"KUMPULAN REFERENSI PEMBELAJARAN TENTANG PENGERTIAN"

Senin, 29 Juni 2020

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Kebebasan Anak-Anak Allah



Daftar Isi [Tampil]
searchpengertian.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi kebebasan anak-anak Allah. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak Ibu Guru dalam mencari referensi tentang Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar agama Katolik materi kebebasan anak-anak Allah. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami materi yang disampaikan seputar kebebasan anak-anak Allah.

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Kebebasan Anak-Anak Allah

Selamat datang di situs searchpengertian. Dapatkan informasi terbaru seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Agama Katolik 1 Lembar terbaru dengan mudah dan gratis. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu meringankan beban kinerja teman-teman para guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang nantinya akan digunakan di sekolah. Dan yang paling utama adalah apa yang Bapap Ibu Guru sampaikan dapat diterima dengan baik oleh anak didik. Kirannya Bapak Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang dalam mencerdaskan anak bangsa. Selanjutnya, admin akan menjelaskan secara singkat isi dari RPP ini.

Kompetensi Inti (KI)

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong-royong), santum, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

  1. Beriman akan Yesus yang memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah.
  2. Percaya diri dalam mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah yang diperjuangkan Yesus Kristus.
  3. Memahami nilai-nilai kerajaan Allah untuk mengembangkan hidup bersama.
  4. Melakukan aktivitas (misalnya menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/menghias ayat Kitab Suci/membuat motto) yang berhubungan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:
  1. Menjelaskan arti kebebasan
  2. Menjelaskan pandangan Gereja tentang kebebasan anak-anak Allah berdasarkan Gaudium et Spes art. 17 dan Kitab Suci.
  3. Memaknai kebebasan sebagai anak-anak Allah dalam hidup sehari-hari.

Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  1. Doa pembukaan, seorang siswa dipersilakan untuk berdoa secara spontan.
  2. Guru mengecek kesiapan siswa dengan bertanya jawab tentang materi pelajaran minggu sebelumnya.
  3. Guru memberi pengantar singkat.
b. Kegiatan Inti (95 menit)
  1. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali pengalaman mereka tentang kebebasan dan ketikbebasan dan menuliskan pengalaman tersebut secara singkat dalam kolom yang tersedia di buku siswa.
  2. Guru meminta peserta didik membentuk kelompok dan kemudian mendiskusikan yang sudah ditulis kepada teman-temannya dalam kelompok secara bergantian.
  3. Setelah sharing selesai, setiap kelompok diminta membuat pertanyaan untuk didiskusikan.
  4. Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya dan kelompok lain boleh menanggapi.
  5. Setelah selesai pleno guru dapat menanggapi dengan memberikan pooko-pokok peneguhan.
  6. Guru membagi tugas pada peserta didik, di mana ada kelompok yang membahas pandangan Gereja tentang kebebasan berdasarkan dokumen Gaudium et Spes dan ada kelompok yang membahas berdasarkan Kitab Suci.
  7. Setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok menjelaskan hasil diskusi mereka dalam pleno.
  8. Guru dapat menyampaikan beberapa pokok peneguhan
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
  1. Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini dan diungkapkan secara tertulis.
  2. Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, sebagai ungkapan doa bersama.

Penilaian Sikap Pengetahuan

a. Sikap Spritual
  1. Saya mengimani Yesus yang mengajarkan nilai-nilai dalam hidup saya.
  2. Saya percaya bahwa semua kebaikan berasal dari Yesus.
  3. Saya percaya bahwa Yesus senantiasa menuntun saya ke jalan yang baik dan benar.
b. Penilaian Pengetahuan
Pertanyaan Uraian
  1. Jelaskan arti kebebasan!
  2. Jelaskan fungsi kebebasan!
  3. Apa tugas kita yang telah dibebaskan oleh sengsara wafat dan kebangkitan.
Kunci Jawaban
  1. Maksudnya bahwa setiap orang mendambakan dirinya terbebas dari banyak hal misalnya: bebas dari rasa lapar, bebas dari sakit, bebas dari siksaan badan, bebas dari tempat yang sesak dan lain-lain.
  2. Fungsi kebebasan adalah bahwa berkat kebebasan yang dimilikinya, manusia tampil sebagai ciptaan Allah yang bermartabat luhur. Berkat kebebasan pula manusia dapat mengembangkan dirinya menuju kesempurnaan berkat pilihan-pilihan yang dimilikinya.
  3. Bagi orang yang telah dibebaskan oleh sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus, tugas yang harus diemban selanjutnya adalah membebaskan sesama dari tindakan sewenang-wenang dan dari keterikatan pada dosa yang mengakibatkan maut. Oleh sebab itu, jangan menggunakan kebebasan untuk hal-hal yang tidak berguna serta merusak masa depan.
Untuk lebih jelasnya SILAKAN Bapak Ibu Guru mendownload perangkat pembelajaran agama Katolik materi Kebebasan Anak-Anak Allah di link yang telah admin sediakan di bawah ini. Adapun RPP yang admin bagikan kali ini secara khusus buat Bapak Ibu Guru yang mengajarkan agama Katolik di kelas tujuh. Selamat mendownload dan kiranya bermanfaat buat kemajuan kita bersama, khususnya anak didik dalam memahami materi kebebasan anak-anak Allah. SELENGKAPNYA DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI!

Download RPP 1 Lembar Agama Katolik Revisi


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download RPP 1 Lembar Agama Katolik - Kebebasan Anak-Anak Allah

Beranda / Google.com / Google.co.id / YouTube.com / Disclaimer