"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 28 Juli 2020

Download PPT Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah | PAI dan Budi Pekerti



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi terbaru. Semoga media pembelajaran yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan makna yang positif demi kemajuan belajar anak didik dalam memahami pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah yang ajarkan.

Download PPT Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah | PAI dan Budi Pekerti

Semoga media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam menyiapkan media pembelajaran yang nantinya akan digunakan mengajar baik melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PPJ) yang Bapak Ibu Guru bawakan. Dan harapannya, media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi yang admin bagikan kali ini dapat membantu meringankan beban kerja Bapak Ibu Guru dalam membuat media pembelajaran.

Adapun garis besar isi dalam media pembelajaran yang admin bagikan kali ini adalah Allah menurunkan kitab-kitab suci sebagai petunjuk dan penuntut umat manusia. Iman artinya dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menurunkan beberapa percaya. Iman kepada kitab Allah artinya memercayai kitab kepada para rasul-Nya yang berfungsi sebagai penuntun kepada umat manusia dalam menjalani kehidupannya. Setiap orang yang beriman kepada Allah wajib beriman kepada kitab-kitab Allah. Tujuan diturunkannya kitab-kitab Allah agar manusia beribadah kepada Allah swt semata, tanpa menyekutukan-Nya dengan suatu apa pun.

Pengertian Beriman Kepada Kitab Allah
  1. Iman artinya dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menurunkan beberapa percaya, iman kepada kitab Allah artinya memercayai kitab kepada rasul-Nya yang berfungsi sebagai penuntun kepada umat manusia dalam menjalani kehidupannya.
  2. Setiap orang yang beriman kepada Allah wajib beriman kepada kitab-kitab Allah.
  3. Tujuan diturunkannya kitab-kitab Allah agar manusia beribadah kepada Allah swt. semata, tanpa menyekutukan-Nya dengan suatu apapun.
Kandungan Kitab-Kitab Allah

1. Kitab Taurat

Pokok ajaran kitab Taurat berisi tentang akidah (tauhid) dan hukum-hukum syari' atau yang terkenal dengan sepuluh perintah Tuhan, yaitu berisi delapan larangan dan dua perintah, yaitu:
  • Jangan ada padamu Ilah lain di hadirat-Ku
  • Jangan membuat patung ukiran dan jangan pula menyembah patung karena Aku Tuhan Allahmu.
  • Jangan kami menyebut Tuhan Allah dengan sia-sia.
  • Ingatlah kamu akan hari Sabat, supaya kamu sucikan Dia.
  • Berilah hormat kepada bapak Ibumu.
  • Jangan membunuh sesama manusia
  • Larangan berbuat zina
  • Larangan mencuri
  • Larangan menjadi saksi palsu
  • Larangan berkeinginan memiliki hak orang lain.
 2. Kitab Zabur 
  • Isi kandungan kitab Zabur berisi kumpulan puji-pujian kepada Allah atas segala nikmat-Nya.
  • Kitab Zabur juga berisi zikir, doa, nasihat, dan hikmah.
  • Kitab Zabur merupakan petunjuk untuk kaum Nabi Daud a.s.
3. Kitab Injil
  • Isi kandungan kitab Injil adalah ajaran untuk hidup dengan zuhud, karena pada masa itu orang-orang Yahudi sedang dilanda kerakusan dan ketamakan kepada harta.
  • Isi kandungan kitab Injil sama dengan kitab-kitab sebelumnya. Namun sebagian menghapus hukum-hukum yang tertera di kitab Taurat yang tidak sesuai di masa itu.
4. Kitab Al-Quran
Isi ajaran Al-Quran sendiri sebagai kitab suci umat Islam:
  • Tauhid, yakni tentang keimanan kepada yang gaib, kitab Allah, dan akhirat.
  • Syariah, berisi hukum-hukum Allah.
  • Akhlak, yakni tentang pedoman berakhlak.
  • Ibadah, yakni tentang ketentuan hubungan manusia denga Allah.
  • Muamalah, yakni tentang ketentuan hubungan dalam kehidupan sosial.
  • Sejarah, yakni tentang kisah-kisah para nabi dan rasul dan uma terdahulu.
  • Wa'ad dan wa'id, artinya janji-janji Allah kepada orang yang beriman dan kepada orang kafir akan adanya balasan di hari kemudian.
5. Suhuf
  • Suhuf artinya kumpulan wahyu Allah yang dalam bentuk lembaran-lembaran terpisah.
  • Suhuf diberikan kepada nabi dan rasul Allah yang berisi hukum dasar sebagai pedoman untuk menyiarkan agama kepada umatnya.
  • Suhuf diturunkan oleh Allah seperti kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa as. (Q.S. Al-A'la: 18-19)
Nabi yang menerima suhuf antara lain
  1. Nabi Adam a.s. menerima 10 suhuf
  2. Nabi Ibrahim a.s. menerima 30 suhuf
  3. Nabi Syits a.s. menerima 50 suhuf
  4. Nabi Musa a.s. menerima 10 suhuf sebelum diturunkannya kitab taurat.
Beriman kepada kitab Allah berarti suatu keyakinan dengan sepenuh hati bahwa Allah benar-benar telah  menurunkan wahyu-Nya kepada para rasul pilihan, sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupan manusia, agar manusia senantiasa bahagia dunia akhirat.

Cara beriman kepada kitab-kitab suci Allah meliputi hal-hal berikut:
  1. Beriman dan menyakini bahwa kitab-kitab suci tersebut diturunkan dari sisi Allah swt.
  2. Beriman dan memercayai nama-nama kitab suci yang kita ketahui
  3. Menyakini kebenaran informasi yang terkandung di dalamnya dan mengamalkan kitab yang terakhir, dan menghapus kitab-kitab sebelumnya.
Sikap orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah:
  1. Manusia akan mengakui keterbatasannya, sehingga dalam menjalani kehidupannya mereka tidak sombong.
  2. Orang yang mengimani kitab-kitab Allah, dapat belajar dari orang-orang yang hidup pada masa lampau.
  3. Orang-orang yang mengamalkan isi kitab, terlihat dari sikap keseharian yaitu bersikap jujur, amanah, bersyukur, bertanggung jawab, disiplin, dan sebagainya.
Menampilkan sikap mencintai Al-Qur'an
  1. Membaca Al-Qur'an secara rutin
  2. Memahami isi Al-Qur'an
  3. Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk lebih jelasnya, silakan Bapak Ibu Guru mendownload media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi yang admin bagikan ini di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun media pembelajaran powerpoint pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi pokok pembelajaran beriman kepada kitab-kitab Allah revisi yang admin bagikan ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajar agama Islam di kelas delapan. Selamat mendownload dan semoga bermanfaat. Download selengkapnya di link berikut ini!

PPT Beriman kepada Kitab-Kitab Allah

DOWNLOAD SEKARANG



Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download PPT Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah | PAI dan Budi Pekerti

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer