Download RPP 1 Lembar Bersahabat Sesama Agama Lain | Agama Katolik Kelas IX

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX sembilan dengan materi pembelajaran bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX sembilan dengan materi pembelajaran bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi seputar bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain.

Download RPP 1 Lembar Bersahabat Sesama Agama Lain | Agama Katolik Kelas IX

Semoga dengan adanya  perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX sembilan dengan materi pembelajaran bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam menyiapkan perangkat ajar yang nantinya akan digunakan di dalam kelas. Dan kiranya kita selalu diberikan kesabaran dan kemurahan hati dalam mendidik anak didik kita di sekolah dalam menyampaikan materi sehingga apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai dengan baik. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara singkat isi dari perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini.

Standar Kompetensi 

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah-tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Memahami dan menyadari bahwa penganut agama dan kepercayaan lain adalah sesama saudara, sehingga mereka bersikap berhormat dan bersahabat dengan sesama dalam hidup sehari-hari dalam ikatan persaudaraan sejati.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Menceritakan pengalaman persahabatan dengan penganut agama dan kepercayaan lain dalam hidup sehari-hari.
  2. Mengungkapkan keprihatinan tentang hubungan antarumat beragama di Indonesia.
  3. Menjelaskan pandangan gereja tentang pentingnya dialog antarumat beragama.
  4. Mengungkapkan niat dan tindakan positif yang akan dikembangkan dalam mewujudkan persahabatan dengan penganut agama dan kepercayaan lain.

Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  •  Guru mengajak siswa untuk membuka pelajaran dengan doa spontan untuk memohon penyertaan Tuhan agar mendapat kejernihan pikiran dan hati sehingga bisa memahami pelajaran hari ini serta mendapat kekuatan untuk menghayati dan mengamalkan dalam hidup.
  • Guru memberikan pengantar singkat untuk masuk dalam pelajaran.
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
  • Guru mengajak para siswa untuk menyanyikan lagu "Mari Terbuka".
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak para siswa untuk membuat daftar teman atau sahabat.
  • Para siswa disuruh untuk berbagi pengalaman dalam kelas bersama dengan teman-temannya tersebut.
  • Guru bersama para siswa membuat rangkuman.
  • Guru meminta para siswa untuk merenungkan cerita "Hal yang Indah".
  • Guru meminta siswa untuk mencermati kisah dalam Kitab Suci Mat 8:5-13.
  • Guru mengajak siswa berdialog untuk mendalami isi atau pesan dari bacaan Kitab Suci tersebut.
  • Guru memberikan penegasan singkat.
  • Guru mengajak siswa untuk membuat kegiatan bersama yang bermanfaat bagi banyak orang dengan melibatkan teman-teman dari berbagai agama.
c. Kegiatan Penutup
  •  Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan doa spontan yang dipimpin oleh seorang siswa dan menyanyikan lagu "Mari Terbuka"

Sumber Belajar

  1. Kitab Suci
  2. Buku PAK guru dan siswa
  3. Internet: katolisitas.org
  4. Teks dokumen gereja
  5. Pengalaman hidup siswa

Penilaian Pengetahuan

Instrumen Soal:
  1. Ceritakan pengalaman persahabatan dengan penganut agama dan kepercayaan lain dalam hidupmu sehari-hari!
  2. Ungkapkan keprihatinanmu tentang hubungan antarumat beragama di Indonesia!
  3. Jelaskan pandangan gereja tentang pentingnya dialog antarumat beragama!
  4. Ungkapkan niat dan tindakan positif yang kamu kembangkan dalam mewujudkan persahabatan dengan penganut agama lain dan kepercayaan lain.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX sembilan dengan materi pembelajaran bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun, perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX sembilan dengan materi pembelajaran bersahabat dengan sesama yang beragama dan kepercayaaan lain yang admin bagikan ini secara khusus buat rekan guru yang mengajar agama Katolik di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download selengkapnya sekarang di link berikut ini!

Download RPP Agama Katolik Revisi

DOWNLOAD SEKARANG