"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Rabu, 08 Juli 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Ciri Gereja Sebagai Paguyuban



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik kelas delapan materi pembelajaran ciri gereja sebagai paguyuban revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik kelas delapan materi pembelajaran ciri gereja sebagai paguyuban. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajaun belajar anak didik dalam memahami materi ciri gereja sebagai paguyuban.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Ciri Gereja Sebagai Paguyuban

Selamat datang dan dapatkan informasi terbaru seputar mata pelajaran agama Katolik. Kiranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik kelas delapan materi pembelajaran ciri gereja sebagai paguyuban yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat RPP dalam rangka persiapan mengajar nantinya di kelas. Harapannya, semoga Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan, kesabaran, dan umur yang panjang dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara singkat isi yang terdapat dalam dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan memuat) dan rana abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Memahami makna Gereja sebagai paguyuban untuk beriman.
  2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/menyusun doa/puisi/melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman. 

Indikator Pembelajaran

  • Menyebutkan kegiatan Gereja Perdana seperti dikisahkan dalam Kis 2: 41-47.
  • Menjelaskan ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi terhadap Kis 2: 41-47.
  • Menyebutkan contoh wujud kehidupan Gereja sebagai persekutuan di masa sekarang.

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami sifat/ciri Gereja.
  • Mengerti tentang perwujudan sifat/ciri Gereja dalam hidup sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegitan Pendahuluan
  • Guru membangun suasana belajar yang kondusif.
  • Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan Doa.
  • Guru menyampaikan kompetensi yang akan dipelajari, kegiatan yang akan dilaksanakan dan penilaian dan penilaian yang akan dilakukan.
b. Kegiatan Inti
  • Peserta didik diminta untuk membaca secara perlahan-lahan kalimat demi kalimat dari syahadat hasil Konsili Nicea Konstantinopel.
  • Peserta didik diminta untuk mengamati kembali sebagaian kalimat dari Doa Aku Percaya tersebut khususnya yang menyangkut sifat/ciri Gereja.
  • Peserta didik diminta untuk dirumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan sifat/ciri Gereja yang tercantum dalam doa Akun Percaya.
  • Peserta didik diminta untuk duduk berpasangan kemudian mencari jawaban atas pertanyaan yang telah mereka rumuskan dan membuat laporan.
  • Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya dalam kelompok yang lebih besar
  • Guru memberikan beberapa peneguhan.
  • Guru kembali meminta peserta didik untuk menyampaikan sifat/ciri gereja.
  • Peserta didik diberi waktu 20 menit untuk melakukan wawancara kepada guru yang beragama katolik atau melakukan studi pustaka, menemukan cara yang dapat digunakan untuk mewujudkan sifat/ciri gereja tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peserta didik merumuskan hasilnya dalam bentuk laporan dipersentasikan atau dikumpulkan kepada guru.
  • Guru memberikan penjelasan/peneguhan.
c. Penutup
  • Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi.
  • Peserta didik menuliskan hasil refleksi mereka dalam buku catatan mereka.
  • Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

Penilaian Sikap dan Pengetahuan

1. Sikap Spritual
  1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja.
  2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja.
  3. Mengajak teman yang lain untuk mengikuti kegiatan yang ada di Gereja.
2. Penilaian Pengetahuan
  1. Sebutkan kegiatan Gereja Perdana seperti dikisahkan dalam Kis 2:41-47.
  2. Jelaskan ciri-ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi terhadap Kis 2:41-47!
  3. Sebutkan contoh wujud kehidupan Gereja sebagai persekutuan di masa sekarang!
Kunci Jawaban
  1. Mereka selalu hidup dalam persekutuan dengan bertekun dalam pengajaran para rasul, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa bersama, segala kepunyaan mereka adalah milik bersama, satu sama  lain saling melayani dan berkurban, selalu hidup dengan gembira dan tulus hati, mereka juga salig mengenal, memiliki ikatan batin, memiliki iman yang sama yaitu kepada Yesus Kristus dan menjalankan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus.
  2. Ciri Gereja sebagai persekutuan berdasarkan interpretasi Kis 2:41-47 Ialah Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik.
  3. Aktif dalam kehidupan Gereja,  Setia dan taat pada persekutuan umat dan hierarki, Bersikap jujur dan terbuka satu sama lain, Memperlihatkan kesamaan dari pada perbedaan, Mengadakan berbagai kegiatan sosial.
Silakan Bapak Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanan Pembelajaran RPP agama Katolik materi Ciri Gereja Sebagai Paguyuban di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas delapan. Selengkapnya silakan Bapak Ibu Guru mendownload Rencana Pelaksanan Pembelajaran RPP agama Katolik materi Ciri Gereja Sebagai Paguyuban di berikut ini. Selamat mendpwnload dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Revisi


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Ciri Gereja Sebagai Paguyuban

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer