"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 12 Juli 2020

Download RPP 1 Lembar Cita-Cita | Agama Katolik Kelas IX Revisi Terbaru



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran cita-cita. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran cita-cita. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi tentang cita-cita yang diajarkan oleh Bapak Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1 Lembar Cita-Cita | Agama Katolik Kelas IX Revisi Terbaru

Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran cita-cita yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat program pengajaran yang nantinya akan digunakan di dalam kelas. Dan kiranya kita selalu diberikan kesabaran dan kemurahan hati dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa, agar apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai. Selanjutnya admin akan menjelaskan secara singkat isi yang terdapat dalam perangkat RPP yang admin bagikan ini. Mohon maaf apabila di dalam pemaparan perangkat pembelajaran yang admin bagikan ini terdapat kekeliruan.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah-tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Memahami, menyadari, dan menemukan cita-cita atau arah hidupnya sesuai dengan kehendak Allah, seperti terkandung dalam sakramen perkawinan atau sakramen Imamat, sehingga mereka berusaha mempersiapkan diri untuk mencapai cita-cita.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Menyebutkan cita-cita hidupnya dan alasan-alasannya.
  2. Menjelaskan syarat-syarat yang diperlukan untuk mengapai cita-cita hidup.
  3. Menjelaskan makna perjuangan mencapai cita-cita hidup.
  4. Menceritakan pengalaman seorang tokoh panutan masyarakat dalam berjuang mencapai cita-cita hidupnya.
  5. Membuat doa permohonan untuk menemukan cita-cita yang tepat sesuai dengan kehendak Allah dan kekuatan untuk mewujudkannya.

Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Doa pembukaan: Seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  • Guru memberikan pengantar singkat untuk masuk dalam pelajaran.
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama proses pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak siswa untuk membaca surat ketua stasi kepada pastor parokinya.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok dan mengajak mereka untuk menulis surat kepada ketua stasi, seandainya mereka berperan sebagai pastor paroki itu. 
  • Setiap kelompok membaca surat yang telah mereka susun dan bisa ditanggapi oleh kelompok lain.
  • Guru bersama siswa merumuskan pandangan bersama terhadap permohonan itu. 
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca dengan cermat dua dokumen gereja yakni Unitatis Redintegratio Art. 3 dan Nostra Aetate Art. 1,2.
  • Guru mengajak para siswa untuk mendalami dokumen gereja tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
  • Guru memberikan pengayaan.
  • Guru meminta kepada siswa untuk mengemukakan hal-hal yang dapat dibuat dalam menciptakan hubungan yang lebih baik dalam pergaulan dengan umat yang berbeda agama dan kepercayaan.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan doa "mohon sikap rukun beragama" dari buku MB No. 51.

Sumber Belajar

  • Kitab Suci
  • Buku PAK guru dan siswa
  • Foto-foto
  • Teks dokumen gereja
  • Pengalaman hidup siswa

Penilaian Pengetahuan

Indikator pencapaian kompetensi:
  1. Menyebutkan cita-cita hidupnya dan alasan-alasannya.
  2. Menjelaskan syarat-syarat yang diperlukan untuk mencapai cita-cita hidup.
  3. Menjelaskan makna perjuangan mencapai cita-cita hidup
  4. Menceritakan pengalaman seorang tokoh panutan masyarakat dalam berjuang mencapai cita-cita hidupnya.
  5. Membuat doa permohonan untuk menemukan cita-cita yang tepat sesuai dengan kehendak Allah dan kekuatan untuk mewujudkannya.
Silakan Bapak dan Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran cita-cita di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun, perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi pembelajaran cita-cita yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajar di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat kemajuan Bapak dan Ibu Guru terlebih kepada anak didik di sekolah. Download selengkapnya di link berikut ini!

Download RPP Agama Katolik Cita-Cita

DOWNLOAD SEKARANG



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Cita-Cita | Agama Katolik Kelas IX Revisi Terbaru

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer