Download RPP 1 Lembar Menghargai dan Mewujudkan Kejujuran | Agama Katolik Kelas IX

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran menghargai dan mewujudkan kejujuran revisi terbaru. Semoga apa  yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran menghargai dan mewujudkan kejujuran. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi pembelajaran tentang menghargai dan mewujudkan kejujuran yang diajarkan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1 Lembar Menghargai dan Mewujudkan Kejujuran | Agama Katolik Kelas IX

Kiranya perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran menghargai dan mewujudkan kejujuran yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringan beban kinerja rekan-rekan guru khususnya yang mengajarkan agama Katolik dalam membuat perangkat pembelajaran. Dan semoga Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesabaran dan kemurahan hati dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa demi masa depan yang lebih baik. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara ringkas pokok-pokok atau garis besar isi yang terdapat dalam RRP yang admin bagikan ini.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang duwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Menyadari pentingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Menceritakan pengalaman bertindak jujur dan tidak jujur serta akibatnya.
  2. Menjelaskan pandangan masyarakat tentang kejujuran.
  3. Menjelaskan makan sikap jujue sebagai cara hidup orang beriman.
  4. Menyebutkan hambatan-hambatan yang terjadi untuk bersikap jujur.
  5. Menjelaskan upaya-upaya konkret yang dapat dilakukan untuk membangun sikap jujur dalam hidup sehari-hari.

Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Doa Pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan.
  • Guru memberikan pengantar singkat untuk masuk dalam pelajaran.
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca dan mendengarkan kisah dari majalah utusan "Pemulung dan Anaknya".
  • Guru mengajak para siswa untuk mendalami isi/pesan dari kisah tersebut dengan pertanyaan: Bagaimana kesanmu setelah membaca kisah tersebut? Apakah yang disembunyikan oleh pak Samsudi terhadap anak-anaknya? Apakah yang menyebabkan pak Samsudi tidak berani jujur kepada anak-anaknya? Apa akibat ketidak jujur tersebut? Dapatkah kamu menerima sikap pak Samsudi dan istrinya? Mengapa? Pernahkah kamu menghadapi situasi seperti pak Samsudi yang ditantang untuk jujur terhadap anak-anaknya? Ceritakan peristiwa yang kamu alami dimana kamu ditantang untuk bertindak jujur? Apa yang menyebabkan kamu bertindak jujur dan bertindak tidak jujur? Apa akibat bagi dirimu dan orang lain ketika kamu bertindak jujur. Apa akibat bagi dirimu dan bagi orang lain ketika kamu bertindak tidak jujur?
  • Guru membuat rangkuman dan masukan.
  • Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan teks Kitab Suci Kis 5: 1-11.
  • Guru mengadakan tanya jawab dengan para siswa untuk mendalami isi/pesan dari teks tersebut: Apakah yang dilakukan oleh Ananias dan Safira? Kepada siapa saja mereka telah berbuat tidak jujur?
  • Apa yang menyebabkan mereka tidak jujur?  Apa akibat dari perbuatan mereka? Apakah akibat yang harus mereka tanggung memang wajar? Mengapa?  Apa kiranya pesan kisah diatas bagimu?
  • Guru membuat rangkuman dan masukan.
  • Guru mengajak para siswa untuk merumuskan usaha-usaha yang dapat mereka perbuat untuk mengembangkan kebiasaan bertindak jujur.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang siswa.

Sumber Belajar/ Alat

  • Kitab Suci, Buku guru dan siswa 
  • Pengalaman hidup siswa
  • Internet
  • Laptop, LCD

Penilaian Pengetahuan 

  1. Ceritakan pengalaman bertindak jujur dan tidak jujur serta akibatnya!
  2. Menjelaskan pandangan masyarakat tentang kejujuran!
  3. Jelaskan makna sikap jujur sebagai cara hidup orang beriman!
  4. Sebutkan hambatan-hambatan yang terjadi untuk bersikap jujur!
  5. Menjelaskan upaya-upaya konkret yang dapat dilakukan untuk membangun sikap jujur dalam hidup sehari-hari.
Selengkapnya silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran menghargai dan mewujudkan kejujuran di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran menghargai dan mewujudkan kejujuran yang admin bagikan ini secara khusus buat teman guru yang mengajar agama Katolik di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download sekarang di link yang telah admin sediakan berikut ini!
Download RPP Agama Katolik Revisi