"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Selasa, 23 Juni 2020

Download RPP 1 Lembar Materi Berteman : Agama Katolik Kelas 7 Revisi



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar Agama Katolik kelas 7 materi berteman revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru mata pelajaran Agama Katolik  dalam mencari referensi tentang perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar Agama Katolik kelas 7 revisi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi 'Berteman' yang Bapak dan Ibu Guru bawakan di kelas.

Download RPP 1 Lembar Materi Berteman : Agama Katolik Kelas 7 Revisi

Pengertian Pertemanan

Pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama saling mendukung antara dua atau lebih identitas sosial. Istilah persahabatan menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi, dan perasaan. Teman akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetian satu sama lain, sering kali hingga pada aktruisme. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai.

Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong. Seperti tukar-menukar nasihat dan saling tolong-menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, pertemanan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang teman memperlihatkan secara konsisten.
  1. Kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
  2. Simpati dan empati.
  3. Kejujuran, barang kali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
  4. Saling pengertian.

Kompetensi Inti (KI)


  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Bersyukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya.
  2. Peduli pada peran teman terhadap perkembangan dirinya.
  3. Memahami peran teman terhadap perkembangan dirinya.
  4. Melakukan aktivitas (menyusun doa) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran teman terhadap perkembangan dirinya.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:
  1. Menjelaskan arti teman.
  2. Menyebutkan manfaat berteman.
  3. Menyebutkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam berteman.
  4. Menjelaskan sikap-sikap yang dibutuhkan berteman khususnya berdasarkan teks Fil 2:4.
  5. Menuliskan niat untuk menjadi teman yang baik.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Guru membangun suasana belajar yang kondusif.
  2. Mengajak peserta didik mengawali pelajaran dengan doa yang dipimpin oleh salah satu peserta didik.
  3. Guru menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari.
  4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam proses belajar.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1.  Guru meminta peserta didik untuk menyimak kisah/ungkapan pengalaman berteman dalam bacaan "Pengalamanku dalam berteman".
  2. Guru mengajak peserta didik saling menceritakan pengalaman dalam berteman.
  3. Guru mengajak peserta didik merumuskan pertanyaan untuk didiskusikan tentang hal berteman.
  4. Peserta didik menyampaikan pengalamannya dalam berteman.
  5. Guru memberikan beberapa penjelasan.
  6. Peserta didik diajak untuk mendalami nasihat Paulus dalam hal mengusahakan sikap dalam pertemanan yang baik melalui bacaan Kitab Suci.
  7. Peserta didik diajak untuk mendalami isi teks Kitab Suci dengan berdiskusi dalam kelompok dan memplenokannya.
c. Kegiatan penutup (15 menit)
  1.  Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
  2. Mengakhiri pelajaran dengan mengajak peserta didik untuk berdoa.

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Tes Tertulis
  1. Jelaskan arti berteman!
  2. Sebutkan manfaat berteman!
  3. Sebutkan faktor penghambat dalam berteman!
  4. Sebutkan faktor pendukung dalam berteman!
  5. Jelaskan sikap yang dibutuhkan dalam berteman!
Jawaban Tes Tertulis
  1. Berteman dapat diartikan sebagai hubungan atau relasi, di mana terjadi antara dua orang atau lebih, baik itu seorang laki-laki dengan lawan jenisnya ataupun dengan sejenisnya dengan memunyai tujuan untuk bersosialisasi atau untuk mencapai sesuatu yang mau dicapai bersama.
  2. Banyak manfaat yang diperoleh dalam berteman secara positif. Perkembangan hidup menjadi lebih baik dan merasakan hidup menjadi lebih bermakna.
  3. Egois, acuh tak acuh, munafik, kurang peka akan kebutuhan orang lain, pergaulan yang kurang luas, kurang mendapatkan perhatian sehingga tidak dapat memberi perhatian.
  4. Adanya sikap saling memahami dan menerima apa adanya serta saling menghormati satu sama lain.
  5. Sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-siam dan juga dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.
Selengkapnya Bapak dan Ibu Guru bisa mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi berteman revisi terbaru di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun RPP 1 lembar agama Katolik yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak dan Ibu Guru yang mengajar di kelas tujuh. Semoga RPP yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam membuat RPP yang nantinya akan digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Selamat mendownload dan kiranya bermanfaat.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik 


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Materi Berteman : Agama Katolik Kelas 7 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer