Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII | Bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar Agama Katolik kelas delapan materi bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik kelas delapan materi bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII | Bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban

Selamat datang di searchpengertian dan dapat informasi terbaru seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar Agama Katolik kelas delapan materi bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban. Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran ini dapat menjadikan kita sebagai Bapak Ibu Guru yang lebih profesional dalam mendidik dan mencerdaskan anak didik kita. Dan kiranya kita selalu di berikan kesabaran kemurahan hati dalam mendidik dan mencerdaskan anak didik di sekolah. Untuk lebih jelasnya admin akan menjelaskan garis besar isi yang terdapat dalam perangkat pembelajaran ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Memahami aneka pelayanan Gereja.
  2. Melakukan aktivitas (misalnya aksi sosial/mengikuti kegiatan lingkungan/ menyumbang dana/ menyusun doa/wawancara) yang berkaitan dengan aneka pelayanan Gereja.

Indikator Pembelajaran

  • Menjelaskan isi dari 4 tugas Gereja yaitu Liturgi, Koinonia, Kerygma, dan Diakonia.
  • Merumuskan pelaksanan tugas remaja yang ambil bagian dalam 4 Tugas Gereja.
  • Menyebutkan contoh perwujudan 4 tugas Gereja di masa sekarang.

Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat memahami berbagai kegiatan yang dilakukan di Gereja.
  2. Peserta didik dapat memahami bahwa perkembangan iman dapat dilakukan melalui keterlibatan dalam kegiatan pelayanan di Gereja.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru membangun suasana belajar yang kodusif.
  • Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa.
  • Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian yang akan dilakukan.
b. Kegiatan Inti
  • Pendidkan diminta untuk mengamati beberapa gambar dari internet yang  menggambarkan berbagai bentuk tugas pelayanan dalam Gereja Katolik.
  • Peserta didik diminta untuk mendengarkan sharing pengalaman temannya yang pernah mengikuti beberapa kegiatan pelayanan.
  • Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan sehubungan dengan bentuk-bentuk tugas pelayanan dalam Gereja Katolik.
  • Berdasarkan pertanyaan yang telah dirumuskan bersama, peserta didik menggali jawabanya dengan cara wawancara dengan guru Katolik yang ada disekolah atau studi pustaka.
  • Peserta didik kemudian merumuskan hasil yang telah diperolehnya dan kemudian mempersentasikannya dalam kelompok kecil.
  • Guru memberikan peneguhan.
  • Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Suci.
  • Guru memberikan beberapa pengarahan sehubungan dengan bacaan.
  • Peserta didik dapat berbagi (sharing) dengan teman akan jawaban mereka.
  • Guru memberikan peneguhan.
 c. Penutup
  • Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi.
  • Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

1. Sikap spiritual
  1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja.
  2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja.
  3. Mengajak teman yang lain untuk mengikuti kegiatan yang ada di Gereja.
2. Penilaian Pengetahuan
  1. Menjelaskan dari isi 4 tugas Gereja yaitu Liturgia, koinonia, kerygma, dan diakonia.
  2. Merumuskan Pelaksanaan tugas remaja yang ambil bagian dalam 4 tugas Gereja.
  3. Menyebutkan contoh perwujudan 4 tugas Gereja di masa sekarang.
Kunci Jawaban
  1. a). Liturgia (menguduskan) merupakan segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, secara personal maupun sosial baik yang sakramen dan bukan sakramen, b). Diakonia (melayani) merupakan segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan bantuan, c). Kerygma (mewartakan) merupakan segala  bentuk pewartaan, pengajaran iman, dan komunikasi iman untuk saling meluruskan padangan iman, d). Koinonia (Persekutuan) merupakan segala usaha untuk semakin mewujudkan dan mengukuhkan persaudaraan murid-murid Kristus dengan saling membantu, saling berbagi, dan memenuhi kebutuhan bersama.
  2. Remaja dapat mengambil bagian dalam 4 tugas Gereja dalam kegiatan misalnya Putra-Putri Altar, Legio Maria Yunior, Anthiok, Remaja Katolik, Orang Muda Katolik, Kelompok Kariawan Muda Katolik, dan sebagainya.
  3. Contoh kegiatan dari 4 bidang tersebut misalnya: Liturgia (Menguduskan) contonya Perayaan Ekaristi, ibadat, doa novena dan lain-lain; Diakonia (melayani) contoh dalam paroki terdapat poliklinik, dana solidaritas, yayasan yatim piatu dan lain-lain; Kerygma (mewartakan) contonya pelajaran agama, pelajaran untuk calon baptis, katekese umat, kotbah dan lain-lain; kelompok legio Maria, mamiage Encounter (ME) wanita Katolik.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar Agama Katolik kelas delapan materi bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban di link yang admin bagikan di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar Agama Katolik kelas delapan materi bentuk-bentuk pelayanan gereja sebagai paguyuban ini khusus buat Bapak Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas VIII. Selengkapnya silakan download perangkat pembelajaran ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Download Perangkat RPP 1 Lembar Agama Katolik