"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Minggu, 21 Juni 2020

Gaya Hidup Modern : Pengertian, Bentuk, dan Contoh Soal Pilihan Ganda



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian, bentuk, dan gaya hidup modern dilengkapi dengan contoh soal. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anal didik dalam mencari referensi tentang pengertian, bentuk, dan gaya hidup modern dilengkapi dengan contoh soal. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami pengertian, bentuk, dan gaya hidup modern dilengkapi dengan contoh soal.

Gaya Hidup Modern : Pengertian, Bentuk, dan Contoh Soal Pilihan Ganda

Pengertian Gaya Hidup Modern

Gaya hidup modern menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kamus Umum Bahasa Indonesia Kontemporer adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Modern artinya sikap, sikap, perilaku, perbuatan, atau tingkah laku yang sesuai dengan tuntunan zaman (yang terbaru atau yang paling mutakhir). Jadi yang dimaksud dengan gaya hidup modern adalah pola tingkah laku sehari-hari manusia atau segolongan orang yang sesuai dengan tuntan zaman (yang terbaru atau yang paling mutakhir).

Gaya hidup modern adalah suatu gejala sosial yang terjadi akibat pengaruh yang bermunculan di masyarakat. Gaya hidup modern akan memengaruhi nilai yang sudah tertanam kuat dalam keluarga. Sehingga mau tidak mau keluarga berhadapan dengan nilai-nilai tersebut dan akhirnya keluarga harus menentukan sikap menolak atau menerima nilai-nilai yang baru tersebut.

Bentuk Gaya Hidup Modern


Berikut ini adalah beberapa bentuk gaya hidup modern dalam pembelajaran Agama Kristen. Adapun bentuk-bentuk gaya hidup modern tersebut adalah sebagai berikut.

1. Gaya Hidup dengan Teknologi dan Komunikasi

Teknologi ditujukan terutama untuk kemajuan dan kesejahteraan manusia. Namun kadang-kadang kemajuan teknologi menjadi bumerang bagi manusia, menimbulkan malapetaka bagi kehidupan bersama manusia dan lingkungan hidupnya. Di negara berkembang seperti di Indonesia, pengembangan teknologi diperlukan tetapi juga wajib dikendalikan agar memiliki dampak dan manfaat yang luas bagi semua lapisan masyarakat. Teknologi yang maju akan sangat membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan teknologi komunikasi yang modern akan membentuk juga gaya hidup modern pula. Dengan ditemukannya alat komunikasi telepon atau handphone manusia akan mudah untuk berkomunikasi dengan manusia lain walaupun jarak mereka berjauhan. Selain ditemukan alat-alat transportasi yang lebih canggih, baik melalui darat, laut, dan udara, sehingga orang akan lebih mudah bepergian jauh dengan rasa aman nyaman dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Penemuan komputer juga mengubah gaya hidup seseorang, yaitu dengan komputer dapat dimanfaatkan untuk mendata, mengolah, dan mengoreksi pekerjaan dengan jauh lebih cepat, tepat, dan mudah. Melalui komputer orang juga biasa mengakses internet, sehingga untuk menemukan data yang akan dicari mudah didapatkan. Dengan televisi orang bisa mendengar melihat kejadian di belahan bumi baik yang menyenangkan dan menyedihkan. Dengan melihat televisi manusia juga bisa melihat telenovela, sinetron, gosip selebritis. Sehingga dengan melihat tayangan televisi orang akan cenderung meniru gaya perilaku bahkan cara berpakaian tokoh, idola yang dilihat melalui televisi.

2. Bercengkerama di Tempat-Tempat Tertentu

Tempat yang paling menyenangkan khususnya para remaja untuk nonkrong adalah kafe. Karena kafe merupakan salah satu ikon gaya hidup modern. Bagi orang yanf memiliki hidup modern kafe merupakan tempat yang indah untuk melepaskan kepenatan dalam bekerja. Dengan berbagai macam fasilitas yang ada di kafe menjadikan manusia merasa nyaman untuk bertemu dengan relasi.

3. Memiliki Mobilitas yang Tinggi

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang transportasi, maka bagi orang yang memiliki gaya hidup modern akan memiliki mobilitas yang tinggi, misalnya pagi hari di Solo siang sudah di Jakarta dan sore sudah sampai Solo lagi. Mungkin karena pekerjaan, mengunjungi keluarga atau hanya sekadar jalan-jalan.

4. Menjadikan Status sebagai Sesuatu yang Penting

Status adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat atau prestise yang dikaitkan dengan suatu posisi. Salah satu bentuk gaya hidup modern di kota adalah bahwa status seseorang ditandai dengan penampilan dan segala yang dipakainya. Misalnya: merk baju, sepatu, tas, dan jam tangan yang dipakai akan menunjukkan status seseorang dalam lingkungannya. Mobil mewah yang dimiliki, handphone yang canggih akan menunjukkan jabatan yang dimilikinya.

Gaya Hidup Modern dalam Keluarga

Dalam Ensiklopedi umum dijelaskan bahwa keluarga adalah kelompok yang memunyai hubungan darah atau hubungan perkawinan, terdiri dari bapak, ibu, dan anak-anak. Mereka disebut keluarga inti atau dikenal dengan istilah keluarga batih. Dr. Kenneth Chafin dalam bukunya Is There a Family in The House? Memberi gambaran tentang maksud keluarga dalam lima identifikasi sebagai berikut.
  1. Keluarga merupakan tempat untuk bertumbuh, menyangkut tubuh, akal budi, hubungan sosial, kasih, dan rohani. Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sehingga memunyai potensi untuk bertumbuh. Keluarga merupakan tempat memberi energi, perhatian, dan komitmen, kasih dan lingkungan yang kondusif untuk bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus Yesus.
  2. Keluarga merupakan pusat pengembangan semua aktivitas. Dalam keluarga setiap orang bebas menentukan dan mengembangkan setiap karunianya masing-masing.
  3. Keluarga merupakan tempat yang aman untuk berteduh saat ada badai kehidupan.
  4. Keluarga merupakan tempat untuk mentransfer nilai-nilai, laboratorium hidup bagi anggota keluarga dan saling belajar hal yang baik.
  5. Keluarga merupakan tempat munculnya permasalahan dan penyelesaiannya. Tak ada keluarga yang tidak menghadapi permasalahan hidup. Seringkali permasalahan muncul secara tidak terduga. Misalnya hubungan suami istri, masalah ekonomi, masalah yang dihadapi anak belasan tahun. Namun keluarga yang memberikan Kristus memerintahkan sebagai Tuhan atas hidup mereka, pasti dapat menyelesaikan semua permasalahan.
Di era globalisasi sekarang ini peranan keluarga sangat penting sekali untuk mengantisipasi perilaku anak-anaknya supaya tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diingikan. Seiring dengan perkembangan arus komunikasi dan informasi yang makin cepat dan canggih tidak saja menguntungkan, tetapi juga berdampak negatif yang dapat mengancam kehidupan keluarga. Karena itu perhatian atas keluarga sangat dibutuhkan. Karena keluarga merupakan tempat untuk bertumbuh, menyangkut tubuh akal budi, hubungan sosial, kasih, dan rohani.

Bentuk gaya hidup modern dibidang teknologi dan informasi, bisa juga memengaruhi hubungan anak dan orang tua, misalnya orang tua terlalu sibuk sehingga hanya berkomunikasi melalui telepon. Hal ini menyebabkan anak merasa kurang mendapat perhatian orang tua, di lain pihak anak merasa bebas untuk melakukan sesuatu tanpa pengawasan orang tuanya. Televisi, video, DVD, handphone, internet memunyai pengaruh yang sangat besar bagi keluarga. Bagi remaja, sarana tersebut sebagai sahabat yang siap menemaninya setiap waktu. Karena orang tuanya sibuk, anak akan bebas untuk melihat tayangan-tanyangan film, sinetron, dan lainnya akan membentuk karakter mereka. Hal tersebut mengakibatkan ada kecenderungan anak untuk melakukan gaya hidup bebas, kekerasan, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan seks bebas.

Seorang remaja juga akan menjadikan status itu penting, oleh sebab itu dengan status yang dimiliki, mereka akan merasa percaya diri contohnya supaya memiliki status dalam kelompoknya maka remaja tersebut ikut-ikutan mengonsumsi narkoba, minum-minuman keras, merokok, tawuran, dan lain sebagainya. Dalam hal ini keluarga sangat berperan penting untuk mengarahkan anak-anaknya mendidik ke arah perjalanan Kristen supaya status yang dimiliki tidak mengarah ke hal-hal yang negatif. Namun memiliki status menjadi anak-anak terang di sekitar lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga. Walaupun hidup di tengah-tengah zaman yang modern ini.

Contoh Soal Gaya Hidup Modern

Berikut ini adalah beberapa contoh soal materi gaya hidup modern dalam pembelajaran agama Kristen. Adapun contoh soal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dalam dunia modern ini ada kecenderungan orang bekerja tanpa henti (workaholic), hal ini dapat mengakibatkan sebagai berikut, kecuali ....
A. prestasi kerja membaik
B. tidak ada waktu untuk istirahat
C. kepentingan keluarga dikorbankan
D. kegiatan kemasyarakatan terabaikan
E. orang lupa beribadah

2. Pengaruh dari gaya hidup modern menjadikan orang bersikap individualis, akibatnya ....
A. mau merasakan penderitaan orang lain
B. ikut merasa senang terhadap keberhasilan orang lain
C. memiliki kepedulian terhadap orang lain
D. bersikap masa bodoh terhadap orang lain
E. memandang orang lain sebagai sahabat

3. Karena pengaruh hedonisme maka banyak orang yang mengisi waktunya untuk ....
A. berwiraswasta
B. beribadah
C. bekerja
D. belajar
E. hura-hura

4. Orang yang bergaya hidup modern cenderung menjadi konsumeris, artinya ....
A. lebih menyukai produk asing
B. lebih suka buat diri sendiri daripada membeli
C. suka belanja barang untuk koleksi
D. suka belanja barang untuk keperluan
E. suka menabung uangnya di bank

5. Pengaruh gaya hidup modern dapat menjadikan orang ....
A. tidak suka barang mewah
B. memiliki kepedulian pada orang lain
C. memiliki semangat gotong royong
D. mencintai budaya sendiri
E. kehilangan jati dirinya

6. Yang dapat dilakukan anak untuk mengusahakan keutuhan keluarga adalah ....
A. tidak mau tahu akan kesibukan orang tua
B. ikut campur urusan orang tua
C. sibuk dengan urusannya sendiri
D. melaksanakan tugas dan kewajibannya
E. cukup melakukan tugasnya sendiri

7. Sebagai ciri anak yang baik dalam keluarga adalah ....
A. setia dan taat pada orang tua
B. menuntut apa yang menjadi haknya
C. mengutamakan kepentingan sendiri
D. berbuat sesuai dengan keinginan
E. menuruti semuan keinginan orang tua

8. Dalam kolose 3:18 Rasul Paulus memberikan nasihat agar para istri ....
A. menjadi teladan bagi orang lain
B. melayani sesama
C. tunduk pada suaminya
D. menyayangi suaminya
E. mengasihi anak-anaknya

9. Orang tua dalam mendidik anak, perlu memberikan hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A. harta benda
B. petunjuk
C. perhatian
D. teladan
E. kasih sayang

10. Seorang ayah sebagai kepala keluarga berkewajiban sebagai berikut, kecuali ....
A. melindungi keluarganya
B. mengasihi istrinya
C. mendidik anak-anaknya
D. mengatur keluarga sesuai dengan seleranya
E. mencukupi kebutuhan keluarga

11. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memiliki fungsi ekonomi, artinya sebagai berikut, kecuali ....
A. ikut mengusahakan kesejahteraan masyarakat
B. memenuhi kebutuhan keluarga
C. kebutuhan hidupnya bergantung pada orang lain
D. mencukupi kebutuhan berkeluarga
E. mengusahakan kesejahteraan keluarga

12. Terbentuknya keluarga adalah atas dasar ....
A. kebudayaan
B. adat istiadat/tradisi
C. cinta kasih
D. kemauan orang tua
E. keinginan sendiri

13. Dari aspek rohani, pria dan wanita yang akan menikah seharusnya ....
A. menganut agama yang sama
B. memeroleh restu orang tua
C. memiliki hobi yang sama
D. saling mencintai
E. tinggal di daerah yang sama

14. Dalam persiapan nikah orang harus memerhatikan aspek sosial, artinya mereka harus menyadari hal-hal sebagai berikut, kecuali ....
A. ikut mendukung program masyarakat
B. waktu menikah harus mengundang warga masyarakat
C. memenuhi kewajiban sebagai anggota masyarakat
D. memiliki kewajiban pada masyarakat
E. sebagai bagian masyarakat

15. Kehidupan yang harmonis dalam keluarga adalah tanggung jawab ....
A. ketua RT
B. warga di sekitarnya
C. anak-anak
D. orang tua
E. semua anggota keluarga

16. Dilihat dari alasan teologis orang menikah adalah karena ....
A. manusia dapat tolong menolong
B. merupakan perintah Allah
C. agar manusia beranak cucu
D. tidak baik jika manusia sendirian
E. manusia diciptakan sebagai pria dan wanita

17. Pernikahan itu perlu, menurut Keluaran 20:14 adalah untuk menghindari agar tidak terjadi adanya ....
A. poligami
B. prostitusi
C. pemerkosaan
D. perzinahan
E. perselingkuhan

18. Pria dan wanita yang menikah berarti mereka menjadi satu daging, artinya sebagai berikut, kecuali ....
A. saling menyesuaikan diri
B. memiliki kedudukan yang sederajat
C. senasib dan sepenanggungan
D. saling tolong-menolong
E. memiliki tugas yang sama

19. Orang yang menikah adalah dengan tujuan sebagai berikut, kecuali ....
A. ada teman untuk berbagi rasa
B. memenuhi kebutuhan biologis
C. agar hidupnya lebih sejahtera
D. menghindari perzinahan
E. memeroleh keturunan

20. Sebagai dasar untuk membangun sebuah keluarga adalah beriman kepada Allah, kata berarti bersikap ....
A. melindungi keluarganya
B. mengasihi istrinya
C. mendidik anak-anaknya
D. mengatur keluarga sesuai dengan seleranya
E. mencukupi kebutuhan keluarga


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gaya Hidup Modern : Pengertian, Bentuk, dan Contoh Soal Pilihan Ganda

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer