Download RPP 1 Lembar Memperjuangkan Keadilan | Agama Katolik Kelas IX Revisi

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran agama dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi memperjuangkan keadilan yang diajarkan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1 Lembar Memperjuangkan Keadilan | Agama Katolik Kelas IX Revisi

Kiranya perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan dapat membantu meringankan beban kerja rekan guru dalam membuat perangkat pembelajaran erangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan yang di tuntut dan merupakan sebuah kewajiban yang mutlak harus dikerjakan oleh Bapak dan Ibu Guru sebelum memasuki kelas untuk membawakan materi kepada anak didik. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara singkat tentang isi pokok dalam perangkat yang admin bagikan ini.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Menyadari petingnya kejujuran dan keadilan sebagai nilai-nilai luhur yang harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Menyebutkan contoh-contoh ketidakadilan dalam hidup sehari-hari.
  2. Menjelaskan sebab-sebab dan akibat ketidak adilan di dalam masyarakat.
  3. Menjelaskan makna sikap adil dan perlunya mengusahakan keadilan menurut pandagan Kristiani.
  4. Menceritakan salah satu tokoh pejuang keadilan yang patut diteladan.
  5. Menjelaskan upaya-upaya untuk menegakkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.

Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Doa Pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan.
  • Guru memberikan pengangantar singkat untuk masuk dalam pelajaran.
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
  • Guru  Mengajak para siswa untuk berdialong dengan pertanyaan. Sebutkan berbagai bentuk ketidakadilan yang sering terjadi ditengah masyarakat khususnya ketidakadilan dibidang politik dan ekonomi! Mengapa terjadi ketidakadilan dibidang politik dan ekonomi? Apa akibat yang dtimbulkan oleh semua ketidakadilan itu?
  • Guru memberi masukan: Bentuk-bentuk ketidakadilan dibidang politik dan ekonomi. Penyebab ketidakadilan. Akibat ketidakadilan.
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca dan mendengarkan kisah "Ayah Minah"
  • Guru mengajak para siswa untuk mendalami isi/pesan dari kisah tersebut dengan bantuan pertanyaan.  Bagaimana kesanmu atas kisah tersebut? Apakah sebenarnya yang diperjuagkan oleh Minah? Apakah arti keadilan menurut kisah tersebut? Apakah kamu setuju dengan pandagan tentang keadilan seperti yang terkandung dalam kisah itu? Jelaskan! Apakah kamu setuju dengan ungkapan gigi fanti gigi, mata ganti mata?
  • Guru membuat rangkuman dan masukan.
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca kutipan Kitab Suci 1 Raja 3: 16-28.
  • Guru mengajak para siswa untuk mendalami isi/pesan dari teks tersebut dengan bantuan pertanyaan: Menurut kisah tadi, apakah Salomo dapat dikatakan telah bertindak adil? Jelaskan?
  • Apakah makna keadilan menurut kisah tersebut?  Berdasarkan ketidakadilan Salomo apa yang dapat kamu lakukan untuk memperjuangkan keadilan dilingkungan sekolah dan rumahmu?
  • Guru menugaskan siswa untuk mencari tokoh pejuang keadilan dilingkungannya.
  • Para siswa diminta untuk menyusun rencna konkret untuk membantu teman-temannya dan orang lain yang mengalami ketidakadilan.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan doa yang dipimpin oleh salah seorang siwa.

Sumber Belajar

  • Kitab Suci
  • Buku PAK guru dan siswa pel. 15
  • Pengalaman hidup siswa

Penilaian Pengetahuan

  1. Sebutkan contoh-contoh ketidakadilan dalam hidup sehari-hari!
  2. Menjelaskan sebab-sebab akibat ketidakadilan di dalam masyarakat!
  3. Jelaskan makna sikap adil dan perlunya mengusahakan keadilan menurut pandangan Kristiani!
  4. Ceritakanlah salah satu tokoh pejuang keadilan yang patut diteladani!
  5. Jelaskan upaya untuk menegakkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat!
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran RPP agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran memperjuangkan keadilan yang admin bagikan kali ini secara khusus buat rekan guru yang membawakan mata pelajatan agama Katolik dan Budi Pekerti di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download selengkapnya di link berikut ini!

Download RPP Memperjuangkan Keadilan