"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 06 Juli 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII : Gereja Sebagai Paguyuban



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Perangkat RPP 1 lembar agama Katolik materi pembelajaran gereja sebagai paguyuban revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi RPP terbaru 1 lembar untuk mata pelajaran agama Katolik kelas delapan. Dan harapannya, kiranya dengan adanya RPP ini dapat memberikan dampak baik kepada anak didik dalam memahami materi seputar gereja sebagai paguyuban sehingga apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai dengan berkat bantuan dan motivasi dari Bapak Ibu Guru selama ini. Dan kiranya Tuhan selalu menyertai langkah kehidupan kita semua di mana pun berada.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII : Gereja Sebagai Paguyuban

Terima kasih atas kunjungan Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran agama Katolik di situs searchpengertian. Dapatkan informasi terbaru seputar perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Perangkat RPP 1 lembar agama Katolik revis terbaru dengan mudah dan GRATIS. Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran khususnya RPP 1 lembar terbaru. Dan kiranya dengan adanya perangkat pembelajaran ini dapat menjadikan kita sebagai guru-guru yang lebih profesional dalam membawakan materi yang sesuai dengan indikator pembelajaran. Selengkapnya admin akan menjelaskan secara singkat isi yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Perangkat RPP 1 lembar agama Katolik ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan ligkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam rana konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, mebaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Memahami makna Gereja sebagai paguyuban untuk beriman
  2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat refleksi/menyusun doa/puisi/melakukan wawancara) berkaitan dengan makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.

Indikator Pembelajaran

  1. Menjelaskan unsur-unsur anggota Gereja
  2. Menjelaskan peran dan tugas masing-masing anggota gereja
  3. Menyebutkan ciri kehidupan jemaat perdana

Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui kegiatan bernyanyi dan mendengarkan cerita kehidupan, peserta didik dapat memahami ciri dari perkumpulan yang disebut sebagai persekutuan/paguyuban.
  2. Melalui kegiatan membaca dan mendalami Kitab Suci, peserta didik dapat memahami Gereja sebagai sebuah persekutuan/ paguyuban umat Allah.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  • Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan berdoa bersama sebelum pembelajaran dilaksanakan (nilai-nilai religius).
  • Mengecek kehadiran peserta didik
  • Memberikan apersepsi/motifasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  • Peserta didik menyanyikan lagu Bereja Bagi Bahtera dari Puji Syukur. 612 
  • Setelah bernyanyi Peserta didik membandigkan isi lagu dengan cerita tentang persekutuan dalam lingkungan.
  • Peserta didik dapat menyampaikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan makna lagu tersebut
  • Peserta didik menjawab pertanyaan dengan mendiskusikan dalam kelompok pertanyaan yang telah dibuat untuk mendalami makna dari lagu dan cerita tersebut
  • Selain berdiskusi peserta didik dapat menemukan jawaban atas pertanyaan itu dengan study pustaka ( membaca buku teks atau browsing di internet)
  • Bersama dalam kelompok membaca Kitab Suci untuk memahami gereja sebagai persekutuan
  • Setelah membaca Kitab Suci, setiap kelompok mendalami teks Kitab Suci dengan mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat dalam buku teks.
  • Peserta didik membuat rumusan kesimpulan akhir kelompok!
  • Peserta didik mempersiapkan laporan hasil kesimpulan kelompok
  • Peserta didik mempersentasikan laporan  hasil diskusi kelompok didepan kelompok lain
  • Kelompok lain menaggapi hasil presentasi
c. Penutup
  • Guru mengajak para peserta didik untuk duduk, hening dan memejamkan mata, sambil menyampaikan refleksi
  • Sebagai penutup proses pembelajaran, guru mengajak peserta didik untuk berdoa bersama.

Penilaian Pengetahuan

1. Sikap Spritual

Instrumen Penilaian
  1. Bersyukur atas adanya berbagai kegiatan di gereja.
  2. Menyatakan rasa syukur dengan mengikuti kegiatan yang ada di gereja.
  3. Mengajak teman yang lain untuk mengkuti kegiatan yang ada di Gereja.
2. Penilaian Pengetahuan

Instrumen
  1. Jelaskan unsur anggota Gereja.
  2. Jelaskan peran dan tugas masing-masing anggota gereja.
  3. Bagaimana ciri kehidupan jemaat perdana.
Kunci Jawaban
  1. a) Kaum Klerus/Thabisan, 2) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati yang terdiri dari tarekat religius dan tarekat sekular, c) Kaum Awam.
  2. a) Kaum Klerus/Thabisan Tugas utama mereka adalah pelayanan rohani dan menguduskan Gereja melalui perayaan-perayaan sakramen, b) Kaum Hidup Bakti/ biarawan-birawati Mereka membaktikan diri untuk mewartakan kabar gembira dalam pelayanan pendidikan, medis, rumah-rumah retret, dan lain-lain, c) Kaum Awam, yang mengemban tugas dalam Gereja dan dunia sesuai kehendak Allah yakni mengelola tata dunia dengan nilai Kristiani. Di antara kaum awam ada yang menikah dan ada yang tidak menikah (selibat).
  3. Mereka selalu hidup dalam persekutuan dengan bertekun dalam pengajaran paras rasul, selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa bersama, segala kepunyaan mereka adalah milik bersama, satu sama lain saling melayani dan berkurban, selalu hidup dengan gembira dan tulus hati, mereka juga saling mengenal, memiliki ikatan batin, memiliki iman yang sama yaitu kepada Yesus Kristus dan menjalankan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Kristus.
Silakan Bapak Ibu Guru mata pelajaran agama Katolik mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Perangkat RPP 1 lembar agama Katolik materi pembelajaran gereja sebagai paguyuban revisi terbaru di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini  secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas delapan. Selamat mendownload dan mohon maaf bila terdapat kekurangan dalam perangkat pembelajaran yang admin bagikan kali ini. Selengkapnya silakan download di link di bawah ini! Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Revisi


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII : Gereja Sebagai Paguyuban

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer