Download RPP Sikap Gereja terhadap Agama dan Kepercayaan Lain | Agama Katolik Kelas IX

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain.

Download RPP Sikap Gereja terhadap Agama dan Kepercayaan Lain | Agama Katolik Kelas IX

Semoga perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kerja rekan-rekan guru dalam membuat perangkat ajar yang nantinya akan digunakan dalam kelas. Kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesabaran dan kemurahan hati dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa demi masa depan yang lebih cerah. Selanjutnya, admin akan menjelaskan sedikit tentang garis-garis besar isi yang terdapat dalam perangkat ini.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Memahami dan menyadari bahwa penganut agama dan kepercayaan yang lain adalah sesama saudara, sehingga mereka bersikap hormat dan bersahabat dengan sesama dalam hidup sehari-hari dalam ikatan sejati.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Menceritakan pengalaman hidup bersama dengan penganut agama dan kepercayaan lain.
  2. Menjelaskan sikap Gereja terhadap agama dan kepercayaan lain.
  3. Memberikan contoh-contoh konkret tindakan Gereja dalam menghormati agama lain.

Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Pendahuluan
  • Doa Pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk beroda secara spontan.
  • Guru memberikan pengantar singkat untuk masuk dalam pelajaran.
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca surat ketua stasi kepada pastor parokinya.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok dan mengajak mereka untuk menulis surat kepada ketua stasi M, seandainya mereka berperan sebagai pastor paroki itu. Tulislah pula alasan mengapa mereka menerima atau menolak permohonan Islam itu.
  • Setiap kelompok membaca surat yang telah mereka susun dan bisa ditanggapi oleh keompok lain.
  • Guru bersama siswa merumuskan pandangan bersama terhadap permohonan itu
  • Guru mengajak paras siswa untuk membaca dengan cermat dua dokumen Gereja yakni Unitatis Redintegratio Art. 3 dan Nostra Aetate Art. 1,2.
  • Guru mengajak paras siswa untuk mendalami dokumen Gereja tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut: Persamaan apa yang ada pada agama-agama didunia ini menurut ajaran Gereja dalam dokumen tersebut? Bagaimanakah sikap Gereja Katolik terhadap agama dan kepercayan lain menurut agama tersebut? Tidakan konkret apa yang telah dilakukan Gereja Katolik dalam mewujudkan ajarannya pada masa sekarang ini?
  • Guru memeberikan pengayaan.
  • Guru meminta kepada siswa untuk mengemukakan hal-hal yang dapat dibuat dalam menciptakan hubungan yang lebih baik dalam pergaulan dengan umat yang berbeda agama dan kepercayaan.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan doa "mohon sikap rukun beragama" dari buku MB No. 51.

Sumber Belajar

  • Kitab Suci
  • Buku PAK guru dan siswa
  • Foto-foto dari internet
  • Teks dokumen Gereja
  • Pengalaman hidup siswa

Penilaian Pengetahuan

  1. Ceritakanlah pengalaman hidup bersama dengan penganut agama dan kepercayaan lain!
  2. Jelaskan sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain!
  3. Berikan contoh-contoh konkret tindakan gereja dalam menghormati agama lain!
Download selengkapnya perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran sikap gereja terhadap agama dan kepercayaan lain yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajar agama Katolik di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download selengkapnya di link berikut ini!

Download RPP Agama Katolik Revisi

DOWNLOAD SEKARANG