"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 06 Juli 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII | Mengikuti Bimbingan Roh Kudus



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar agama Katolik kelas VIII materi mengikuti bimbingan roh kudus. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik kelas VIII materi mengikuti bimbingan roh kudus. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi mengikuti bimbingan roh kudus yang diajarkan oleh Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII | Mengikuti Bimbingan Roh Kudus

Terima kasih atas kunjungan Bapak Ibu Guru di situs pembelajaran searchpengertian. Semoga perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik materi mengikuti bimbingan roh kudus dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam meringankan beban kerja di dalam membuat perangkat ajar. Dan kiranya perangkat pembelajaran ini dapat menjadikan kita sebagai Bapak Ibu Guru yang lebih profesional dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa demi kemajuan negara kita tercinta ini, khususnya di bidang pendidikan. Selanjutnya, izinkah admin menjelaskan secara singkat garis besar dari isi RPP ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disipin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang limu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini
  2. Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa/puisi/ membuat refeleksi/ ibadat) yang berkaitan dengan peran Roh Kudus pada Gereja perdana dan Gereja masa kini.

Indikator Pembelajaran

  1. Menjelaskan berbagai godaan yang harus diwaspadai.
  2. Menjelaskan pentingnya membedakan roh.
  3. Menjelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini.
  4. Menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatian untuk mendapat karunia Roh Kudus

Tujuan Pembelajaran

  1. Melalui kegiatan membaca cerita dan Tanya jawab, peserta didik dapat memahami bimbingan Roh Kudus dalam peristiwa sehari-hari.
  2. Melalui pembacaan dan pendalaman teks Kitab Suci, peserta didik diharapkan dapat semakin mengenal pengalaman tokoh dalam Teks Kitab Suci yang menerima bimbingan Roh Kudus.

Kegiatan Pembelajaran 

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  • Membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan berdoa bersama sebelum pembelajaran dilaksanakan  (nilia-nilai religius).
  • Mengecek kehadiran peserta didik
  • Memberikan apersepsi/motifasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  • Guru Mengajak Peserta didik untuk menyimak cerita Nia dan Nina
  • Peserta didik diberi kesempatan untuk merumuskan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita, terutama pertanyaan menyangkut berbagai godaan dan karya Roh Kudus dalam diri kita.
  • Berdasarkan pertanyaan yang telah dirumuskan, peserta didik diminta untuk merumuskan jawabanya dengan cara berdialong/ tanya jawab diantara teman mereka
  • Setelah peserta didik menyampaikan hasil rumusnya, guru dapat memberikan pokok-pokok peneguhan
  • Guru dapat memberikan pengantar misalnya: tokoh-tokoh dalam Kitab Suci baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, menunjukkan bagaiamana mereka menerima bimbingan Roh Allah. Mereka dengan kepekaan masing-masing menerima dan menanggapi bimbingan Roh Allah.
  • Peserta didik diminta untuk membaca Kitab Suci Keluaran 13: 17-22 dan Markus 1:1-13
  • Peserta didik diminta untuk mendalami teks Kitab Suci dengan bantuan penyertaan: a) bagaimana Roh Kudus membimbing para tokoh dalam Kitab Suci? b) Carilah tokoh-tokoh lain dalam Kita Suci yang dibimbing oleh Roh Kudus! c) Bagaimana cara Roh Kudus membimbing manusia di jaman sekarang ini? d) Apa yang dapat kita lakukan agar kita bisa semakin peka terhadap bimbingan Roh Kudus?
  • Setelah peserta didik dapat menemukan dan merumuskan jawaban atas pertanyaan diatas, dilakukan pleno, dan kemudian guru dapat memberikan beberapa peneguhan
c. Penutup
  • Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembelajaran
  • Peserta didik diminta untuk duduk dengan rileks dan hening kemudian diminta untuk melakukan refleksi.
  • Guru dapat membantu refleksi peserta didik dengan panduan pada guru buku.
  • Peserta didik diajak mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mendaraskan Mazmur bersama-sama Mazmur 25: 2-12

Penilaian Pengetahuan

1. Sikap spritual

Instrumen Penilaian:
  • Percaya Akan hadirnya Roh Kudus.
  • Mengimani bahwa Roh Kudus mendampingi saya dalam setiap langkah hidup.
  • Percaya bahwa Roh Kudus mendampigi saya dalam menjani hidup ini.
  • Percaya bahwa Roh Kudus membimbing dalam langkah hidup.
2. Nilai Pengetahuan

Instrumen
  1. Jelaskan berbagai godaan yang harus diwaspadai.
  2. Jelaskan pentingnya membedakan roh.
  3. Jelaskan bentuk-bentuk bimbingan Roh Kudus di masa kini.
  4. Sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat karunia Roh Kudus.
Kunci Jawaban
  1. a) Godaan untuk mencari kesempurnaan dengan cara yang tidak baik seperti Nina, b) Dorongan untuk berbuat, dengan mengharapkan pamrih, c) Godaan untuk merasa senang memikirkan jasa-jasanya sendiri dan cenderung untuk ingin dihargai, dan sebagainya.
  2. a) Kehilangan damai tampa sebab yang objektif atau adanya dosa tertentu, b) Rasa khwatir yang tidak beralasan, c) menjadi sedih tanpa sebab, d) adanya godaan untuk mundur dan meninggalkan hidup yang benar dalam Roh Kudus dengan berbagai alasan untuk menggenakan diri, e) Timbul ketakutan-ketakutan yang sebelumnya tidak pernah terjadi.
  3. Untuk jaman sekarang ini Roh Kudus membimbing kita melalui berbagai cara antara lain: a) Melalui sabda-Nya dalam Kitab Suci, b) Melalui Gereja-Nya, c) Melalui bimbingan Khusus, d) Bimbingan khusus lewat orang lain
  4. a) Menjalani kehidupan doa yang baik dan mendalam, b) Memliki sikap kesungguhan hati dalam mencari kehendak Allah, c) Percaya penuh kepada Tuhan bahwa Ia akan membimbing kita dalam membedakan roh, d) Senantiasa menjalin dan mencari kehendak Allah melalui firman Tuhan sebagai pegangan yang pertama dan utama, e) Meminta bimbingan rohani kepada mereka yang sudah lebih lama terlibat dalam kehidupan rohani.
Untuk lebih jelasnya silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP agama Katolik kelas VIII materi mengikuti bimbingan roh kudus di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajarkan mata pelajaran agama Katolik di kelas VIII. Selengkapnya SILAKAN download  perangkat pembelajaran ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Download RPP Agama Katolik Kelas VIII


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Kelas VIII | Mengikuti Bimbingan Roh Kudus

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer