"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 02 September 2020

Contoh Soal Sosiologi SMA Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal sosiologi SMA kelas 10 (sepuluh) dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan revisi terbaru kurikulum 2013. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi seputar contoh soal sosiologi SMA kelas 10 (sepuluh) dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami dan mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Contoh Soal Sosiologi SMA Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ....
A. pengendalian sosial
B. penyimpangan sosial
C. norma sosial
D. sosialisasi
E. konflik sosial

Jawaban: B
Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari penyimpangan sosial atau sering disebut juga sebagai deviasi sosial. Penyimpangan sosial terjadi sebagai akibat dari ketidaksesuaian perilaku atau tindakan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Perilaku ini dapat mengganggu keteraturan sosial.

2. Aldo ditangkap pihak berwajib karena tertangkap basah mencuri dompet seorang lansia ketika berbelanja di minimarket. Ia mengaku terpaksa mencuri dikarena tidak ada uang untuk membeli beras. Faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial yang dilakukan Aldo adalah ....
A. keterbatasan ekonomi
B. pelampiasan rasa kecewa
C. sosialisasi tidak sempurna
D. pemberian julukan (labelling)
E. keinginan seseorang untuk dipuji

Jawaban: A
Ilustrasi pada soal menunjukkan adanya faktor individu melakukan penyimpangan sosial yaitu dikarenakan keterbatasan ekonomi. Aldo melakukan pencurian dikarenakan tidak adanya uang membeli beras untuk makan keluarganya.

3. Tias ikut membantu pekerjaan ayahnya sebagai tukang bangunan yang sedang melakukan pembangunan rumah seseorang tetangga. Tias tidak merasa malu meski harus bekerja sebagai tukang bangunan. Hal tersebut ia lakukan demi membantu perekonomian keluarganya. Ilustrasi tersebut menunjukkan adanya bentuk penyimpangan ....
A. negatif
B. individual
C. primer
D. sekunder
E. positif

Jawaban: E
Ilustrasi tersebut menunjukkan adanya bentuk adanya bentuk penyimpanan sosial positif. Penyimpanan positif adalah perilaku yang bertentangan dengan nilai dan norma dalam masyarakat, tetapi memiliki dampak positif bagi individu yang melakukan penyimpangan atau orang lain. Tias menjalankan profesi sebagai tukang bangunan yang motivasi dikerjakan oleh laki-laki.

4. Pengendalian sosial merupakan cara-cara atau mertode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar dapat berperilaku selaras dengan masyarakat. Definisi tersebut diungkapkan oleh ....
A. Bruce J. Cohen
B. Paul B. Horton
C. George Herbert Mead
D. Emile Durkheim
E. Georg Simmel

Jawaban: A
Definisi pengendalian sosial atau social control menurut Bruce J. Cohen adalah cara-cara atau motode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar dapat berperilaku selaras dengan masyarakat. Masyarakat dapat mengajak, mendidik, dan masyarakat dapat mengajak, mendidik, dan memaksa warga. Masyarakat dapat mengajak, mendidik, dan memaksa warga masyarakat untuk mematuhi nilai dan norma sosial yang berlaku.

5. Perhatikan contoh perilaku berikut!
1) Kepala sekolah memberi sosialisasi kepada siswa baru mengenai aturan sekolah.
2) Polisi akhinya menangkap bandar narkoba yang buron)
3) Guru BK memberikan teguran kepada siswa yang sering berkelahi
4) Ibu memberi nasihat kepada Jenri yang sering bangun telat
5) Pencuri motor babak belur setelah dihakimi massa
Contoh perilaku pengendalian sosial persuasif ditunjukkan oleh angka ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban: C
Pengendalian sosial persuasif merupakan pengendalian sosial yang dilakukan melalui pendekatan-pendekatan, baik secara formal maupun informal dalam bentuk sosialisasi, imbauan, dan bimbingan kepada perilaku menyimpang agar mematuhi nilai dan norma yang dalam masyarakat. Contoh perilaku nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Contoh perilaku yang sesuai ditunjukkan oleh angka 1), 3), dan 4).

6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Bu Siska menjadi buruh cucian untuk memberi makan anak-anaknnya
2) Seorang pemulung terpaksa mencuri uang tetangganya agar bisa membeli beras.
3) Kakek Cahyo terpaksa mengemis karena sudah tidak sanggup bekerja
4) Anita ketahuan menyontek ketika ujian bahasa Indonesia
5) Bayu terlambat masuk kelas karena menolong seseorang kakek di jalan
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)

Jawaban: A
Salah satu faktor penyebab individu atau kelompok melakukan penyimpangan sosial dikarenakan keterbatasan ekonomi. Perilaku tersebut dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehingga pelaku dengan terpaksa melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

7. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) Terdapat penyimpangan primer dan penyimpangan sekunder
2) Terdapat norma penghindaran dalam penyimpangan
3) Terdapat penyimpangan relatif dan penyimpangan mutlak
4) Tidak dianggap sebagai perilaku penyimpang oleh masyarakat
Ciri-ciri menyimpangan menurut Paul B. Horton ditujukan oleh nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 1) dan 4)
D. 2) dan 3)
E. 2) dan 4)

Jawaban: D
Ciri-ciri penyimpangan sosial menurut Paul B. Horton adalah sebagai berikut. 1) Terdapat penyimpangan relatif dan penyimpanan mutlak. 2) Muncul penyimpangan terhadap budaya nyata dan budaya ideal. 3) Dianggap sebagai perilaku penyimpangan oleh masyarakat. 4) Terdapat norma pengindaran dalam penyimpang oleh masyarakat. 5) Penyimpangan dapat diterima dan ditolak.

8. Devi merupakan siswa teladan masih saat di jenjang SMP. Namun semenjak menjadi siswa SMA, ia bergaul dengan kelompok siswa yang bermasalah. Devi sering kali bolos sekolah dan merokok di sekolah. Faktor penyebab perilaku menyimpang Devi adalah ....
A. sosialisasi tidak sempurna
B. sosialisasi sub kebudayaan menyimpang
C. keinginan untuk dipuji
D. ketidaksanggupan menyerap norma
E. pelampiasan rasa kecewa

Jawaban: B
Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan Devi melakukan penyimpangan sosial dikarenakan ia lebih memilih kebudayaan khusus (bergaul dengan siswa yang bermasalah) yang nilai dan normanya bertentangan dengan aturan yang di masyarakat (sekolah). Hal tersebut terjadi karena adanya proses sosialisasi nilai-nilai sub kebudayaan menyimpang.

9. Satu tahun yang lalu kedua orang tua Alvin bercerai. Alvin merasa sedih dan kecewa. Sebagai pelampiasan , ia sering minum-minuman beralkohol dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang Alvin adalah ....
A. proses sosialisasi tidak sempurna 
B. proses belajar yang menyimpang
C. ketidaksanggupan menyerap norma
D. sosialisasi sub kebudayaan menyimpang
E. pelampiasan rasa kecewa

Jawaban: A
Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa faktor utama penyebab perilaku menyimpang Alvin dikarenakan proses sosialisasi tidak sempurna, Hal ini disebabkan oleh orang tua Alvin tidak menjalankan fungsi afeksi dan kontrol sosial sehingga mendorongnya berperilaku menyimpang. Proses sosialisasi tidak sempurna terjadi ketika agen atau media sosialisasi tidak menjalankan proses sosialisasi secara benar maka akan mendorong terjadinya penyimpangan sosial.

10. Pernyataan yang menunjukkan pengendalian sosial koersif adalah ....
A. Perdi menegur temannya yang membuang sampah sembarangan
B. Pak Roni memberikan pelatihan kewirausahaan kepada siswa
C. Kapolres memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba
D. Guru BK menjatuhkan sanksi skorsing terhadap Aldi karena sering tidak masuk sekolah.
E. Bayu mengikuti seminar pendidikan di kampus

Jawaban: D
Pengendalian sosial koersif dilakukan dengan cara kekerasan atau paksaan, baik fisik maupun nonfisik untuk membentuk masyarakat yang tertib sosial. Tindakan koersif diperlukan agar tidak terjadi kegoncangan-kegoncangan pada ketentraman yang telah ada. Maka dari itu pilihan yang tepat adalah D.

11. Safa bekerja sebagai Sales Promotion (SPG) untuk produk mobil di sebuah pusat perbelanjaan. Akibat aktivitas kerja yang menuntutnya untuk berpenampilan sexy, masyarakat menganggap Safa sebagai perempuan nakal. Dikarenakan masyarakat sudah memberikan julukan sebagai perempuan nakal perilaku Safa semakin tidak memperdulikan batas nilai dan norma sosial. Faktor penyebab perilaku penyimpangan yang dilakukan Safa adalah ....
A. keinginan untuk dipuji
B. Labelling
C. Asosiasi diferensial
D. sosialisasi tidak sempurna
E. sosialisasi sub kebudayaan menyimpang

Jawaban: B
Ilustrasi pada soal menunjukkan adanya perilaku menyimpang yang terjadi akibat masyarakat memberikan julukan atau labelling. Individu yang mendapatkan julukan merasa kesulitan untuk memulihkan nama baik, sehingga terdorong untuk melakukan tindakan yang menyimpang dari nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

12. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Melakukan pemeriksaan kembali hasil penyelidikan dari kepolisian
2) Menindaklanjuti tuntutan dari kejaksaan tehadap suatu kasus pelanggaran
3) Menangkap pelaku pelanggaran hukum
4) Pelindung terhadap ketertiban masyarakat
Pernyataan yang benar untuk tugas dari lembaga kepolisian ditunjukkan oleh angka ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 1) dan 4)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)

Jawaban: E
Lembaga kepolisian merupakan salah satu jenis lembaga pengendalian sosial yang memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut. 1) Pelindung terhadap ketertiban masyarakat, 2) Menangkap para pelaku pelanggar hukum, dan 3) melakukan tindak lanjut terhadap penyelesaian suatu pelanggaran hukum untuk disampaikan ke pihak kejaksaan.

13. Julian merupakan siswa sekolah menengah atas, ia memiliki sifat pemalas dan tidak suka belajar. Oleh karena itu, Julian sangat sering bolos sekolah karena menganggap bahwa sekolah bukanlah hal penting untuk dilakukan. Perilaku menyimpang Julian disebabkan oleh ....
A. proses belajar yang menyimpang
B. ketidaksanggupan menyerap norma
C. ikatan sosial yang berlainan
D. labelling
E. sosialisasi sub kebudayaan penyimpang

Jawaban: B
Perilaku menyimpang pada ilustrasi soal disebabkan karena ketidaksanggupan menyerap norma. Hal ini terjadi apabila individu tidak dapat menjalankan peranannya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Julian tidak menjalankan peranannya sebagai siswa SMA dengan baik, karena malas belajar ia memilih menghindari sekolah dengan cara membolos.

14. Putra dan teman-temannya sering kali melakukan aksi tawuran dengan pelajar dari sekolah lain seusai pulang sekolah. Akibatnya, putra dan teman-temannya diberikan hukuman berupa pemanggilan orang tua dan skorsing dari kepala sekolah. Ilustrasi tersebut menunjukkan adanya bentuk penyimpangan sosial ....
A. primer dan kelompok
B. primer dan individu
C. sekunder dan individu
D. sekunder dan kelompok
E. Sekunder dan positif

Jawaban: D
Bentuk penyimpangan sosial pada ilustrasi tersebut adalah penyimpangan sekunder yang dilakukan secara berkelompok. Putra dan teman-temannya melakukan aksi tawuran pelajar yang telah dilakukan secara berulang-ulang dan masyarakat sudah tidak dapat mentoleransi perilaku tersebut, sehingga harus diberikan sanksi yang tegas.

15. Berikut yang bukan fungsi dari pengendalian masyarakat adalah ....
A. menciptakan sistem hukum
B. memberikan imbalan kepada warga yang mentaati norma
C. mengembangkan rasa malu 
D. mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial
E. membuat masyarakat menjadi kebal hukum

Jawaban: E
Pengendalian sosial mempunyai beberapa fungsi berikut. 1) Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial, 2) memberikan imbalan kepada warga yang mentaati norma, 3) mengembangkan rasa malu, 4) mengembangkan rasa takut, dan 5) menciptakan sistem hukum.

16. Hal utama individu pelajari dalam suatu proses sosialisasi adalah ....
A. ideologi
B. nilai dan norma
C. Undang-Undang Dasar 1945
D. cara mempertahankan hidup
E. cara memeroleh mata pencaharian

Jawaban: B
Sosialisasi merupakan proses sosial yang dialami oleh individu dan kelompok untuk belajar mengenali pola perilaku, sistem nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, agar dapat berkembang menjadi pribadi yang diterima oleh masyarakat.

17. Ananta sejak kecil diajarkan kedua orang tuanya untuk selalu rendah hati dan tidak boleh putus asa. Ketika Ananta sedang merasa sedih karena tidak mendapatkan beasiswa, orang tuanya selalu menasihati dan memberikan semangat kepadanya agar terus berusaha. Bentuk sosialisasi yang dilakukan Ananta dan orang tuanya adalah ....
A. tidak langsung
B. sekunder
C. represif
D. primer
E. langsung

Jawaban: D
Bentuk sosialisasi primer merupakan tahap sosialisasi pertama dialami oleh individu untuk mempelajari nilai dan norma sosial yang terjadi di lingkungan keluarga. Ananta diberikan nasihat dan motivasi yang berasal dari lingkungan keluarga yakni kedua orang tuanya.

18. Badan Narkotika Nasional (BNN) akan mengadakan sosialisasi tentang bahaya penggunaan narkoba bagi kesehatan di sejumlah sekolah menengah di kota Samarinda. Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut adalah ....
A. menciptakan integrasi bangsa
B. mewariskan nilai dan norma kepada pelajar
C. mencegah terjadinya perilaku menyimpang
D. membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar
E. memberikan pengetahuan agar dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat

Jawaban: C
Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan sosialisasi tentang bahaya penggunan narkoba bagi kesehatan khususnya di kalangan remaja di sejumlah sekolah bertujuan untuk mencegah perilaku menyimpang. Harapannya setelah dilakukan sosialisasi, pelajar sekolah tidak akan pernah mencoba barang haram narkoba demi kesehatan dan masa depan mereka.

19. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Pekerjaan ini menuntun nelayan berpindah-pindah tempat agar mendapatkan hasil yang maksimal dengan risiko yang dihadapi sangat tinggi. Hal itu menjadikan masyarakat nelayan memiliki karakter keras, tegas, dan terbuka. Pada ilustrasi tersebut faktor pembentuk kepribadiannya adalah ....
A. faktor kelompok
B. faktor biologis
C. faktor kebudayaan
D. faktor pengalaman
E. faktor geografis

Jawaban: E
Faktor geografis adalah faktor pembentuk kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkungan alam tempat tinggal. Nelayan memiliki karakter dan sifat keras, tegas, dan terbuka dikarenakan adanya faktor geografis yang mengharuskan mereka berpindah-pindah haluan demi mendapatkan hasil yang melimpah dengan risiko yang sangat tinggi.

20. Cindy mendapatkan nilai ujian  yang kurang memuaskan, oleh karena itu ia mendapatkan hukuman dari ibunya untuk membersihkan kamar mandi. Bentuk sosialisasi yang diterapkan adalah ....
A. represif
B. partisipatoris
C. formal
D. primer
E. langsung

Jawaban: A
Bentuk sosialisasi represif adalah proses sosialisasi yang ditandai dengan adanya penekanan berupa hukuman (punishment), dengan tujuan agar perilaku tersebut tidak terulang kembali. Ilustrasi pada soal menunjukkan bahwa adanya bentuk sosialisasi represif yang ditandai dengan pemberian hukuman untuk membersihkan kamar mandi, agar Cindy dapat belajar dengan baik dan tidak mengulangi kesalahannya.

21. Berikut ini adalah faktor-faktor pembentuk kepribadian, kecuali ....
A. faktor geografis
B. faktor biologis
C. faktor pengalaman
D. faktor kebudayaan
E. faktor kepentingan

Jawaban: E
Faktor-faktor pembentuk kepribadian yaitu, faktor biologis, faktor prenatal, faktor geografis, faktor kebudayaan, faktor pengalaman, faktor kelompok. Adapun kepentingan bukan merupakan faktor pembentuk kepribadian, melainkan faktor pembentukan kelompok sosial.

22. Marsella merupakan mahasiswi fakultas hukum di sebuah kampus ternama. Ia tergabung dalam organisasi himpunan mahasiswa di jurusannya. Dalam melakukan tugasnya sebagai pengurus organisasi, ia mampu belajar tentang nilai-nilai disiplin, loyalitas, dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Agen sosialisasi pembentuk karakter Marsella adalah ....
A. keluarga
B. kelompok bermain
C. media massa
D. lingkungan kerja
E. lingkungan organisasi kampus

Jawaban: E
Agen atau media sosialisasi pembentuk karakter Marsella adalah lingkungan organisasi kampus. Marsella bergabung dalam himpunan mahasiswa di jurusannya, di sana ia belajar tentang nilai-nilai yang dianggap baik oleh masyarakat dan bermanfaat untuk kehidupannya setelah kuliah nanti. Sosialisasi di lingkungan organisasi kampus bertujuan untuk menanamkan nilai kedisiplinan yang lebih tinggi dan mutlak serta berorientasi mempersiapkan peran mahasiswa pada saat terjun ke masyarakat.

23. Bentuk sosialisasi represif terkadang sangat perlu dilakukan agar masyarakat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang ada. Pernyataan berikut yang menunjukkan bentuk sosialisasi tersebut adalah ....
A. Anton bergabung dalam ekstrakurikuler dance di sekolahnya
B. Pak desa memberikan penyuluhan mengenai bank sampah kepada warganya
C. Polisi memberikan surat tilang kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas
D. Toni mengajar bahasa Inggris di sebuah panti asuhan
E. Ani mengikuti program belajar untuk persiapan SBMPTN di sebuah bimbel

Jawaban: C
Bentuk sosialisasi represif adalah proses sosialisasi yang ditandai dengan adanya penekanan berupa pemberian hukuman (punishment), dengan tujuan agar perilaku tersebut tidak terulang kembali. Pernyataan pada huruf C merupakan contoh dari sosialisasi represif. karena dalam ilustrasi tersebut dijelaskan bahwa polisi memberi sanksi atau hukuman berupa surat tilang kepada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.

24. Dian, Ayu, dan Rama bersahabat sejak dari SMA. Mereka harus berpisah dan jarang bertemu karena berkulah di tempat yang berbeda-beda. Meskipun demikian, mereka tetap meluangkan waktu untuk berkumpul dan berbagi kisah kehidupan di kampus masing-masing. Media sosialiasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. sekolah
B. keluarga
C. lingkungan kerja
D. peer group
E. media massa

Jawaban: D
Media atau agen sosialisasi berdasarkan ilustrasi pada soal adalah peer group. Sosialisasi dalam masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa media peer group atau kelompok bermain. Proses sosialisasi dalam kelompok bermain dilakukan antarteman dan hubungan sosialisasi yang terjalin dalam kelompok bermain bersifat ekualias (sederajat).

25. Julia terpilih menjadi ketua ekstrakurikuler teater melalui musyawarah mufakat. Ketika menjadi pemimpin Julia dituntut agar berperilaku adil dan dapat menyelesaikan permasalahan internal kelompok secara bijak dan tegas. Oleh karena itu, Julia disegani oleh anggota kelompoknya. Media sosialisasi tersebut berfungsi sebagai ....
A. ajang berkompetensi bagi para siswa dalam berorganisasi
B. pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap masalah kelompok
C. sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
D. mencegah terjadinya perilaku menyimpang
E. sebagai sarana menciptakan kestabilan di bidang politik

Jawaban: B
Berdasarkan ilustrasi pada soal, fungsi sosialisasi melalui media lingkungan organisasi sekolah adalah untuk membentuk kepribadian individu tanggap terhadap masalah kelompok. Dibutuhkan individu yang memiliki sikap adil, bijak dan tegas untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada dalam kelompok, agar dapat terciptanya kestabilan dan keharmonisan antaranggota kelompok.


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Sosiologi SMA Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer