Download RPP 1 Lembar Agama Katolik | Menjunjung Tinggi Martabat Manusia

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi menjunjung tinggi martabat manusia revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi menjunjung tinggi martabat manusia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi  menjunjung tinggi martabat manusia.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik | Menjunjung Tinggi Martabat Manusia

Sekiranya dengan adanya perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi menjunjung tinggi martabat manusia yang admin bagikan ini dapat membantu meringankan beban kerja rekan guru semuanya. Dan harapannya, kiranya perangkat pembelajaran ini dapat menjadikan kita sebagai guru-guru yang lebih profesional dalam membawakan materi ajar yang dapat menambah semangat belajar anak didik kita di kelas. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan, kesabaran, dan umur yang panjang dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa demi kemajuan kita bersama. Selanjutnya, admin akan menjelaska  sedikit garis besar isi yang terdapat dalam perangkat pembelajaran ini.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Memahami, menyadari, dan menjunjung tinggi nilai martabat manusia dengan senantiasa melindungi dan membela martabat manusia dan keutuhan alam lingkungan hidup secara bertanggung jawab.

Tujuan Pembelajaran

  1. Menyebutkan contoh-contoh perendahan martabat manusia di dalam hidup sehari-hari.
  2. Menceritakan pengalaman dihargai oleh orang lain.
  3. Menjelaskan bahwa manusia sebagai citra Allah memiliki martabat luhur.
  4. Menjelaskan perjuangan Yesus dalam membela keluhuran martabat manusia.
  5. Menyebutkan sikap dasar yang diperlukan demi pengembangan martabat manusia.

Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  • Doa pembuka: Seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  • Guru menjelaskan tentang materi pelajaran smester genap.
 b. Kegiatan Inti
  • Guru menunjukkan kepada siswa lembaran kertas yang memuat judul-judul utama dan gambar dari media yang memberitakan adanya berbagai macam tindakan perendahan martabat manusia.
  • Membaca cerita "Gara-Gara Seketul Roti"
  • Para siswa secara pribadi merumuskan pemahamannya tentang perendahan martabat manusia, sebab-sebab, dan akibatnya bagi hidup manusia.
  • Guru mengajak para siswa untuk membaca dan merenungkan kisah dalam kitab suci tentang Zakeus Luk 19:1-10.
  • Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mendalami pesan Kitab Suci tentang Zakeus.
c. Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan penegasan kepada siswa dan merangkum beberapa pokok-pokok gagasan.
  • Guru meminta pada siswa untuk menulis usaha-usaha meneladan Yesus dan tokoh-tokoh zaman ini yang berjuang untuk menengakkan martabat manusia.
  • Menugaskan siswa untuk mencari berita dalam media massa yang menunjukkan adanya perjuangan orang-orang zaman ini dalam membela martabat luhur manusia.

Penilaian  Pengetahuan

  1. Sebutkan contoh-contoh perendahan martabat manusia dalam hidup sehari-hari.
  2. Ceritakanlah pengalamanmu dihargai oleh orang lain.
  3. Jelaskan bahwa manusia sebagai citra Allah memiliki martabat luhur.
  4. Jelaskan perjuangan Yesus dalam membela keluhuran martabat manusia.
  5. Sebutkan sikap dasar yang diperlukan demi pengembangan martabat manusia. 
Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi menjunjung tinggi martabat manusia revisi di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 lembar mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas IX (sembilan) materi menjunjung tinggi martabat manusia revisi yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajarkan agama Katolik di kelas IX. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat kemajuan mengajar rekan guru semuanya di manapun berada. Selengkapnya, silakan download di link berikut ini!

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Revisi