"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 08 Juli 2020

Download RPP Gereja sebagai Sarana Keselamatan dalam Hidup Manusia



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP materi gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP materi gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi pembelajaran seputar gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia.

Download RPP Gereja sebagai Sarana Keselamatan dalam Hidup Manusia

Terima kasih atas kunjungan Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti di situs pembelajaran terlengkap searchpengertian.com. Dapatkan informasi terbaru dengan sangat mudah dan tentunya gratis buat membantu rekan-rekan guru di mana pun berada. Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran RPP 1 lembar ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat RPP sebagai bahan pembelajaran nantinya di dalam kelas. Kiranya Bapak Ibu Guru selalu diberikan kesabaran dan kemurahan hati dalam mendidik anak didiknya demi mencapai cita-cita yang mulia. Untuk itu, admin akan menjelaskan secara singkat isi dari RPP 1 lembar agama Katolik materi gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia berikut ni.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (teleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Memahami bahwa Gereja adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.
  2. Melakukan aktivitas untuk mewujudkan Gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang.

Indikator Pembelajaran

  1. Menciptakan simbol-simbol tentang keselamatan.
  2. Menjelaskan bahwa Gereja sebagai sanrana keselamatan.
  3. Menjelaskan sakramen sebagai sanara komunikasi.

Tujuan Pembelajaran

  • Melalui kegiatan refleksi, pengamatan dan tanya jawab, Pesrta didik dapat memahami tanda dan sarana keselamatan yang pernah dialami.
  • Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci serta wawancara, peserta didik dapat memahami ajaran tentang keselamatan berdasar Kitab Suci.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru membangun suasana belajar yang kodusif.
  • Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa.
  • Guru menyampaikan kompetensi yang akan di pelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan.
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak peserta didik mengamati gambar-gambar yang ada pada buku siswa dan mencari makna dari gambar tersebut.
  • Peserta didik diminta untuk membaca cerita upacara Tedehtak Siten.
  • Peserta didik diminta untuk meruumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita yang sudah dibaca.
  • Pertanyaan yang diungkapkan peserta didik dipergunakan sebagai kegiatan tanya jawab bersama antara guru dengan peserta didik.
  • Guru dapat memberikan beberapa peneguhan.
  • Peserta didik diminta untuk membaca dokumen Gereja LG Art. 1 dan 9.
  • Peserta didik diminta untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan sehubungan dengan artikel tersebut.
  • Peserta didik membuat kesimpulan atas hasil diskusi kelompok.
  • Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusi pada kertas flap.
  • Menempelkan kertas flap yang berisi hasil diskusi pada papan tempel atau tempat yang telah ditentukan oleh guru.
  • Secara bergantian setiap kelompok mengunjungi hasil diskusi kelompok lain, dan memberikan komentar/tanggapan pada hasil diskusi kelompok lian dengan menuliskanya dibagian bawah kertas flap kelompok tersebut.
  • Guru dapat memberikan peneguhan.
c. Penutup
  • Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi.
  • Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

1. Sikap Spiritual
  1. Bersyukur atas kehadiran gereja di dunia ini.
  2. Mensyukuri kehadiran Gereja dengan berdoa.
  3. Mewujudkan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan liturgi di Gereja.
2. Penilaian Pengetahuan
  1. Jelaskan simbol-simbol tentang keselamatan.
  2. Jelaskan bahwa Gereja sebagai sarana keselamatan.
  3. Jelaskan sakramen sebagai komunikasi dengan Tuhan untuk mendapatkan keselamatan.
Kunci Jawaban
  1. Tuhan tidak serta merta secara fisik dalam menyelamatkan manusia sekarang ini. Allah menyelamatkan manusia melalui sanrana-sarana yang ada dinia ini, dengan simbol atau lambang-lambang.
  2. Gereja berperan unt.uk membawa umat semakin berkenan kepada Yesus dan tetap setia kepada Yesus. Yesus yang telah wafat dan bangkit, tidak lagi hadir secara langsung kepada setiap orang. Wajah dan kehadiran Yesus nampak dalam wajah dan kehadiran Gereja di tengah masyarakat. Gereja menjadi sarana bagi umat untuk menjalin komunikasi yang semakin dekat dan erat dengan Allah.
  3. Gereja adalah merupakan sakramen, yaitu tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kestuan seluruh umat manusia. Tanda yang menyelamatkan umat manusia Gereja menyalurkan rahmat keselamatan melaui 7 (tujuh) sakramen yaitu sakramen Baptis, Krisma, Ekaristi, Tobat,, Thabisan, Perkainan, dan Sakramen Pengurapan Orang Sakit.
Selengkapnya bisa Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP materi gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP materi gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan dalam hidup manusia yang admin bagikan ini secara khusus buat rekan guru yang mengajar di kelas VIII. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat kemajuan kita bersama. Kiranya bermanfaat dan terima kasih.

Download Perangkat RPP Agama Katolik Revisi


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP Gereja sebagai Sarana Keselamatan dalam Hidup Manusia

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer