan aman dan teratur. Oleh karena itu, unsur pembentuk keteraturan sosial tersebut yaitu tertib sosial.

19. Dalam masyarakat sering ditemui aturan ketika makan tidak boleh memainkan ponsel. Berdasarkan daya ikatnya aturan tersebut merupakan contoh dari norma ....
A. laws
B. customs
C. mores
D. folkways
E. usage

Jawaban: E
Jenis-jenis norma berdasarkan daya ikat adalah sebagai berikut. 1) Cara (usage) merupakan suatu bentuk perilaku yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 2) Tata kelakuan (mores) adalah sekumpulan petunjuk tentang anjuran dan larangan dalam kehidupan masyarakat. 3) kebiasaan (folkways) adalah perilaku yang dilakukan secara sadar dan berulang-ulang. 4) Hukum (laws) adalah sekumpulan aturan tertulis yang berisi perintah, larangan dan ketentuan. 5) Adat istiadat (customs) adalah aturan tidak tertulis yang terintegrasi secara kuat.

20. Perhatikan jenis-jenis nilai berikut!
1) Nilai kebenaran
2) Nilai estetika
3) Nilai dominan
4) Nilai instrumental
5) Nilai material
Nilai sosial menurut Prof. Notonegoro ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 2) dan 4)
C. 1), 2), dan 5)
D. 2), 3), dan 4)
E. 2), 3), dan 5)

Jawaban: C
Jenis-jenis nilai menurut Prof. Notonegoro yaitu sebagai berikut.  1) Nilai material, segala sesuatu yang bermanfaat untuk kebutuhan hidup manusia. 2) Nilai vital, sesuatu baik benda maupun abstrak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. 3) Nilai rohani, segala sesuatu yang berguna untuk kebutuhan rohani manusia. Nilai rohani, terdiri dari nilai kebenaran atau logika, nilai kebaikan atau moral dan nilai keindahan atau estetika.

21. Rudi dan Bayu mengunjungi pameran lukisan di kota mereka. Rudi sangat tertarik dan menjunjung tinggi keindahan lukisan abstrak tersebut sehingga kurang memerhatikannya. Ciri nilai sosial yang nampak pada ilustrasi tersebut adalah ....
A. hasil interaksi anggota masyarakat
B. berbeda pengaruhnya pada masyarakat
C. keberadaan nilai saling berkaitan
D. berisi anggapan masyarakat yang umum
E. terbentuk melalui proses belajar

Jawaban: B
Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa adanya ciri sosial yang nampak yaitu berbeda pengaruhnya pada masyarakat. Bagi masyarakat yang menyukai seni, nilai estetika sangat dinjunjung tinggi, sedangkan bagi masyarakat lain nilai tersebut kurang diperhatikan.

22. Salah satu contoh norma yang berlaku di masyarakat Indonesia adalah ....
A. mencium tangan orang tua ketika hendak keluar rumah
B. makan dan minum dengan tangan kanan
C. membawa kelengkapan surat-surat kendaraan ketika berkendara
D. mengadakan prosesi adat tujuh bulanan bagi ibu hamil
E. membungkukkan badan ketika berjalan di depan orang yang lebih tua

Jawaban: C
Norma hukum adalah kumpulan aturan tertulis dalam masyarakat yang berisi ketentuan-ketentuan, perintah, dan larangan yang bertujuan untuk menciptakan keteraturan. Seperti halnya aturan dalam berkendara, diharuskan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan agar tidak mendapatkan sanksi dari polisi lalu lintas.

23. Salah satu fungsi norma sosial dalam masyarakat adalah ....
A. sebagai alat menertibkan dan menstabilkan kehidupan masyarakat
B. menjadi alat solidaritas masyarakat
C. menentukan kelas sosial dalam stratifikasi masyarakat
D. membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab
E. memotivasi masyarakat agar sesuai peran guna mencapai suatu tujuan

Jawaban: A
Norma sosial berisi perintah dan larangan yang digunakan sebagai pedoman hidup masyarakat. Fungsi norma sosial dalam masyarakat sebagai berikut. Sebagai sistem kontrol sosial dalam masyarakat. Sebagai aalat menertibkan dan menstabilkan kehidupan masyarakat. Sebagai pedoman berperilaku dalam masyarakat. Adapun pilihan B, C, D, dan E merupakan fungsi nilai sosial.

24. Masyarakat yang patuh dan taat terhadap norma sosial yang berlaku maka akan mewujudkan ....
A. disintegrasi sosial
B. keteraturan sosial
C. pengendalian sosial
D. penyimpangan sosial
E. pola sosial

Jawaban: B
Kepatuhan dan ketaatan masyarakat terhadap norma sosial akan mendorong terwujudnya keadaan yang tertib dan teratur. Keadaan masyarakat yang tertib dan teratur adalah modal utama terciptanya keteraturan sosial.

25. Sejak kecil Ida telah diajarkan hidup rajin dan disiplin oleh kedua orang tuanya. Kamar Ida selalu dalam keadaan bersih dan rapi, serta selalu bangun pagi tepat waktu. Pola hidup teratur tersebut diterapkan oleh Ida ketika ia melanjutkan kuliah dan tinggal sendiri di Jakarta. Ida tidak merasa tertekan karena hal tersebut menjadi kebiasaan. Dari ilustrasi tersebut ciri nilai sosial yang menonjol adalah ....
A. nilai instrumental
B. nilai dominan
C. nilai yang mendarah daging
D. nilai integratif
E. nilai kebiasaan

Jawaban: C
Nilai yang mendarah daging merupakan nilai yang membentuk kepribadian seseorang yang dalam pelaksanaannya tidak membutuhkan banyak pertimbangan. Ilustrasi pada soal dijelaskan bahwa Ida tidak merasa tertekan untuk hidup mandiri, rajin, dan disiplin ketika harus hidup jauh dari keluarga karena baginya semua itu merupakan sebuah kebiasaan yang telah dilakukan sejak kecil.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan 25+ Contoh Soal Sosiologi SMA Kelas 10 Dilengkapi Pembahasan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer