"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 08 Juli 2020

Download RPP 1 Lembar Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik kelas VIII materi tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi seputar tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia yang diajarkan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1 Lembar Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia

Selamat datang dan dapatkan informasi terbaru seputar perangkat pembelajaran RPP agama Katolik materi tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia dengan mudah dan GRATIS. Kiranya perangkat pembelajaran ini dapat menjadikan kita sebagai guru-guru yang handal dan inovatif dalam membawakan materi pembelajaran di kelas. Dan yang admin sangat berbahagia karena bisa membantu meringankan beban kerja rekan-rekan guru semuanya dalam membuat dan menyiapkan perangkat ajar yang nantinya akan digunakan di dalam kelas.  Untuk itu, admin akan menjelaskan secara singkat garis besar dari isi yang terdapat dalam RPP 1 lembar agama Katolik materi tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang limu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lian yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Menggali informasi dari Kitab Suci dan ajaran Gereja untuk memahami bahwa Gereja adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
  2. Mendoakan Gereja agar makin mampu mewujudkan diri sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.

Indikator Pembelajaran

  1. Menceritakan simbol-simbol tentang keselamatan.
  2. Menjelaskan pemahaman tentang keselamatan.
  3. Menjelaskan makna keselamatan berdasar Kitab Suci.

Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui kegiatan refleksi, pengamatan dan tanya jawab. peserta didik dapat memahami tanda dan sarana keselamatan yang pernah dialami.
  2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci  Peserta didik dapat memahami ajaran tentang keselamatan Kitab Suci.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru membangun suasana belajar yang kondusif.
  • Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa.
  • Guru menyampaikan kopetensi yang aklan di pelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan.
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan refleksi/mengingat kembali pengalaman yang telah lalu.
  • Peserta didik diminta untuk mengamati beberapa gambar yang menggambarkan peringatakan/simbol untuk berusaha mendapatkan keselamatan.
  • Peserta didik diminta untuk mengungkapkan beberapa pertanyaan sehubungan dengan gambar yang diamati.
  • Guru dapat memberikan peneguhan.
  • Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Suci Lukas 19:1-10.
  • Peserta didik diminta untuk merumuskan arti keselamatan berdasarkan Kitab Suci tersebut.
  • Setelah selesai merumuskan, peserta didik diminta untuk mewancarai salah satu guru, untuk menanyakan arti/makna keselamatan menurut pandangan guru tersebut.
  • Peserta didik membuat perbandingan antara pandangan guru dengan Kitab Suci tentang keselamatan.
  • Peserta didik diminta untuk merumuskan pandangan mereka tentang keselamatan setelah dibandingkan pemahaman keselamatan tersebut.
  • Peserta didik kemudian diberi tugas untuk kembali menemukan pemahaman tentang keselamatan dalam Kitab Suci.
c. Penutup
  • Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi.
  • Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

1. Sikap Spritual
  1. Bersyukur atas kehadiran gereja di dunia ini.
  2. Mensyukuri kehadiran Gereja dengan berdoa.
  3. Mewujudkan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan liturgi di Gereja .
2. Penilaian Pengetahuan
  1. Jelaskan pemahamanmu tentang keselamatan.
  2. Sebutkan upaya-upaya manusia dalam mendapatkan keselamatan.
  3. Jelaskan makna keselamatan berdasarkan Kitab Suci Matius14:30-31.
Kunci Jawaban
  1. Keselamatan dapat berarti terhindar dari bahaya maut, sehingga masih bisa dilanjutkan hidupnya di dunia ini. Keselamatan juga dapat diartikan diampuni dosa-dosanya sehingga "mendapat tempat disisi Tuhan", maksudnya hidup berbahagia di surga.
  2. Berbagai upaya dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan keselamatan banyak diungkapkan dengan berbagai simbol. Bisa dengan menggunakan kata-kata tetapi bisa juga dengan menggunakan gambar-gambar.
  3. Matius 14:30-31; Keselamatan diartikan sebagai mendapat pertolongan sehingga terhindar dari bahaya. Ketika Petrus akan tenggelam ia berseru, "Tuhan tolonglah aku!" segeralah Yesus mengulurkan tangan-Nya.
Untuk lebih jelasnya, SILAKAN Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik kelas VIII materi tanda dan sarana penyelamatan dalam hidup manusia di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapumn perangkat pembelajaran yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang membawakan materi pembelajaran agama Katolik di kelas VIII (delapan). Selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik demi masa depan yang labih baik. Terima kasih.

Download Perangkat RPP 1 Lembar Agama Katolik


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer