Download RPP 1 Lembar Memelihara dan Memperjuangkan Kehidupan yang Sehat

searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat.

Download RPP 1 Lembar Memelihara dan Memperjuangkan Kehidupan yang Sehat

Semoga dengan adanya perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat yang admin bagikan kali ini dapat meringankan beban kerja rekan guru dalam membuat perangkat pembelajaran. Dan kiranya Bapak Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa sehingga apa yang mereka cita-citakan dapat mereka raih dengan baik. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secar singkat isi yang terdapat dalam perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat.

Standar Kompetensi

Memahami dan melaksanakan nilai-nilai kerajaan Allah dalam hidup beriman di tengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang lebih baik.

Kompetensi Dasar

Memahami, menyadari dan menjunjung tinggi nilai martabat manusia dengan senantiasa melindungi dan membela martabat manusia dan keutuhan alam lingkungan hidup secara bertanggung jawab.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:
  1. Merumuskan pandagannya tentang hidup secara sehat.
  2. Merumuskan hal-hal yang perlu diusahakan untuk hidup secara sehat.
  3. Menjelaskan hal-hal yang dapat merusak hidup sehat.
  4. Menjelaskan pandangan Kristiani tentang perlunya mengusahakan hidup yang sehat.
  5. Menyusun suatu rencana kegiatan bersama untuk mengembangkan hidup yang sehat dirumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Langkah-Langkah Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan
  •  Doa Pembuka: Seorang siswa dipersilahkan untuk berdoa secara spontan
  • Guru memberikan motivasi dengan bertanya jawab tentang pelajaran menggu lalu serta mengumpulkan tugas yang sudah diberikan pada minggu lalu
  • Memberikan pengantar singkat untuk masuk kedalam pelajaran
  • Memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai selama proses pembelajaran 
b. Kegiatan Ini
  1. Guru menyajikan kenyataan sehari-hari tentang upaya mengusahakan sehat yang dilakukan melalui konsultasi kesehatan
  2. Guru mengajukan pertanyaan untuk mendalami ungkapan-ungkapan konsultasi tersebut. 1) Apa yang menjadi alasan orang-orang tersebut melakukan konsultasi? 2) Apakah kamu juga mempunyai promblem berkenaan dengan kesehatanmu? 3) Apakah manfaat kesehatan bagi kita?
  3. Guru menyampaikan kisah tentang upaya untuk hidup sehat yang dilakukan oleh pemain Grup Band Jamrud.
  4. Guru mengajak para siswa mendalami isi/pesan dari kisah tersebut dengan bantuan pertanyaan. 1) Apakah sebenarnya pesan yang mau disampaikan dalam kisah tersebut? 2) Apakah saja hal-hal yang dapat rusak kehidupan secara sehat? 3) Dari pengalamanmu sendiri usaha apa yang dapat kamu lakukan untuk mengusahakan kehidupan secara sehat?
  5. Guru memberi masukan.
  6. Guru mengajak para siswa untuk membagi diri dalam kelompok dan membaca teks Kitab Suci Gal 5:16-26.
  7. Guru mengajak siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dengan pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Apakah yang dimaksudkan Paulus dengan ungkapan hidup menurut daging? Apakah ciri-ciri orang yang hidup menurut daging? 2) Apa maksud Paulus dengan ungkapan hidup menurut Roh? Apa ciri-ciri orang yang hidup menurut Roh? 3) Dalam teks Kita Suci tersebut pandagan baru macam apa yang kamu peroleh tentang hidup yang sehat?
  8. Setelah diskusi selesai, tiap kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya dalam pleno.
  9. Bersama dengan siswa guru membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari.
  10. Guru mengajak Para siswa untuk membuat daftar aktifitas yang dapat dilakukannya untuk mengembangkan hidup secara sehat bagi dirinya yang meliputi fisik, mental, sosial, spritual dengan mengisi kolom yang telah tersedia.
  11. Guru mengajak para siswa menemukan aktivitas bersama untuk mengusahakan kesehatan baik dilingkungan sekolah, dirumah, maupun dilingkungan masayarakat
c. Kegiatan Penutup
  • Guru mengajak para siswa untuk menutup pelajaran dengan Doa Syukur atas karunia kesehatan

Sumber Belajar

  • Kitab Suci
  • Buku PAK guru dan siswa
  • Pengalaman hidup siswa
  • Artikel koran

Instrumen Penilaian

  1. Rumuskan pandanganmu tentang hidup secara sehat!
  2. Rumuskan hal-hal yang perlu diusahakan untuk hidup secara sehat!
  3. Jelaskan hal-hal yang dapat merusak hidup sehat!
  4. Jelaskan pandangan Kristiani tentang perlunya mengusahakan hidup yang sehat!
  5. Susunlah siatu rencana kegiatan bersama untuk mengembangkan hidup yang sehat di rumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. 
Untuk lebih jelasnya silakan Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 1 Lembar agama Katolik dan Budi Pekerti kelas sembilan materi pembelajaran memelihara dan memperjuangkan kehidupan yang sehat yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapakl Ibu Guru yang membawakan mata pelajaran agama Katolik di kelas sembilan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download selengkapnya di link berikut ini!

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik

DOWNLOAD SEKARANG