"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Sabtu, 20 Juni 2020

Jati Diri Kristen : Pengertian, Pentingnya, Cara Mengembangkan, dan Bentuknya



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, pentingnya, cara mengembangkan, dan bentuk-bentuk jati diri Kristen. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian, pentingnya, cara mengembangkan, dan bentuk-bentuk jati diri Kristen. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi pengertian, pentingnya, cara mengembangkan, dan bentuk-bentuk jati diri Kristen.

Jati Diri Kristen : Pengertian, Pentingnya, Cara Mengembangkan, dan Bentuknya

Pengertian Jati Diri Kristen

Jati diri merupakan ciri-ciri atau tanda yang dimiliki seseorang yang menjadi kekhasan pribadi itu dan dikenali oleh orang lain. Untuk mengenal jati diri sendiri, dimulai dengan pertanyaan siapakah aku? jawabannya adalah aku adalah .... Orang tersebut akan menyebutkan nama, alamat, dan kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki. Sedangkan jati diri Kristen adalah ciri-ciri atau tanda yang dimiliki seseorang yang menjadi kekhasan pribadi seperti yang dimiliki Kristus dan dikenali oleh orang lain.

Pentingnya Jati Diri Kristen

Sebagai remaja yang sudah dilahirkan baru karena percaya pada Yesus dalam II Korintus 5:17 menjelaskan demikian"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus ia adalah ciptaan baru, sesungguhnya yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang". Dengan demikian jati diri yang dimiliki oleh remaja harus memiliki ciri atau kekhasan yang sama seperti Yesus. Karena manusia telah berbuat dosa maka dalam hidupnya tidak mungkin sempurna, karena yang sempurna hanya Tuhan Yesus Kristus (Ibrani 7:28).

Supaya orang lain mengenal kita sebagai orang Kristen maka dapat dilihat melalui jati diri, sehingga melalui jati diri dapat dijadikan kesaksian hidup sebagai pengikut Kristus. Setiap orang percaya pada Kristus hendaknya memiliki buah roh dalam hidupnya, seperti yang tertulis dalam Kitab Galatia 5:22-23 demikian "Tetapi buah roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri." Dengan ajaran-ajaran Tuhan Yesus yang terapkan dalam kehidupan seseorang, maka orang lain akan mengenal kekristenan melalui jati diri orang tersebut.

Cara Mengembangkan Jati Diri Kristen


Menurut Yohanes 15:1-8 cara mengembangkan jati diri Kristen adalah sebagai berikut:

1. Tetap tinggal pada pokok anggur (Yohanes 15:4)

Syarat utama setiap orang yang ingin mengembangkan jati diri Kristen maka harus tetap tinggal di dalam Yesus yang berarti hidup sesuai dengan teladan Yesus.

2. Bersedia dibersihkan (Yohanes 15:2)

Ibarat manusia kotor atau penuh dosa, namun jika ada keinginan untuk mengubahnya Yesus akan menolong untuk memperbaiki membersihkan perbuatan dosa atau setiap perbuatan-perbuatan daging atau keinginan-keinginan daging. Setiap orang yang percaya mengaku dosanya maka Ia setia dan adil, sehingga Ia akan datang mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan (I Yohanes 1:9).

3. Berbuah banyak (Yohanes 15:5)

Pohon yang tidak berbuah maka tidak akan berguna biasanya pohon tersebut akan dipotong dan dipangkas, namun apabila pohon itu berbuah akan bermanfaat bagi orang lain atau orang disekitarnya. Buah-buah kehidupan di masyarakat sehingga buah tersebut bisa dinikmati oleh orang lain. Sebagai orang yang memiliki jari diri Kristen hendaknya menjadi berkat atau saluran berkat bagi orang lain di sekitarnya.

Bentuk-Bentuk Jati Diri Kristen

Berikut ini adalah beberapa bentuk-bentuk jati diri remaja Kristen. Adapun bentuk-bentuk jati diri tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Ketekunan dalam membaca, merenungkan, dan menerapkan Firman Tuhan dalam hidupnya. Dalam Mazmur 1:2 dikatakan bahwa yang disebut orang berbahagia adalah orang yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkannya siang dan malam.
  2. Kerelaan menyangkal diri dan membuang cara berpikir, kebiasaan berkata-kata dan kebiasaan bertindak yang sia-sia (Filipi 2:2-4).
  3. Kesediaan berkarya bagi sesama untuk kemuliaan nama Allah (Filipi 2:7-10).

Contoh Soal Jati Diri Kristen

Berikut ini adalah kumpulan beberapa contoh soal materi jati diri remaja Kristen. Adapun contoh soalnya adalah sebagai berikut.

1. Untuk mendapatkan hasil penilaian yang objektif akan kelebihan dan kekurangan kita maka diperlukan adanya ....
A. keterampilan
B. keahlian
C. kejujuran
D. keadilan
E. pedoman

2. Pengenalan akan diri sendiri dibutuhkan adanya penilaian orang lain, meskipun penilaian itu sering bersifat ....
A. subjektif
B. objektif
C. pasti
D. sementara
E. pedoman

3.  Untuk membangun jati diri terlebih dahulu orang harus mengenal ....
A. keluarganya
B. lingkungannya
C. teman sekolahnya
D. orang lain
E. dirinya sendiri

4. Karakter seseorang dapat diubah meskipun sulit, untuk mengubahnya tergantung pada ....
A. temannya
B. keluarganya
C. lingkungannya
D. dirinya sendiri
E. orang lain

5. Tiap-tiap orang memiliki karakter yang ....
A. berubah-ubah
B. berbeda
C. hampir sama
D. serupa
E. sama

6. Masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, pada masa transisi ini terjadilah proses sebagai berikut, kecuali ....
A. pemantapan karakter
B. pengenalan lingkungan
C. pengenalan diri
D. pembentukan identitas
E. pertumbuhan iman

7. Dalam pengenalan kondisi lingkungannya, para remaja menggunakan kemampuan berpikir secara ....
A. tradisional
B. statis
C. realistis
D. konseptual
E. emosional

8. Pembentukan karakter anak dapat dipengaruhi oleh ....
A. pekerjaan orang tua
B. jabatan orang tua
C. pola asuh orang tua
D. tingkat pendidikan orang tua
E. ekonomi keluarga

9. Pengalaman masa lalu anak yang sering ditakuti-takuti di tempat gelap membuat anak menjadi ....
A. sombong
B. penakut
C. pemberani
D. suka marah
E. mudah tersinggung

10. Kebiasaan hidup yang ditanamkan kepada anak sejak dalam keluarga akan membentuk karakter menjadi anak yang ....
A. disiplin
B. beriman
C. suka menolong
D. peduli pada orang lain
E. cinta damai


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jati Diri Kristen : Pengertian, Pentingnya, Cara Mengembangkan, dan Bentuknya

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer